Sebuah kendaraan memiliki komponen penyusun yang terintegrasi dan memiliki fungsinya satu dengan yang lain. Salah satu komponen utama yang hampir wajib ada dalam sebuah kendaraan adalah ban. Selain untuk menopang bobot kendaraan, ban berfungsi menjaga kestabilan laju kendaraan. Oleh karenanya sebagai pemilik kendaraan, baik motor atau mobil wajib terus memperhatikan kondisi ban. Selain itu, harus melakukan pergantian ban sesuai dengan aturan pergantian ban.

Pentingnya Mengganti Ban Mobil

Mengganti ban kendaraan penting untuk terus menjaga kenyamanan berkendara. Selain itu, ban yang dalam kondisi baik dapat mengurangi risiko kecelakaan. Ketika usia ban mobil sudah sangat tua bisa membuat laju kendaraan tidak stabil. Dalam mengganti ban, harus memperhatikan sejumlah hal. Misalnya, hindari penggantian ban hanya satu saja karena bisa  menimbulkan risiko kecelakaan dalam berkendara. 

Jika hanya mengganti satu ban, maka cengkraman ban antara satu dengan yang lainnya akan berbeda. Karenanya mobil akan menjadi tidak stabil dan sulit untuk dikendalikan. Ban bagian belakang sendiri membutuhkan traksi dan grip lebih baik dibanding ban depan. Makanya disarankan untuk mengganti ban bagian belakang dahulu. Apalagi jika mobil tengah melesat di tikungan atau sedikit berbelok, jika yang diganti lebih dahulu adalah ban depan maka mobil akan lebih mudah terpelintir ke jalur berlawanan. Ini juga berlaku untuk mobil berpenggerak roda depan. 

Baca juga: Penting! Begini Cara Baca Kode Ban Mobil

Penyebab Ban Mobil Harus Diganti

Ban mobil harus diganti karena beberapa hal. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab ban mobil harus diganti. Yang pertama umur ban. Karena ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis maka makin lama karet akan makin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Karena banyaknya aktivitas kendaraan, sehingga usia ban mobil menjadi lebih singkat. Karenanya, umur ban harus diperhatikan. Umur ban mobil yang ideal adalah tiga tahun. Umur ini untuk pemakaian normal harian.

Selain umur ban, jarak tempuh juga harus diperhatikan. Walaupun belum sampai tiga tahun, jika ban mobil sudah menempuh jarak 40 ribu kilometer (km) maka ban harus diganti. Penggunaan yang berlebih membuat kemampuan cengkram ban bisa berkurang.

Terakhir, kondisi ban. Kondisi ban yang rusak akibat pemakaian, misalnya terbentur atau sobek maka ban juga harus diganti walaupun belum melewati umur ataupun jarak tempuh.  

Mobil yang Menggunakan Ban Ring 12

Penggantian ban memang penting dilakukan untuk semua jenis kendaraan. Termasuk kendaraan kecil. Ban mobil ukuran kecil seperti ban ring 12 dipakai kendaraan kecil seperti Daihatsu Ceria dan Suzuki Hijet Carry. Ban ring 12 juga bisa dipakai untuk mobil lain yang memiliki ukuran ban ring 13 seperti Suzuki Karimun, Cherry QQ dan KIA Visto.

Baca juga: Jangan Lengah! Ini Ciri Ban Mobil Harus Diganti

Daftar Harga Terbaru Ban Mobil Ring 12

Mobil kecil biasanya sering dipakai untuk aktivitas keseharian. Mobil kecil sering dipakai di kota, dengan kondisi jalan yang ringan. Nah, bagi yang ingin mengganti ban mobil dengan ukuran ring 12, begini harga terbarunya.

Merk Ban MobilHarga Ban Mobil
GT Radial GTR-378 175/70-R12Rp360 ribu
GT Radial 155 R12 Maxmiler ProRp380 ribu
GT Radial Champiro Eco 175/70-R12Rp385 ribu
GT Radial Champiro BXT Plus 175/70-12Rp389 ribu
GT Radial Champiro BXT Plus 155/80-12Rp320 ribu
Dunlop 155/80-R12Rp315 ribu
Dunlop SP10 155/80 R12Rp315 ribu
Dunlop Touring R1 175/70-R12Rp400 ribu
Bridgestone Ecopia EP150 175/70 R12Rp430 ribu
Bridgestone Light Truck 750/15-12PR MRDRp1,18 juta
Bridgestone Techno 155/80-R12Rp345 ribu
Bridgestone New Techno 175/70-R12Rp425 ribu
Bridgestone New Techno Texas 155/80-R12Rp330 ribu
Goodyear Duraplus 155/80-R12Rp320 ribu

Nah, untuk terus merawat kendaraan selain melakukan pengecekan ban secara berkala, mesin kendaraan juga harus rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking service melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.