OtoFriends hobi otak-atik mobil? Coba mulai dari modifikasi interior mobil terlebih dahulu. Lantaran, bagian ini yang paling mudah untuk diotak-atik serta bisa menambah kenyamanan berkendara. 

Namun, sebelum itu intip dulu 6 tren modifikasi di bawah ini beserta hal-hal yang perlu diperhatikan seperti daftar komponen dan biayanya. 

Simak selengkapnya di bawah ini!

Tren Modifikasi Interior Mobil Kekinian

Berikut beberapa tren modifikasi interior mobil kekinian yang bisa kamu ikuti:

1 .Modif sarung jok, kemudi, dan sabuk pengaman dengan warna senada

Tren modifikasi interior mobil pertama yang bisa kamu ikuti adalah dengan memasang cover pada sarung jok, kemudi, dan sabuk pengaman dengan warna yang senada. Dengan begitu, tampilan interior mobil kamu bakal menjadi lebih stylish bahkan elegan. 

Akan tetapi, jangan asal memilih warna dan sekadar senada saja. OtoFriends juga harus cermat memilih warna dan bahan yang bisa merepresentasikan kesan stylish dan elegan yang diinginkan. OtoCrew menyarankan pilih warna netral seperti warna hitam, kulit, putih gading, biru tua, atau paduan dari keempat warna tersebut. Hindari memilih warna yang terlalu ngejreng yang kontras dari kesan elegan. 

Selain menambah daya tarik, penambahan cover pada sarung jok, kemudi, dan sabuk pengaman juga berguna sebagai pelindung peranti tersebut dari debu dan kotoran. Dengan begitu, komponen interior kamu menjadi lebih awet.

2. Variasi warna dan gaya pada karpet mobil

Memodifikasi karpet juga bisa memberi kesan berbeda pada interior mobil OtoFriends, lho. Tak hanya itu, pemilihan bahan karpet yang tepat juga bisa menambah kenyamanan, membuat lantai mobil lebih mudah dibersihkan, serta mencegah lecet.

Pemilihan warna yang tepat juga penting, agar memperkuat karakter mobil kesayangan kamu. Bila kamu lebih mengedepankan kesan mewah sekaligus meredam suara, maka pilihlah karpet berbahan dasar beludru. Bila mencari yang mudah dibersihkan dan awet, maka pilihlah yang berbahan karet. Lalu, bila mencari yang nyaman di kaki, maka pilihlah yang berbahan PVC. Usai memilih bahan karpet yang diinginkan, kamu tinggal menyesuaikan warna yang senada dengan komponen aksesoris interior mobil lainnya.

3. Menambah Cover di Dasbor Mobil

Tak sedikit pemilik mobil yang melapisi dasbornya dengan cover tambahan. Menambah cover pada dasbor mobil bisa semakin memperkuat karakter pemiliknya. Selain itu, cover tambahan ini bisa melindungi dasbor dari noda, kotoran, serta goretan. Selain itu, berguna juga untuk membuat barang-barang yang ditaruh di dasbor tidak mudah jatuh. Ada berbagai jenis cover dasbor mobil, mulai dari lapisan vinil, anti slip dash mat, cover kulit, cover berbahan bulu eksklusif, dan masih banyak lagi. Biasanya cover dashboard mobil tersebut juga tersedia dengan berbagai macam warna. Pilihlah yang sesuai dengan selera  dan yang paling mewakili karakter mobil masing-masing.

4. LED Lighting Kit untuk aksen cahaya yang unik

Tren modifikasi interior selanjutnya adalah menambah LED lighting kit di jok, dashboard, hingga lantai mobil. Peranti ini tidak hanya bisa menambah kemewahan interior mobil, melainkan juga berguna sebagai pencahayaan tambahan. Dengan begitu, bisa memudahkan penumpang, bila ingin mengambil barang yang terjatuh ke lantai mobil. 

Bahkan bermanfaat juga sebagai tanda kepada pengendara lain, ketika kamu harus berhenti dan membuka pintu di pinggir jalan di malam hari, serta kebutuhan pencahayaan lainnya. Peranti ini tersedia dengan berbagai macam bentuk, warna, dan fitur, tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing.

5. Penambahan layar monitor

Bila kamu punya bujet berlebih, tidak ada salahnya menambah layar monitor di dalam mobil. Layar monitor tambahan ini dapat dipasang di belakang sandaran jok depan, atau digantung di bagian depan mobil. Peranti ini tidak hanya menjadikan tampilan interior mobil tampak lebih futuristik, tetapi juga bisa menambah kenyamanan perjalanan.

6. Penambahan aksesoris interior mobil

Terakhir, menambah aksesoris juga bisa membuat tampilan interior mobil semakin elegan. Beberapa aksesoris bahkan sangat berguna, seperti tempat sampah, meja lipat atau organizer. Pemilihan aksesoris yang tepat dan sesuai kebutuhan bisa menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. 

Baca juga: 10 Aksesoris Interior Mobil Canggih Yang Bikin Tampilan Futuristik

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Modifikasi

Usai menentukan tren modifikasi interior mobil mana yang mau diikuti, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengubah tampilan dalam mobil kesayangan kamu:

1. Tentukan Tema atau Konsep

Sebelum mengubah interior mobil, ada baiknya OtoFriends menentukan dulu tema atau konsep yang ingin diterapkan. Ada banyak tema atau konsep yang bisa dipilih seperti elegan, modern, sporty, gothic, retro, atau cute.  Menentukan tema atau konsep di awal penting, agar tidak bingung lagi saat hendak membeli aksesoris modifikasi, dan mencegah ketidaksesuaian aksesoris satu sama lain. 

2. Siapkan Daftar Komponen yang Diperlukan

Usai menentukan tema, kini saatnya membuat daftar komponen apa saja yang diperlukan. Kamu tidak harus membeli semua daftar tadi sekaligus. Prioritaskan komponen yang paling mencolok menurutmu, atau paling dibutuhkan dan sesuai dengan budget. Untuk beberapa komponen mungkin perlu dikirim dari luar negeri, atau belum tersedia. Maka, fokus saja pada yang paling mudah didapatkan terlebih dahulu. 

Baca juga: Intip 10 Interior Mobil Mewah Ini, Dijamin Bikin Ngiler

3. Perhatikan Biaya dan Bengkel

Terakhir, pertimbangkan pula total biaya komponen yang mau dibeli, dan jasa pemasangannya di bengkel. Lakukan riset yang lebih rinci lagi, agar tidak bikin kamu bokek. Pilih yang paling benar-benar penting, untuk komponen yang tidak terlalu berpengaruh, ada baiknya ditunda dulu. Lalu, catat kisaran total biaya yang dibutuhkan. 

Sebagai gambaran, untuk modifikasi jok biasanya bisa menghabiskan biaya mulai dari Rp1,5 juta rupiah hingga Rp3 juta rupiah. Sementara itu, untuk menambah aksesoris seperti audio khusus berkisar dari Rp1 juta hingga Rp25 juta. Namun, semua tergantung dari fitur dan kualitas peranti yang dipilih. Belum lagi, biaya service modifikasi interior mobil di bengkel.

Namun, sebelum itu, ada baiknya konsultasi lebih lanjut kepada ahlinya di bengkel terdekat. Sebab, biasanya setiap bengkel mempunyai spesifikasi berbeda-beda untuk tema yang dipilih. Apakah tema yang dipilih cocok dengan interior mobil kamu, atau apakah bengkel tersebut menyanggupi modifikasi yang kamu inginkan atau tidak. 

Terakhir, jangan asal pilih bengkel. Memilih bengkel yang terpercaya sangat krusial agar aksesoris dapat terpasang dengan benar. Jika asal-asalan dikhawatirkan akan merusak aksesoris bahkan interior mobil kesayangan OtoFriends.

Kamu bisa menemukan bengkel terpercaya lewat aplikasi Otoklix. Selain memudahkan mencari bengkel, dari aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan booking service sekaligus melihat harga service yang diinginkan secara real. Menarik, bukan?