Bagi mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun, biasanya bakal mulai muncul masalah-masalah kecil yang mengganggu performa mesin. Salah satunya, pelapis kap mesin mobil mulai rusak-rusak atau bercopotan. Untuk itu, perlu segera diganti dengan peredam panas mobil yang bagus.

Sebelum itu, penting bagi kamu mengetahui jenis-jenis peredam panas mobil yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan mobil masing-masing. Selain itu, bila tertantang memasang sendiri dirumah, maka perlu juga mempelajari cara pemasangannya dengan benar.

Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Jenis-jenis Peredam Panas Mobil

1. Berbahan Aluminium Foil

Peredam panas mobil pertama adalah yang berbahan dasar aluminium foil. Material peredam panas ini mampu menahan panas agar tidak terserap ke dalam kap mesin, sehingga suhu di ruang mesin bisa terjaga optimal.

Melihat fungsinya tersebut, jenis peredam panas satu ini lebih direkomendasikan buat yang tinggal di daerah dingin seperti Eropa. Sebaliknya, bahan ini tak begitu direkomendasikan untuk kendaraan yang melaju di daerah tropis seperti Indonesia.

2. Berbahan Glasswool

Bahan peredam panas mobil berikutnya adalah glasswool. Glass wool terbuat dari serat kain serta cukup tebal, sehingga bisa sekaligus meredam suara mesin. Dengan begitu, peredam panas berbahan glasswool ini lebih cocok untuk kendaraan roda empat yang memakai mesin diesel. 

Mengingat, mobil bermesin diesel memang identik lebih berisik. Jadi buat OtoFriends yang memakai mobil bermesin diesel bisa memilih peredam panas mobil satu ini, sehingga perjalanan bisa lebih nyaman.

Namun kekurangannya, daya tahan panas bahan ini tak sekuat aluminium foil.

3. Berbahan Kombinasi Aluminium Foil & Glass Wool

Peredam panas mobil yang terakhir merupakan kombinasi dari aluminium foil dan glasswool. Kelebihan peredam panas jenis ini adalah selain menahan panas, juga bisa mereduksi suara mesin agar tidak terlalu bising ke dalam kabin. 

Jadi, peredam panas ini dibuat dua lapis, yang mana lapisan pertama adalah glasswool, dan lapisan kedua adalah aluminium foil. Lapisan glasswool menghadap ke kap mobil, sedangkan lapisan aluminum menghadap ke ruang mesinnya.

Baca juga: Untung Rugi Pakai Peredam Mobil dan Tips Cerdas Memilihnya

Cara Memasang Peredam Panas Mobil Sendiri

1. Ukur Bagian yang Akan Dipasangi Peredam Panas

Pertama-tama, bukalah kap mesin mobil kesayangan OtoFriends. Lalu, ukur area yang kap mesin yang mau dilapisi peredam panas. 

Untuk memudahkan proses mengukur area kap mesin, kamu bisa menggunakan metode jiplak. Caranya tinggal menjiplak pola kap mesin mobil kamu ke media kardus atau plastik transparan.

Setelah itu, gunting media jiplak tersebut mengikuti pola kap mesin.

2. Potong Peredam Panas Sesuai Pola

Usai mendapatkan pola kap mesin, langkah berikutnya adalah memotong material peredam panas mengikuti pola tersebut. Sebelum itu, tentu pilih dulu material peredam panas mana yang kamu rasa cocok untuk kebutuhan mobilmu. Apakah itu aluminium foil, glasswool, atau kombinasi keduanya.

Untuk memudahkan, gunakan penjepit kertas agar material peredam panas tidak bergeser saat digunting mengikuti pola. 

Baca juga: Mengenal Fungsi Peredam Kap Mesin Mobil

3. Rekatkan Peredam Panas Sesuai Tempatnya

Terakhir, rekatkan peredam panas sesuai pola dan tempatnya. Gunakan perekat berkualitas dan khusus sehingga material peredam panas bisa menempel maksimal. Setelah semuanya terpasang dengan baik, cek lagi dengan seksama. Pastikan semua menempel dengan erat. 

Lalu, coba nyalakan mesin atau parkirkan mobil kesayangan kamu di area panas dalam beberapa menit. Bila dirasa cukup, matikan mesin, buka kap mesin, dan cek apakah suhu di sekitar mesin terjaga dengan baik. Bila lebih sejuk dari sebelumnya, maka proses pemasangan peredam panas telah berhasil.

Namun, bila suhunya terasa panas, maka perlu perbaikan sedikit, entar dari posisi panasnya, atau menambah ketebalan lapisannya.

Bagaimana, apakah OtoFriends sudah menentukan peredam panas mobil yang bagus mana yang mau digunakan? Bila sudah, OtoFriends bisa langsung mempraktekkan cara pasang peredam panas seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba, ya!

Bila tidak begitu yakin atau tidak ada waktu, OtoFriends bisa mengunjungi bengkel servis terdekat. Biayanya beragam tergantung bahan yang dipakai dan layanan servis yang dipilih. Namun, jangan pusing dulu, kamu bisa mengecek harga pasti seluruh servis mobil yang diinginkan lewat aplikasi OtoKlix

Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk memasang peredam panas, atau sekadar mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera unduh dan booking berbagai servis untuk mobil kesayangan di aplikasi Otoklix!