Mitsubishi mengeluarkan mobil Pajero terbaru dengan nama All New Pajero atau New Pajero 2022. Mobil ini punya spesifikasi yang mumpuni sebagai salah satu mobil SUV terbaik. Namun, harganya juga menjadi lebih mahal. Selain itu, kenaikan harga ini juga dipengaruhi karena adanya regulasi baru tentang emisi. Bagaimana spesifikasi mobil Pajero terbaru dan berapa harganya?

Spesifikasi Mobil Pajero dan Harganya

Mobil All New Pajero ini punya spesifikasi yang pasti sudah mutakhir. Kita akan bahas satu per satu mulai dari dimensi dan eksterior, interior, mesin, dan fitur-fitur lainnya.

Dimensi dan Eksterior

Dimensi mobil Pajero adalah 4.785 mm untuk panjangnya, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.800 dan 1805 mm. Sebagai mobil SUV, mobil Pajero punya ground clearance yang tinggi, yaitu 218 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya sekitar 2.800 mm.

Pada bagian depan tampilan All New Pajero Sport, terlihat desain grill depan dengan gaya Dynamic Shield. Ada juga lampu depan LED dengan Daytime Running Lights (DRL). Sudah terpasang juga fog lamp yang bisa memberikan penglihatan lebih maksimal saat malam hari atau jalanan berkabut.

Di sisi lain, tampilan lampu belakang Pajero Sport juga terlihat futuristik. Desainnya agak berbeda dengan SUV lain yang dibuat memanjang ke bawah. Ada juga Roof Rail di bagian atas yang semakin menambah kesan SUV tangguh.

Interior All New Pajero Sport

All New Pajero Sport sebagai mobil SUV sudah tentu tangguh melewati berbagai medan, baik on-road atau off-road. Kenyamanan itu juga dilengkapi dengan desain interior yang mewah. Ada 3 baris tempat duduk yang membuat mobil ini cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Jarak antar tempat duduk juga lega, ketinggiannya juga cocok bagi orang yang tinggi. Sehingga, orang tinggi juga nyaman duduk di dalam mobil ini.

Ruang kabin mobil Pajero terlihat mewah dan memberikan kesan premium. Bagian dashboard juga terlihat berkelas. Ada T-Shape High Console dengan aksen kayu dan berbagai fitur modern. Head unit All New Pajero Sport juga sudah dilengkapi dengan sistem navigasi dan layar sentuh, serta AC otomatis. 

Masih ada lagi fitur canggih di mobil ini, yaitu Audio Steering Switch dan sistem kemudinya juga sudah mendukung teknologi Tilt and Telescopic Steering. Fitur ini membuat kita bisa mengatur posisi kemudi dengan mudah. Kesan mewah interior Pajero Sport ditambah dengan adanya Sunroof dan joknya sudah menggunakan bahan kulit sebagai pelapis. 

Baca Juga : MG 5 GT Resmi Dijual di Indonesia, Intip Harga dan Spesifikasinya

Spesifikasi Mesin New Pajero Sport

Selain desain eksterior dan interior yang mewah dan elegan, All New Pajero Sport juga dibekali mesin yang tangguh. Ada dua jenis mesin yang disematkan, tergantung tipe apa mobilnya. Untuk tipe Dakar, mesin yang digunakan adalah mesin diesel 4N15 2.4 L MIVEC Turbocharged dan Intercooled berkapasitas 2.442 cc. Mesin ini sudah mengusung teknologi ramah lingkungan dengan Variable Geometry Turbo (GVT). Mesin ini bisa memberikan tenaga maksimal 181 hp pada 3500 rpm. Torsi maksimalnya adalah 430 Nm pada 2500 rpm.

Kemudian, untuk Pajero tipe Exceed dan GLX, mobil ini sudah menggunakan mesin tipe 4D56 dengan kapasitas 2.5 L DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC. Lebih tepatnya, kapasitas mesin ini adalah 2.477 cc. Dari mesin ini, hasil tenaganya bisa mencapai 136 hp pada 4.000 rpm. Torsi puncaknya mencapai 324 Nm pada 2.000 rpm.

Kedua tipe mesin ini sudah dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 6 kecepatan dan manual 5 kecepatan. Sehingga akselerasinya bisa lebih optimal. Apalagi mobil ini juga sudah menggunakan sistem penggerak empat roda atau 4WD (4×4). Untuk mendukung kemudahan medan jalanan, Mitsubishi juga menyematkan Off-road Mode.

Teknologi itu bisa mengontrol system output engine dan traksi roda. Bahkan, mobil ini bisa menerjang banjir dengan kedalaman 70 cm!

Fitur New Pajero Sport

Belum selesai kita terkagum-kagum atas eksterior, interior, dan dapur pacu All New Pajero Sport, sekarang mari kita bahas tentang fitur-fitur canggihnya.

Sudah ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Fitur canggih ini bisa membantu ketika parkir mobil. Ketika fitur RCTA aktif, Combination Meter Display juga menyala. Sensor ini dipasang pada bumper belakang. Sensor ini akan mendeteksi kendaraan lain ketika gigi mundur aktif, indikator di kedua spion dan bunyi buzzer akan menyala. Selain itu juga akan tampil peringatan di multi information display.

Pada sistem pengereman, sudah ada fitur ABS dan EBD. Remnya menggunakan Ventilated Disc atau rem cakram di bagian depan dan belakang. Ada juga Trailer Stability Assist yang membuat kendaraan tetap stabil saat menderek. Hanya saja, pada tipe Exceed dan GLX masih menggunakan rem tromol pada bagian belakang.

Tersedia juga fitur Dual SRS Airbag dan juga sabun pengaman pretensioner yang akan melindungi pengendara ketika terjadi tabrakan atau benturan. Belum selesai sampai itu, ada fitur canggih Start-Stop Engine Button yang juga dipadukan dengan sistem penguncian keyless. Sayangnya fitur ini hanya ada di tipe Dakar.

Terakhir, All New Pajero Sport sudah dilengkapi dengan fitur Paddle Shift yang bisa memudahkan pengemudi memindahkan gigi secara manual ketika berkendara tanpa melepas kemudi. Fitur-fiturnya keren dan canggih!

Kaki-kaki dan Suspensi All New Pajero Sport

Selanjutnya, kita bahas tentang kaki-kaki mobil yang membuat mobil ini sangat nyaman dikendarai. Pada bagian roda, ban yang digunakan di tipe Exceed dan GLX berukuran ring velg 16. Sementara untuk tipe Dakar sudah menggunakan velg ring 18.

Suspensi yang digunakan pada bagian belakang adalah 3 link type rigid axle dengan Coil Spring. Kemudian, suspensi bagian depannya menggunakan Double Wishbone tipe Coil Spring. Suspensi ini membuat mobil Pajero sangat nyaman menerjang berbagai medan.

Harga Mobil New Pajero 2022

Dari semua kemewahan dan kecanggihan itu, tidak heran harga mobil Pajero terbilang cukup mahal. Untuk tipe terendahnya saja dibanderol dengan harga Rp545 jutaan. Lebih lengkapnya Otoklix hadirkan harga mobil Pajero dalam sebuah tabel. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

TipeHarga
New Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 ATRp701,1 juta
New Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 ATRp642,7 juta
New Pajero Sport Dakar 4×2 ATRp593,7 juta
New Pajero Sport Exceed 4×2 ATRp535,8 juta
New Pajero Sport Exceed 4×2 MTRp520,8 juta
New Pajero Sport Exceed GLX 4×4 MTRp545,8 juta

Itu dia informasi lengkap tentang mobil Pajero, dari spesifikasi sampai dengan harga Pajero 2022. Bagi OtoFriends yang sudah punya mobil Pajero, jangan lupa untuk selalu servis rutin agar performanya tetap terjaga. 

OtoFriends bisa melakukan servis ganti oli, servis ban, servis AC, dan lainnya di bengkel mitra Otoklix. Temukan bengkel terdekat dan booking langsung via aplikasi.