Memilih minyak rem mobil yang bagus akan membuat sistem pengereman mobil menjadi lebih optimal. Komponen-komponen mesin dalam sistem pengereman memang butuh dilumasi untuk mendukung kinerjanya. Akan tetapi, memilih minyak rem mobil yang bagus tidak bisa sembarangan. Berikut ini kita akan bahas pilihan minyak rem yang bagus dan juga cara memilih minyak rem mobil.

Pilihan Minyak Rem Mobil yang Bagus

Saat ini banyak produsen yang memproduksi oli dan minyak untuk melumasi komponen mobil. Tidak hanya oli mesin yang butuh rutin diganti, tetapi minyak rem juga perlu diganti secara berkala. Minyak rem ini berfungsi untuk mengurangi gesekan logam cakram dan kampas agar tidak cepat panas. Berikut ini adalah pilihan minyak rem yang bagus dari berbagai merek.

1. Prestone Brake Fluid DOT 4

Minyak Prestone Brake Fluid ini punya spesifikasi DOT 4. Artinya, minyak rem ini punya titik didih yang lebih tinggi dari standarnya. Bahkan, Prestone Brake Fluid DOT 4 ini punya titik didih yang hampir mencapai spesifikasi DOT 5. Kinerjanya bisa lebih maksimal dan tidak mudah terkontaminasi air. Akan tetapi, tidak semua mobil cocok menggunakan minyak rem dengan spesifikasi DOT 4.

2. Jumbo Cairan Rem DOT 3

Minyak rem Jumbo sudah populer di Indonesia sejak 1980. Minyak rem ini juga sudah diekspor ke berbagai negara, misalnya Taiwan, Hongkong, Cina, Singapura, bahkan benua Australia dan Afrika. Ada dua spesifikasi minyak rem yang tersedia, yaitu DOT 3 dan DOT 4. DOT 3 dengan botol biru lebih terkenal karena memang umumnya minyak rem yang digunakan mobil adalah spesifikasi DOT 3.

Minyak rem ini tersedia dalam kemasan 300 ml dan 500 ml. Selain mampu melumasi sistem pengereman, minyak rem ini juga bisa mencegah kerusakan dan timbulnya karat pada segel rem.

3. STP Brake Fluid DOT 4 ActivGard

Pilihan minyak rem mobil yang bagus berikutnya adalah dari merek STP. Variannya adalah STP Brake Fluid DOT 4 ActivGard. Sesuai namanya, minyak rem ini sudah dilengkapi dengan teknologi ActivGard. Fungsi teknologi ini adalah membuat rem lebih awet, aman, dan pakem.

Titik didih minyak rem ini bisa mencapai 265 derajat celcius, lebih tinggi dari standar titik didih DOT 4. Keunggulan lainnya adalah minyak rem ini cukup kental. Jadi tidak mudah menguap saat suhu tinggi. 

4. Motul DOT 5.1

Minyak rem yang satu ini punya spesifikasi yang tinggi, yaitu DOT 5.1. Minyak rem ini punya keunggulan, yaitu berbasis polyglycol yang sepenuhnya sintetis. Minyak rem ini juga didesain khusus untuk mobil dengan sistem pengereman ABS atau anti-lock braking system.

Titik didih rem ini bisa mencapai 270 derajat celcius. Jadi, tidak akan mudah menguap. Tidak perlu meragukan kualitas minyak rem dari Motul yang sudah berproduksi sejak 1958.

5. Mobil Brake Fluid Dot 4

Mobil DOT 4 ini punya performa yang sangat tinggi untuk sistem pengereman cakram dan tromol. Namun, ada catatan untuk tidak menggunakannya secara sembarangan. Misalnya, gunakan dalam bentuk konsentrat dari wadah yang sebelumnya belum terbuka dan masih tersegel dengan baik. Setelah itu tutup kembali saat sudah digunakan karena cairannya bisa menyerap kelembaban.

Selain lima produk di atas, di bawah ini juga adalah sejumlah minyak rem mobil yang bagus lengkap dengan harganya.

NoMerek Minyak Rem MobilHarga
1Mobile Minyak Rem DOT 4 500 mlRp63 ribuan
2Wurth Minyak Rem DOT 4 250 mlRp65 ribuan
3Total Brake Fluid DOT 4 500 mlRp70 ribuan
4Fuso DOT 3 Minyak Rem 946 mlRp70 ribuan
5Prestone DOT 3 Minyak Rem Neutral 1 LRp90 ribuan
6Seiken Minyak Rem Neutral DOT 3 Merah 1 LRp95 ribuan
7STP DOT 3 Minyak Rem Neutral Bening 1 LRp95 ribuan
8Amsoil Minyak Rem DOT 3 & 4 355 mlRp150 ribuan
9Redex DOT 3 48 x 50 mlRp187 ribuan
10Lucas Minyak Rem Synthetic DOT 4Rp211 ribuan
11Motul Minyak Rem Synthetic DOT 5.1Rp271 ribuan
12Motul RBF 600Rp450 ribuan
13Brembo Fluid Synthetic LCF-600 500 mlRp639 ribuan
14Mobile DOT 4 12 x 500 mlRp675 ribuan
15Jumbo DOT 3 Minyak Rem Neutral Merah 946 ml Rp65 ribuan
16G Force Brake Fluid DOT 3 Merah 1 LRp60 ribuan
17Dobeli Super Heavy Duty Minyak Rem BF30Rp55 ribuan
18Fuso DOT 3 Minyak Rem Bening Neutral 300 mlRp50 ribuan
19Jumbo DOT 3 Neutral 300 mlRp50 ribuan
20Redex DOT 3 Minyak Rem Neutral Merah 300 ml Rp45 ribuan

Klasifikasi Minyak Rem Mobil

Setelah mengetahui apa saja pilihan minyak rem mobil yang bagus, kita juga perlu tahu spesifikasi minyak rem. Pasalnya, kalau salah menggunakan minyak rem bisa merusak komponen mobil. 

Spesifikasi ini diklasifikasikan berdasarkan titik didih minyak rem. Simak selengkapnya informasi tentang karakteristik minyak rem mobil di bawah ini.

1. Minyak rem DOT 3

Minyak rem DOT 3 ini paling umum digunakan di bengkel-bengkel mobil. Namun, sebenarnya minyak rem ini punya titik didih yang paling rendah. Dampak dari rendahnya titik didih minyak rem adalah bisa merusak cat mobil, menimbulkan korosi, bahkan bisa merusak karet alami mobil.

Titik didih maksimal minyak rem ini adalah 230 derajat celcius. Meskipun punya kekurangan, tetapi minyak rem ini tetap yang paling banyak dicari dan digunakan.

2. Minyak rem DOT 4

Minyak rem ini disarankan untuk digunakan pada mobil-mobil lawas. Sebab, mobil lawas punya sistem pengereman dengan suhu tinggi. Minyak rem DOT 4 punya titik didih maksimal sekitar 245 derajat celcius.

3. Minyak rem DOT 5

Minyak rem ini adalah minyak rem dengan spesifikasi paling tinggi. Titik didihnya paling tinggi, yaitu sampai 270 derajat celcius. Minyak rem ini juga tahan korosi karena dibuat dari bahan silikon. Cat mobil juga tidak mudah terkelupas. Bahan silikon ini membuat air tidak mudah terserap.

Akan tetapi, meskipun punya spesifikasi yang tinggi, minyak rem ini tidak boleh digunakan sembarangan. Menggunakan minyak rem harus sesuai dengan sistem pengereman mobil.

Itu dia pilihan minyak rem mobil yang bagus dan juga spesifikasi minyak rem mobil. Pastikan untuk merawat sistem pengereman karena komponen ini sangat penting bagi keselamatan berkendara. 

Temukan 2.000+ bengkel umum terpercaya di aplikasi Otoklix untuk servis rutin mobil dan juga merawat sistem pengereman. Tidak perlu khawatir, harganya bersaing dan transparan.