Apakah OtoFriends termasuk penggemar mobil klasik? Tidak hanya digemari oleh orang-orang yang sudah berusia, mobil klasik juga memiliki banyak fans dari kalangan muda. Pasalnya, mobil ini memberikan sentuhan emosional bagi penikmatnya. Meskipun tidak dikendarai dan hanya dipandang saja. Mari bernostalgia dengan beberapa mobil klasik di bawah ini!

Deretan Mobil Klasik yang Ciamik

Mobil-mobil klasik memang tidak banyak masuk ke Indonesia. Pasalnya, harga mobil tersebut sangatlah mahal. Belum ditambah dengan segala macam biaya lain seperti pajak. Jadi, tidak heran apabila pemiliknya datang dari kalangan menengah ke atas. Berikut adalah daftar mobil klasik yang ada di Indonesia.

1. Chrysler Imperial Ghia

Mobil ini bertipe Limousine yang diproduksi pada tahun 1959. Tidak banyak unitnya yang masuk bahkan tercatat hanya 6 unit saja. Salah satu pemilik Chrysler Imperial Ghia yakni Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Harganya masih bertahan cukup tinggi, yaitu Rp271 jutaan.

2. Volkswagen Beetle

Mobil berbentuk unik dan fenomenal ini sering disebut VW Kodok. Mobil tersebut juga masuk ke jajaran mobil klasik favorit di Indonesia. VW Beetle ini memiliki deru mesin yang khas. Letaknya ada di bawah kap mesin mobil. Wajar kalau mobil ini memang banyak diincar, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Harganya masih cukup tinggi, yaitu Rp175 jutaan.

3. Mini Morris

Bagi OtoFriends pecinta seri komedi Mr Bean, pasti mengenal bentuk mobil ini. Mini Morris adalah salah satu mobil klasik yang populer di Indonesia. Bentuknya yang mungil menjadi kelebihan dan daya tarik bagi penikmat mobil klasik. Harga mobil ini adalah Rp200 jutaan.

4. Mercedes Benz 280SE

Sejak dulu hingga sekarang, memiliki mobil Mercy adalah sebuah kemewahan. Tidak hanya mobil-mobil terbarunya, mobil klasik Merci juga tidak kalah menawan dan mewah. Contohnya adalah Mercedes Benz 280SE dengan tampilan yang unik. Mobil ini memberikan kemewahan dan eksklusivitas ala pejabat. Sejak dulu, mobil mewah klasik ini sudah digilai para kolektor mobil. Harga mobil ini masih di angka Rp150 jutaan.

5. Jeep Willys

Di kelas mobil klasik, Jeep Willys ini masih menempati reputasi yang baik. Mobil ini menjadi alat transportasi era perang dua pertama dan kedua. Bentuknya yang gagah, besar, dan kokoh ini membuat kita mengaguminya, apalagi jika dinilai secara sejarah. Harganya juga sudah tidak terlalu mahal, yaitu Rp48 jutaan saja.

6. Volkswagen Combi

VW Combi juga menjadi mobil klasik yang menarik untuk dikoleksi. Sering juga muncul di TV atau film-film. Mobil ini memiliki ruang yang sangat luas, cocok digunakan untuk berwisata bersama seluruh keluarga. Mobil keluaran 1935 di Jerman ini digemari oleh pecinta otomotif berbagai kalangan, dari usia lanjut, orang-orang tua, maupun anak muda. Harganya Rp120 jutaan.

7. Holden Kingswood

Mobil-mobil dengan tampilan seperti Holden Kingswood banyak menghiasi film-film Hollywood pada zamannya. Kendati demikian, ada beberapa jenis Holden Kingswood yang mudah ditemukan di Indonesia. Meski bentuknya mengalami perubahan yakni jadi lebih elegan, tetapi gaya klasiknya tetap dipertahankan. Harga mobil ini juga masih cukup terjangkau, yaitu Rp46 jutaan.

8. Toyota Corolla DX

Toyota Corolla DX ini menjadi mobil klasik yang tidak sepi peminat. Sampai saat ini masih aktif diperjualbelikan. Oleh sebab itu, harganya masih cukup terjangkau, yaitu Rp30 jutaan.

9. Fiat 1200

Fiat 1200 memiliki ciri khas atau keunikan yaitu atap terbuka. Mobil klasik ini menjadi mobil pertama Fiat yang berseliweran di Indonesia. Mobil ini sempat populer di masyarakat. Seiring waktu kepopulerannya bertambah, apalagi menggunakan desain khas Italia. Mobil ini menarik perhatian pecinta mobil klasik.

10. Volvo 960

Mobil ini lahir di generasi mendekati ‘90-an. Di antara mobil klasik lainnya, mobil ini tergolong cukup muda. Mobil ini memiliki banyak peminat di Indonesia. Saat ini, harganya sudah tidak terlalu mahal, yaitu Rp29 jutaan.

Itu dia sejumlah mobil klasik yang populer di Indonesia. Berikutnya, kita bahas tentang mengapa mobil klasik memiliki harga yang tinggi.

Alasan Mobil Klasik Memiliki Harga Tinggi

Mobil-mobil klasik biasanya memiliki harga yang cukup tinggi. Apalagi kalau reputasinya baik dan sangat langka di pasaran. Meskipun harganya tinggi, mobil ini tetap banyak dicari. Ini dia sejumlah alasan yang membuat harga mobil klasik menjadi tinggi.

1. Nilai sejarah

Mobil-mobil klasik dianggap memiliki nilai koleksi yang tinggi. Penyebabnya terletak pada nilai sejarahnya. Misalnya, mobil merek A pernah digunakan sebagai kendaraan menteri di masa lalu atau pernah digunakan tokoh penting pada masa itu. Selain itu, kita juga terasa bernostalgia ketika menggunakan mobil dari masa lampau. Jadi, bagi para kolektor yang memiliki dana, rela membayar mahal untuk rasa kepuasan ini.

2. Produsen atau model jarang ditemukan

Alasan mobil klasik punya harga yang mahal berikutnya adalah merek atau model mobil itu sudah jarang ditemui pada masa sekarang. Misanya, merek Doge, FIAT, atau Jaguar. Mobil-mobil ini diproduksi oleh produsen yang cukup langka di Indonesia. 

Kemudian, nilai dari model langka juga menjadi daya tarik mobil-mobil klasik. Misalnya mobil kupe dengan 2 pintu atau station wagon yang sudah jarang ditemui. Apalagi di Indonesia. Terbilang sangat langka ditemui di jalanan. 

Jadi, memiliki mobil dengan produsen atau model yang langka menjadi kebanggaan pemilik. Apalagi kalau mobil itu dirawat dengan baik. Harganya akan semakin melambung.

3. Memiliki keunikan tertentu

Mobil klasik juga banyak yang memiliki model unik. Misalnya VW Beetle atau VW Kodok. Bentuknya yang unik dan mirip katak ini sangat menarik, unik, dan pasti terlihat menonjol ketika berkeliaran di jalan raya. Atau misalnya model Mini Cooper yang populer karena digunakan Mr. Bean.

4. Dijual dengan unit terbatas

Beberapa mobil di zaman dulu hanya memproduksi dengan unit terbatas. Bahkan, beberapa produsen atau APM (Agen Pemegang Merek) juga pernah menawarkan beberapa varian atau model dengan keunggulan tertentu dengan unit terbatas. Misalnya adalah Daihatsu Charade Turbo atau FIAT Uno Turbo.

Kemudian, ada Suzuki Vitara EPI yang hanya dijual selama 2 tahun saja, yaitu pada 1994 sampai 1995. Padahal mobil ini sudah menggunakan teknologi injeksi elektronik. Terbatasnya jumlah unit ini membuat harga mobil klasik menjadi mahal.

5. Biaya restorasi yang mahal

Suku cadang mobil-mobil klasik biasanya sudah terbatas. Ini juga yang membuat mobil klasik memiliki harga tinggi. Biaya restorasinya juga bisa mahal karena harus memperbaiki di bengkel spesialis. Harga jual mobil ini juga akhirnya menjadi lebih tinggi.

Demikian deretan 10 mobil klasik yang pernah populer di Indonesia dan juga alasan mobil-mobil retro ini memiliki harga yang tinggi. 

Jadi, sudah terbukti, bukan? Bahwa merawat mobil bisa mempertahankan harga jual kembali. Jangan sampai terlewat merawat mobil melalui aplikasi Otoklix! Temukan beragam jenis perawatan mobil di sini.