Agar mesin mobil bisa bekerja, mesin membutuhkan suplai bahan bakar dari tangki BBM. BBM akan dialirkan ke ruang bakar mesin dengan bantuan komponen bernama “Fuel Pump”. OtoFriends pernah dengan istilah fuel pump? Jika belum, tim Otoklix akan membahas apa itu fuel pump, fungsi, jenis dan ciri-ciri saat terjadi kerusakan. Simak sampai akhir artikel ya!

Apa Itu Fuel Pump Mobil

Fuel pump adalah komponen yang berfungsi untuk memompa bensin dari tangki ke mesin mobil. Biasanya, fuel pump terletak pada tangki bahan bakar dan langsung terhubung ke mesin menggunakan selang. Jika fuel pump bermasalah, kemungkinan besar mesin akan tidak bisa dihidupkan karena suplai bahan bakar tidak masuk ke mesin.

Fungsi Fuel Pump Mobil

Fungsi utama dari fuel pump adalah mengalirkan bahan bakar dari tangki bensin ke mesin mobil. Fuel pump merupakan komponen mobil yang terhubung dengan sistem kelistrikan untuk bisa bekerja. Besaran bahan bakar yang dipompa ke mesin akan disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Semakin tinggi kecepatan mobil, tentunya kebutuhan bahan bakar yang dipompa akan semakin besar.

Baca juga: 6 Penyebab Gas Mobil Kosong dan Cara Mengatasi yang Benar

Cara Kerja Fuel Pump

Cara kerja fuel pump adalah dengan memompa bahan bakar dari tangki mobil ke ruang bakar mesin. BBM dialirkan menggunakan selang khusus bensin. Aliran BBM akan disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Hasil pembakaran inilah yang akan menghasilkan energi, kemudian akan disalurkan ke komponen penggerak sehingga mobil bisa berjalan.

Cara kerja fuel pump ini tergantung dari jenis fuel pump yang digunakan. Untuk saat ini, kebanyakan mobil-mobil generasi terbaru sudah menggunakan fuel pump elektrik. Agar tidak salah, cek dulu jenis fuel pump apa yang digunakan pada mobil kamu.

Jenis Fuel Pump

Cara kerja fuel pump tergantung dari jenis fuel pump yang digunakan pada kendaraan. Umunya, fuel pump yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu fuel pump mekanik dan fuel pump elektrik. 

Fuel Pump Mekanik

Fuel pump mekanis merupakan jenis fuel pump yang bekerja dengan mengandalkan tenaga mekanik yang dihasilkan oleh mesin. Tenaga dari mesin akan diubah menjadi tenaga hidrolik untuk memompa bensin dari tangki ke mesin. Putaran mesin akan disambungkan menggunakan belt. Fuel pump mekanis biasanya sering dijumpai pada mobil bermesin diesel.

Fuel Pump Elektrik

Fuel pump elektrik merupakan jenis fuel pump yang bekerja menggunakan motor listrik untuk memompa bensin dari tangki ke ruang bakar. Motor listrik digerakan dengan tegangan listrik yang bersumber dari aki mobil. Ada dua model fuel pump elektrik yaitu menggunakan diafragma dan injeksi.

Fuel pump mobil tidak memiliki masa pakai seperti komponen lain. Tetapi ada beberapa ciri-ciri yang perlu pemilik mobil kenali, karena bisa jadi salah satu indikator bahwa fuel pump mobil bermasalah. Hal penting yang perlu diperhatikan terletak pada fuel pump filter, pastikan dicek dan diganti saat sudah kotor.

Ciri-Ciri Fuel Pump Bermasalah

Fuel pump jarang sekali ditemui langsung rusak secara tiba-tiba, seringnya ditemui beberapa gejala-gejala yang tidak biasa. Berikut Otoklix sudah mengumpulkan beberapa ciri-ciri fuel pump mobil rusak:

1. Mobil Sulit Dinyalakan

Biasanya, sekali starter mobil bisa langsung menyala. Tetapi jika dalam beberapa kali starter mobil sulit dinyalakan, bisa jadi fuel pump bermasalah. Penyebabnya karena bensin tidak bisa dialirkan sempurna ke mesin mobil sehingga mesin sulit menyala.

2. Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi injeksi, saat lampu indikator menyala bisa jadi tanda-tanda fuel pump bermasalah. Kamu bisa cek ke bengkel langganan terlebih dulu dan cek sumbernya darimana. Karena sensor kotor pun bisa jadi indikator injeksi menyala.

3. Performa mobil menurun saat diajak ngebut

Karena suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak bisa sesuai kebutuhan, efeknya saat diajak ngebut mobil kurang bertenaga. Bahan bakar yang diproses oleh mesin lebih sedikit sehingga tenaga yang dikeluarkan tidak bisa maksimal.

4. Mobil tiba-tiba mati saat jalan

Saat mobil tiba-tiba mati dijalan bisa jadi bensin tercampur air. Cara mengatasi bensin tercampur air dengan cara menguras dan membersihkan tangki mobil. Selain itu, saat mobil mati secara tiba-tiba bisa jadi fuel pump rusak sehingga suplai BBM ke ruang bensin berkurang bahkan berhenti.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter dan Penyebabnya

5. Bunyi berisik dari pompa bensin

Saat terdengar suara dengung dan berisik dari pompa bensin, bisa jadi fuel pump sudah mulai lemah. Cara mengeceknya nyalakan mobil pada posisi On tanpa perlu menjalankan, apakah sumber suara berasal dari tangki bensin atau bukan.

Saat rusak, kira-kira berapa biaya penggantian fuel pump baru? Contoh untuk harga fuel pump Avanza saat ini bisa kamu dapatkan dengan harga 400 ribuan. Tentunya belum termasuk ongkos pasang ya.

Tips Merawat Fuel Pump Mobil

Agar fuel pump mobil kamu awet, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat fuel pump mobil.

1. Jaga kebersihan tangki

Selalu jaga kebersihan tangki bensin terutama dari benda-benda asing berbahaya yang bisa saja masuk tangki. Selain itu, hindari jangan sampai air masuk ke dalam tangki karena bisa membuat mesin mogok.

2. Bersihkan selang bahan bakar

Saat melakukan service, pesan kepada mekanik untuk membersihkan selang bahan bakar dari kotoran atau debu.

3. Gunakan bahan bakar yang sesuai

Selain bagus untuk pembakaran, penggunaan bahan bakar yang sesuai akan menjaga kebersihan fuel pump dan komponen lainnya.

4. Cek filter fuel pump

Filter fuel pump berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada pada bensin. Pastikan filter masih dalam kondisi bagus sehingga bisa menyaring secara maksimal.

5. Rutin kuras tangki BBM

Tangki BBM mobil direkomendasikan untuk pengurasan setiap 50.000 km atau setiap 5 tahun sekali. Tujuannya untuk membersihkan kotoran yang ada pada tangki secara menyeluruh.

Baca juga: Cara Mengeluarkan BBM yang Tepat dari Tangki Kendaraan

Jika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi masih saja rusak, mau tidak mau kamu harus memperbaiki fuel pump atau menggantinya dengan yang baru. 

Biaya Perbaikan Fuel Pump Mobil

Fuel pump mobil sebenarnya bisa diperbaiki dengan cara mengganti bagian rotax atau dinamo. Tetapi tidak direkomendasikan karena bisa menimbulkan kerusakan lainnya. Disarankan untuk mengganti fuel pump satu set agar kinerjanya bisa optimal kembali. Fuel pump merupakan komponen yang tidak memiliki masa pakai, jadi pintar-pintar merawat saja agar awet.

Agar mobil tetap prima, pastikan selalu melakukan service rutin dan melakukan ganti oli secara rutin. Tidak lupa cek pada komponen-komponen vital pada mobil terkait kondisinya. Pastikan cek di bengkel yang sudah berpengalaman agar hasilnya lebih maksimal. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik dengan aplikasi smartphone. Yuk download sekarang aplikasinya!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Fuel Pump :


Fuel pump yang rusak tidak bisa mengalirkan bensin ke mesin sehingga mobil tidak bisa menyala.


Penyebab fuel pump rusak bisa dari masa pakai dan seringnya tangki dalam keadaan kosong.


Bisa diperbaiki, tetapi tidak direkomendasikan karena bisa memicu kerusakan lainnya.