Pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga diferensiasi produk. Diferensiasi produk penting bagi sebuah bisnis. Sebab, dengan adanya diferensiasi produk mampu memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Namun, membuat diferensiasi produk memerlukan strategi dan Anda juga perlu tahu kriteria diferensiasi produk. Simak pembahasan selengkapnya pada artikel di Otoklix.com.

Pengertian Diferensiasi Produk

Pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga dengan diferensiasi produk. Diferensiasi produk adalah usaha untuk membedakan produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan dengan kompetitor.

Banner

Diferensiasi produk melibatkan detail karakteristik tiap produk dan bisa menjadikan hal tersebut unik. Saat proses diferensiasi produk berhasil, maka bisnis Anda bisa kompetitif di pasaran karena pelanggan melihat produk yang Anda ciptakan sebagai produk superior.

Mengapa perlu melakukan diferensiasi produk? Seberapa penting diferensiasi produk?

Bisnis Anda perlu berbeda dengan kompetitor karena ada ratusan produk baru yang masuk ke pasar nasional setiap hari. Saat terlalu banyak pilihan, konsumen akan merasa bingung untuk memilih. Akhirnya justru memutuskan untuk tidak membeli.

Oleh sebab itu, diferensiasi produk berguna untuk membuat produk Anda terlihat menonjol dan unik daripada barang serupa.

Strategi Diferensiasi Produk

Strategi pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga dengan strategi diferensiasi produk. Agar produk atau layanan Anda menjadi unik dan berbeda, tetapi tetap bisa diterima masyarakat, Anda perlu memperhatikan sejumlah hal berikut.

1. Mengetahui kebutuhan konsumen

Untuk melakukan diferensiasi produk adalah mengetahui kebutuhan konsumen. Konsumen akan merasa diperhatikan kalau mendapat produk yang mereka butuhkan. Selain produk, pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Dengan kata lain, kalau tidak bisa memberikan pembeda pada produk, Anda bisa memberikan pembeda dari segi pelayanan. Misalnya memberikan fasilitas COD tanpa biaya tambahan.

Baca juga: Cara dan Contoh Analisis Kompetitor, Wajib Diketahui Pebisnis

2. Mempertahankan kualitas produk

Jangan lengah hanya karena ini membuat produk yang berbeda, tetapi justru mengesampingkan kualitas. Meskipun unik, tetapi konsumen akan tetap memilih produk yang berkualitas.

Cara membuat produk yang berkualitas adalah menggunakan bahan baku yang berkualitas. Kemudian, Anda bisa menambah perubahan di beberapa bagian produk.

3. Inovasi produk

Berkaitan dengan poin sebelumnya, melakukan diferensiasi produk salah satunya adalah melakukan inovasi produk. Sehingga, produk bisa lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Jadi, pentingnya melakukan inovasi untuk menjadi pembeda dengan yang lain.

4. Jujur dalam penawaran

Pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga memberikan penawaran yang jujur. Antara lain mengungkap kelebihan dan kekurangan produk pada konsumen. Sehingga, konsumen bisa mempertimbangkan ingin membeli atau tidak dengan sumber informasi yang akurat.

5. Menciptakan persepsi bagi konsumen

Persepsi produk bisa diciptakan dengan cara promosi, penawaran, dan ajakan. Sehingga, produk yang dihasilkan akan lebih mudah dikenal. Ini adalah salah satu bagian dari strategi diferensiasi produk.

Dampak Diferensiasi Produk bagi Bisnis

Pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga bisa berdampak bagi bisnis. Ada berbagai peran dan keuntungan yang bisa memberikan manfaat bagi bisnis Anda ketika bisa melakukan diferensiasi produk dengan optimal.

1. Produk lebih mudah diingat

Diferensiasi produk membuat produk Anda lebih diingat. Sebab, pada dasarnya manusia akan mudah tertarik dengan sesuatu yang berbeda. Saat sudah tertarik, konsumen akan mengingatkan.

Jadi, kalau produk Anda lebih menonjol dari produk kompetitor, masyarakat akan lebih mudah mengingatnya. Kalau sudah ada dalam ingatan, maka peluang untuk melakukan transaksi berikutnya lebih potensial.

Baca juga: Pahami Arti dan Contoh Analisis Kompetitor Produk

2. Produk lebih unggul

Dampak lain dari diferensiasi produk adalah menciptakan produk yang lebih unggul daripada produk lainnya. Keunggulan ini bisa dilihat dari berbagai aspek, misalnya secara penampilan, manfaat, harga, dan lainnya.

3. Harga jual lebih tinggi

Dengan banyaknya konsumen yang berminat terhadap produk Anda, maka Anda bisa meningkatkan harga produk. Sebab, biasanya konsumen merasa perlu memburu dan berebut produk yang unik. Misalnya adalah produk dengan edisi terbatas yang harganya lebih tinggi dibandingkan dengan produk biasa di pasaran.

4. Mengatasi kejenuhan pasar

Produk yang itu-itu saja membuat pasar jenuh. Pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga sebagai alat untuk mengatasi kejenuhan pasar. Sehingga, diferensiasi produk bisa menjadi angins segar bagi pelanggan yang sudah bosan dengan produk-produk yang ada di pasar.

5. Terciptanya product image

Citra produk atau bisnis terkadang justru muncul dari hal-hal yang sepele. Oleh sebab itu, coba untuk menampilkan hal unik dan berbeda dari kompetitor untuk menciptakan product image. Dengan citra yang baik, Anda bisa membuat strategi positioning yang tepat.

Akan tetapi, jangan sampai diferensiasi produk dibuat terlalu kontroversial karena justru bisa membuat produk jadi tidak dipercaya oleh masyarakat.

Baca juga: Cara dan Form UAC untuk Menganalisa Kompetitor

Kriteria Diferensiasi Produk

Untuk melakukan diferensiasi produk, ada sejumlah kriteria untuk melakukan diferensiasi produk. Sejumlah kriteria tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tidak mudah ditiru pesaing.
  2. Sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan konsumen.
  3. Memiliki keunggulan.
  4. Terjangkau.
  5. Menguntungkan perusahaan.

Memberikan pelayanan yang memiliki poin pembeda dan melebihi kompetitor disebut juga sebagai strategi untuk mengembangkan bisnis.

Cara lainnya untuk menunjang aktivitas bisnis adalah dengan menyediakan fasilitas yang memadai untuk mobilitas perusahaan. Antara lain dengan menyediakan mobil operasional yang siap pakai dalam kondisi prima.

Servis mobil operasional lebih mudah dan terjamin bersama Otoklix for Business. Selain memberikan servis berkualitas dengan harga kompetitif dengan bengkel resmi, Otoklix for Business juga menyediakan layanan garansi servis 14 hari.

Garansi servis 14 hari ini membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan ketika mobil kembali mengalami masalah dalam kurun waktu 2 minggu setelah pengerjaan di bengkel.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore agar servis mobil operasional lebih mudah dan bisa mengestimasikan biayanya. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Pelayanan yang Memiliki Poin Pembeda dan Melebihi Kompetitor Disebut Juga


Strategi diferensiasi produk dilakukan untuk bersaing dengan kompetitor di bidang yang sama maupun di bidang lainnya. Produk jadi lebih mudah dikenali sehingga meningkatkan penjualan dan harga jual juga bisa lebih tinggi.


Melakukan diferensiasi produk bisa dilakukan melalui mengubah kemasan, warna, tema, bentuk, bahan, dan hal lainnya dengan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan konsumen.


Manfaat diferensiasi produk adalah untuk membuat produk yang unggul, kompetitif, dan unik di pasaran. Diferensiasi ini tidak memandang bisnis Anda berada di industri apa, terutama kalau berada di pasar dengan banyak pesaing.