Perlahan-lahan perkembangan bisnis rental kendaraan kian menjamur. Bukan hanya di daerah perkotaan saja, melainkan daerah pedesaan dan pelosok juga ditemukan jasa sewa kendaraan. Rental kendaraan termasuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi.

Apakah tempat rental sewa mobil atau car rent ini termasuk bisnis yang menjanjikan? Untuk sebagian orang akan menjawab bisnis ini menguntungkan tergantung situasi seperti musim libur anak sekolah, libur akhir tahun atau libur panjang lainnya.

Padahal saat ini ada banyak perusahaan-perusahaan besar yang memilih untuk menggunakan jasa sewa mobil ketimbang harus membeli mobil perusahaan. Hal tersebut lantaran sulit untuk merawat mobil perusahaan dalam jumlah banyak atau hanya untuk menekan biaya perawatan mobil perusahaan.

Banner

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Alasan Perkembangan Bisnis Rental Kendaran Tumbuh Pesat

Walaupun berkembang secara masif, namun tak bisa dipungkiri semakin menjamurnya bisnis rental kendaraan saat ini. Mulai dari skala bisnis kecil dengan menyewakan 1-2 kendaraan hingga skala besar.

Melihat hal tersebut, muncul sebuah pertanyaan mengapa bisnis rental kendaraan dapat berkembang cukup pesat?

Baca juga: 5 Tips Bisnis Rental Mobil Bulanan, Aman dan Untung!

1. Rental Kendaraan Jadi Opsi Paling Praktis

Ada beragam jenis klien yang memanfaatkan jasa sewa kendaraan, mulai klien perorangan untuk penggunaan individu atau klien perusahaan untuk keperluan bisnisnya.

Menyewa mobil untuk melakukan perjalanan menjadi opsi terbaik dan terpraktis saat ini karena pelanggan hanya perlu melakukan reservasi dan memesan mobil sesuai kebutuhan dan keinginan maka mereka dapat merasakan pengalaman berkendara dengan mobil-mobil pilihannya.

Berbeda bila mereka harus memiliki kendaraan tersebut, maka ada faktor perawatan kendaraan yang perlu diperhatikan untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

2. Permintaan Jasa Sewa Kendaraan

Alasan lainnya adalah banyak orang yang mencari jasa sewa kendaraan saat berada di kota tujuan. Misalnya saja orang yang sedang berlibur atau melakukan perjalanan bisnis.

Masyarakat enggan berkemudi jarak jauh sehingga mengandalkan rental sewa kendaraan saat tiba di kota tujuan.

Katakanlah saat berlibur di Yogyakarta akhirnya masyarakat mencari tahu tempat sewa kendaraan di Yogyakarta. Banyaknya permintaan sewa kendaraan di Yogyakarta yang menjadi alasan kenapa banyak jasa rental kendaraan saat ini di sana.

3. Jarang Menggunakan Kendaraan, Lebih Efisien Sewa

Dalam persoalan lain ditemukan di mana aktivitas perusahaan minim menggunakan kendaraan. Akan tetapi, dalam satu waktu di mana perwakilan perusahaan harus melakukan perjalanan bisnis sehingga membutuhkan sewa kendaraan.

Kehadiran rental kendaraan ini sangat membantu aktivitas bisnis di saat membutuhkan kendaraan. Dibanding harus membeli kendaraan dengan harga fantastis namun jarang digunakan. Lebih baik menyewa mobil sesuai keperluan.

Efisiensi yang dimaksud selain harus mengeluarkan uang untuk membeli mobil, biaya pemeliharaan mobil yang tak murah menjadi alasan pendukung kenapa lebih efisien mengandalkan jasa sewa mobil.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

4. Kebutuhan Brand Image Bisnis

Melanjutkan dengan kebutuhan kendaraan perusahaan sebelumnya. Mengendarai mobil saat melakukan aktivitas bisnis secara tidak langsung ikut membangun brand image atau karakter pebisnis tersebut.

Hal ini dibutuhkan saat harus melakukan kerja sama dengan relasi atau sebatas bertemu dengan relasi bisnis. 

Pebisnis atau perwakilan perusahaan menjadi wajah perusahaan tersebut sehingga butuh untuk “didandani” lebih baik dengan menggunakan mobil-mobil mewah.

Tak heran banyak rental kendaraan mewah yang bisa ditemui di wilayah perkotaan.

5. Permintaan Kendaraan Berkapasitas Besar

Selain permintaan mobil-mobil mewah, permintaan mobil berbobot dan berkapasitas besar seperti mobil MPV dan LMPV juga dibutuhkan dalam momen-momen tertentu.

Banyak juga dari para penyewa itu sebenarnya memiliki mobil di rumah. Akan tetapi, karena kapasitas penumpang melebihi kemampuan mobil pribadinya akhirnya memutuskan untuk menyewa kendaraan dengan kapasitas lebih besar.

Umumnya mobil-mobil berkapasitas besar ini tersedia pada jasa rental kendaraan di kota-kota yang terkenal wisatanya dan ramai disewa di saat musim liburan.

Baca juga: Kenali MPM Rent, Perusahaan Rental Terbesar di Indonesia

Usaha Rental Mobil Apakah Untung?

Banyak yang memandang sebelah mata bisnis rental kendaraan. Padahal setelah Anda mengetahui prediksi keuntungan yang akan didapatkan setiap bulannya, khususnya saat musim liburan, maka bisa jadi Anda tertarik untuk memulai bisnis ini. Pasalnya laba bersih bisa mencapai Rp10 juta.

Dimulai dengan memprediksikan pendapatan bulanan saat menyewakan 1 unit mobil dalam 1 bulan. Anggap saja Anda menyewakan 1 mobil sebesar Rp550 ribu. Biaya sewa tersebut sudah termasuk jasa sewa supir namun belum termasuk biaya akomodasi lain seperti bensin, biaya tol atau biaya lainnya.

Jika mobil rutin disewakan selama 1 bulan (30 hari) maka penghasilan bulanan Anda sebesar Rp16,5 juta.

Kemudian Anda bisa memprediksikan laba bersih yang akan didapatkan bila menyewa 1 unit mobil dalam 1 bulan. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda harus mengurangi pendapatan bulanan dengan pengeluaran. Adapun pengeluaran yang dimaksud meliputi:

  • Biaya servis mobil bulanan sebesar Rp1,5 juta
  • Biaya cicilan mobil bila masih mencicil sebesar Rp4 juta
  • Biaya perawatan mobil lainnya sekitar Rp1 juta

Berdasarkan catatan pengeluaran tersebut maka total biaya yang harus Anda keluarkan sebesar Rp6,5 juta.

Kini bisa diprediksikan bahwa dalam 1 bulan, Anda menyewakan 1 unit mobil dengan biaya sewa Rp550 ribu per hari per mobil akan menghasilkan laba sekitar Rp10 juta. Bagaimana bila Anda memiliki lebih dari 1 mobil untuk disewa?

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Tips Merawat Mobil untuk Perusahaan Rental Kendaraan

Kini pemilik bisnis rental kendaraan gak perlu khawatir saat harus merawat banyaknya mobil sewaan. Belum lagi bila penyewa berkendara kotor sehingga mobil jadi cepat haus dan mempercepat usia pemakaian komponen mobil.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Pertanyaan Seputar Perkembangan Bisnis Rental Kendaraan :


Banyak yang memandang sebelah mata bisnis rental kendaraan. Padahal setelah Anda mengetahui prediksi keuntungan yang akan didapatkan setiap bulannya, khususnya saat musim liburan, maka bisa jadi Anda tertarik untuk memulai bisnis ini. Pasalnya laba bersih bisa mencapai Rp10 juta.


Alasan kenapa bisnis rental kendaraan menjanjikan antara lain rental kendaraan menjadi pilihan praktis dan hemat, ada banyak permintaan jasa sewa kendaraan, kebutuhan brand image bisnis, hingga permintaan sewa kendaraan di musim-musim tertentu.


Perlahan-lahan perkembangan bisnis rental kendaraan kian menjamur. Bukan hanya di daerah perkotaan saja, melainkan daerah pedesaan dan pelosok juga ditemukan jasa sewa kendaraan. Rental kendaraan termasuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi.