Pengelolaan kendaraan kantor adalah salah satu kegiatan penting dalam sebuah perusahaan. Sebab, pengelolaan kendaraan kantor berhubungan dengan pengelolaan aset. Aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan berhubungan juga dengan kesehatan keuangan perusahaan.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa pengelolaan keuangan yang baik pada sebuah perusahaan adalah salah satu cara membuat perusahaan makin maju.

Lantas, bagaimana cara mengelola kendaraan kantor? Selain itu, simak juga tips memilih kendaraan operasional pada pembahasan berikut.

Banner

Cara Mengelola Kendaraan Kantor

Kendaraan kantor termasuk ke dalam aset perusahaan. Aset adalah kekayaan milik perusahaan. Jadi, kendaraan kantor yang dikelola dengan baik bisa menjaga pertumbuhan revenue perusahaan agar performanya tetap maksimal. Berikut ini adalah sejumlah cara mengelola kendaraan kantor.

1. Menjaga kualitas kendaraan kantor

Kendaraan kantor perlu dijaga kualitasnya dengan cara mengontrolnya melalui servis rutin. Kualitas kendaraan yang terjaga punya sejumlah manfaat, antara lain menjaga performa kendaraan, mencegah kendaraan dari kerusakan yang menyebabkan nilai aset cepat berkurang, menghindari penurunan pelayanan, hingga mencegah penurunan pendapatan.

2. Keuangan perusahaan jadi optimal

Banyak hal yang berkaitan antara pengelolaan kendaraan kantor dan juga kesehatan keuangan perusahaan. Di antaranya adalah pengelolaan kendaraan kantor yang tepat bisa mengatur konsumsi bahan bakar dan mengetahui jarak tempuh. Konsumsi bahan bakar harian dan juga informasi jarak tempuh bermanfaat untuk menentukan estimasi anggaran perusahaan tiap bulan.

Informasi jarak tempuh bermanfaat untuk mengetahui kapan harus ganti oli mesin, ganti ban, kampas rem, cek kelistrikan, isi ulang air radiator, dan lainnya. Sehingga servis mobil kantor bisa lebih terproyeksikan.

Baca juga: 6 Standarisasi Perawatan Kendaraan Kantor

3. Mengontrol penurunan nilai aset

Penurunan nilai aset memang wajar terjadi pada aset tetap seperti kendaraan. Faktor pendukung turunnya nilai aset adalah tahun produksi, masa pakai, dan teknologi yang makin berkembang. 

Namun, dengan pengelolaan kendaraan kantor yang tepat, perusahaan bisa memantau penurunan nilai aset. Dengan begitu, perusahaan bisa menganggarkan dana untuk pembelian aset di masa depan.

4. Pembekalan untuk sopir

Manajemen aset kendaraan tidak terbatas hanya pada yang melekat kepada kendaraan saja, tetapi juga sopirnya. Sopir perlu diberi pemahaman bagaimana sistem kerja mesin kendaraan, berapa jarak pada odometer untuk ganti oli, berapa banyak bahan bakar yang terpakai dalam satu kali perjalanan.

Selain itu, sopir juga perlu diberikan pembekalan terkait perilaku berkendara. Sebab, perilaku berkendara berpengaruh terhadap masa pakai kendaraan juga. Terakhir, sopir perlu tahu tindakan apa yang harus diambil saat terjadi kerusakan mendadak.

5. Membantu perusahaan dalam mengambil keputusan

Manajemen aset membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Sebab, terjadi dialog antara direksi, manajer pengelolaan aset, dan juga staf operasional harian. Pihak-pihak tersebut akan melakukan diskusi sehingga bisa tercipta keputusan pengelolaan aset yang lebih komprehensif untuk perusahaan.

6. Manajemen risiko yang baik

Manajemen aset yang baik juga bisa mengurangi risiko yang terjadi akibat kendaraan kantor yang tidak terawat. Sehingga pengendara dan penumpang tetap aman dalam perjalanan. Dengan rendahnya tingkat risiko, maka kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan juga secara tidak langsung bakal meningkat.

Baca juga: 5 Tips Pengelolaan Mobil Kantor Agar Berfungsi Maksimal

7. Aset perusahaan lebih terjaga

Dengan pengelolaan kendaraan kantor yang baik, maka aset perusahaan juga lebih terjaga. Contohnya kalau Anda memasang GPS pada kendaraan, Anda bisa melacak kendaraan di mana pun, bagaimana rute kendaraan, dan seberapa jauh jarak yang ditempuh atau waktu perjalanan.

Itu dia 7 cara pengelolaan kendaraan kantor agar bisa berfungsi optimal bagi perusahaan. Sehingga, berdampak baik terhadap pertumbuhan perusahaan.

Tips Memilih Mobil Operasional

Setelah membahas tips pengelolaan kendaraan kantor, Otoklix juga bakal membahas tentang tips memilih mobil operasional. Sebagai informasi, jenis mobil kantor yang bisa Anda pilih adalah city car, sedan, MPV, atau SUV. 

Anda bisa menggunakan jenis mobil apa pun. Namun, perhatikan beberapa tips berikut ini ketika memilih mobil operasional kantor.

  1. Memilih mobil sesuai kebutuhan kantor.

Kalau kantor Anda lebih sering beroperasi di dalam kota, Anda cukup menggunakan kendaraan berjenis city car atau sedan. Namun, kalau perusahaan Anda sering melakukan survei ke daerah dengan medan yang berat, maka Anda bisa memilih mobil berjenis SUV.

  1. Menyesuaikan pemilihan mobil dengan citra perusahaan yang Anda bangun.

Apabila perusahaan Anda berfokus kepada pelayanan publik, maka Anda bisa memilih mobil berjenis MPV. Misalnya LSM yang butuh mobil operasional berjenis MPV untuk mendistribusikan bantuan.

  1. Memastikan performa kendaraan maksimal.

Performa kendaraan yang Anda pilih sebaiknya memiliki spesifikasi yang baik. Performa kendaraan yang maksimal tentu menunjang kebutuhan perusahaan.

  1. Memilih merek mobil tepercaya.

Untuk mendapatkan performa yang maksimal, sebaiknya Anda memilih mobil yang mereknya sudah dipercaya oleh masyarakat. Bukan berarti mobil dengan merek yang jarang digunakan memiliki spesifikasi yang buruk, tetapi mobil dengan merek ternama berarti sudah teruji oleh banyak orang.

Baca juga: Ini Rahasia Otoklix for Business Bikin Servis Mobil Operasional Jadi Lebih Hemat

Itu dia pembahasan tentang pengelolaan kendaraan kantor dan tips memilih kendaraan operasional perusahaan. Selain memilih kendaraan sesuai kebutuhan, Anda juga perlu memilih bengkel yang tepat untuk menjaga performa kendaraan kantor.

Otoklix for Business hadir dengan servis berkualitas untuk kendaraan operasional. Selain kualitas servis yang baik dan spare part asli, keunggulan dari Otoklix for Business bisa menghemat anggaran kantor.

Bagaimana cara Otoklix for Business menghemat anggaran kendaraan kantor? Pertama, servis rutin untuk mencegah kerusakan yang tidak perlu sehingga mengeluarkan biaya mendadak. Biaya servis di Otoklix bisa hemat 30% dibandingkan dengan bengkel resmi.

Kedua, Otoklix for Business juga memiliki SLA yang terorganisasi dengan baik dan responsif. Sehingga, masalah mobil cepat ditangani dan mencegah biaya yang tidak perlu ketika mobil operasional bermasalah.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Pengelolaan Kendaraan Kantor


Kendaraan operasional kantor adalah kendaraan yang dimiliki atau disewa oleh perusahaan, organisasi, maupun lembaga pemerintah yang bisa digunakan untuk kepentingan perusahaan maupun karyawan.


Kendaraan kantor berfungsi untuk menunjang kelancaran tugas, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kualitas hasil kerja, dan menunjang pelaksanaan program perusahaan.


Kendaraan dinas adalah aset tetap pemerintah yang termasuk dalam aset tetap peralatan dan mesin.