OtoFriends, waktu berkendara bisa jadi momen berbahaya. Bayangkan saja, bagaimana jadinya kalau kamu tidak lihat ada kendaraan lain di sekitar dan tiba-tiba belok atau pindah jalur? Nah, di situlah letak bahayanya blind spot. Agar tidak kejadian, yuk simak penjelasan lebih lanjut soal bahaya blind spot dan bagaimana caranya biar tetap aman di jalan! 

Apa itu Blind Spot 

OtoFriends, mungkin banyak dari kamu yang pernah dengar soal istilah blind spot. Namun, apa sih sebenarnya blind spot ini? 

Blind spot adalah bagian di sekitar kendaraan yang tidak terlihat dengan jelas oleh pengendara. Jadi, blind spot ini seperti area di sekitar kendaraan, terutama bagian belakang, yang tidak bisa kamu lihat dengan jelas dari kursi pengendara. Bisa jadi ada kendaraan atau objek di situ, tetapi kamu tidak bisa melihatnya sama sekali.  

OtoFriends, ternyata setiap kendaraan punya area blind spot yang berbeda-beda, lho! Misalnya motor. Meski area blind spot motor lebih kecil, terkadang ada beberapa bagian di sisi samping kiri, kanan dan belakang yang masih tidak kelihatan meski sudah menggunakan spion. 

Blind spot pada tiap kendaraan mungkin berbeda-beda. Namun, pada umumnya untuk mobil biasa terdapat pilar-pilar tertentu yang dapat menyembunyikan kendaraan di sekitarnya. Sedangkan pada mobil ukuran besar seperti truk atau bis, blind spot yang dimiliki bisa lebih luas, mulai dari area depan, samping kiri, samping kanan, dan belakang. 

Apa Penyebab Blind Spot 

Blind spot pada kendaraan bisa diakibatkan oleh beberapa faktor yang berbeda, OtoFriends. Misalnya, kaca spion yang terbatas ukurannya. Ini bisa membuat area pandangan pengendara jadi sempit. Pengendara pun jadi lebih susah melihat kendaraan atau objek di sekitarnya.  

Terkadang blind spot juga bisa disebabkan karena kurang perhatian soal situasi di sekitar kendaraan. Pengendara jadi tidak sadar ada kendaraan di area blind spot sehingga meningkatkan risiko tabrakan.  

Truk atau kendaraan besar bahkan punya blind spot yang lebih luas karena dimensi fisiknya yang besar. Ditambah lagi muatan yang tinggi di kabin juga bisa menutupi kaca belakang dan cuaca buruk seperti hujan deras atau kabut juga bisa membuat visibilitas jadi semakin terbatas. 

Bagaimana Cara Mengatasi Blind Spot 

 

Seringkali, blind spot ini bisa membuat jantung berdebar setiap kali berkendara di jalan besar. Namun, sebenarnya ada lho cara menghindari blind spot. Yuk, simak tips berikut! 

  1. Atur Spionnya Dahulu

Sebelum mulai tancap gas, pastikan spion kendaraan kamu sudah diatur dengan baik. Coba atur posisi spion biar bisa melihat semua angle di sekeliling kamu, OtoFriends. Jika perlu, kamu bisa coba memasang teknologi mobil semacam motion sensor yang dapat mendeteksi kendaraan di sekitar kamu. 

  1. Kasih Tanda ke Pengendara Lain

Pakai lampu sein atau klakson untuk kasih tanda ke pengendara lain. Jangan sembarangan belok atau ganti jalur, ya karena ini bisa membahayakan dirimu dan pengendara lain. Oleh karena itu, sebelum berbelok atau mengganti jalur, kamu perlu mengecek spion dan memberi tanda dengan lampu sein supaya orang lain akan lebih waspada pada manuver kamu. 

  1. Jaga Jarak dan Kecepatan

Selalu perhatikan jarak antara mobil kamu sama mobil lain, terutama kalau lagi di tol atau macet parah. Jarak yang cukup bisa bantu mengurangi risiko blind spot 

Ngomong-ngomong soal kecepatan, pastikan juga OtoFriends mengontrol kecepatan biar lebih stabil. Dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat, kamu bisa lebih fokus lihat sekeliling, termasuk area-area blind spot. 

  1. Jangan Terlalu Banyak Barang Bawaan

Sebelum bawa kendaraan, pastikan barang-barang yang kamu bawa tidak sampai ganggu pandangan dan spion. Jika membawa mobil, pastikan juga barang-barang yang kamu bawa tidak menutupi area pengelihatan karena pastinya ini bisa mengganggu pandangan kamu sebagai pengemudi. 

Ingat, yang pakai jalan itu orangnya macam-macam. Tidak semua pengendara itu jago bawa kendaraan dan punya refleks bagus. Jadi, pastikan kamu selalu hati-hati waktu berkendara. 

  1. Tetap Fokus dan Waspada

Selama di jalan, pastikan kamu fokus sama jalan dan sekitarnya, ya OtoFriends. Hindari gangguan seperti main handphone, mengetik atau menelepon, apalagi makan. Intinya, berkendara itu harus fokus. Utamakan keselamatanmu, ya! 

Dengan trik-trik simpel di atas, OtoFriends bisa mengurangi risiko kecelakaan karena blind spot. Satu lagi hal penting yang perlu kamu ingat, supaya kendaraan tetap nyaman dan aman dipakai berkendara, rutinlah mengecek keamanan kendaraan kamu secara menyeluruh di bengkel.  

Bersama Otoklix, pengalaman cek kendaraanmu bakal lebih mudah dan menyenangkan, nih, karena kamu bisa booking online dan menghindari antrian. Yuk, segera unduh aplikasinya! 

Pertanyaan Seputar Blind Spot 

  1. Apa yang dimaksud dengan blind spot?

Blind spot adalah area di sekitar kendaraan yang tak terlihat oleh pengemudi melalui kaca spion atau pandangan langsung. 

  1. Apa penyebab blind spot?

Blind spot bisa disebabkan karena beberapa faktor, termasuk keterbatasan kaca spion, muatan kendaraan yang menghalangi pandangan, desain kendaraan yang kurang optimal, dan kondisi cuaca ekstrem. 

  1. Bagaimana cara mengatasi blind spot?

Untuk mengatasi blind spot, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti atur spion kendaraan dengan baik, beri tanda saat akan berbelok, jaga jarak, hindari kelebihan muatan yang menghalangi pandangan, dan tetap waspada serta fokus saat berkendara. 

  1. Kenapa kita harus menghindari blind spot?

OtoFriends perlu menghindari blind spot karena ketika kita tidak waspada dengan area yang tidak terlihat ini, ada risiko tinggi terjadinya kecelakaan atau tabrakan dengan kendaraan lain yang berada di area blind spot. Mengetahui dan menghindari blind spot bisa membantu menjaga keselamatan saat berkendara.