Pada dasarnya, urgensi melakukan perawatan lampu detailing tergantung dari sudut pandang dan keperluan setiap pemilik mobil. Yang perlu kita ingat adalah melakukan perawatan car detailing tersebut lebih dari menjaga performa dan tampilan mobil saja, melainkan juga untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan selama berkendara.

Sebagai contoh bila mika lampu mobil telah menguning akibat jamur atau mika tersebut terkena goresan atau terkikis jadi terlihat lebih kusam daripada biasanya. 

Kondisi tersebut cukup berbahaya khususnya bila kita biasa membawa mobil di malam hari. Walaupun bohlam atau lampu LED baru diganti, akan tetapi bila mikanya kusam dan menguning maka jarak pandangnya akan semakin terbatas.

Artikel otomotif ini akan mengupas tuntas mengapa penting melakukan lampu detailing mobil dan bolehkah mika lampu mobil dipoles berkali-kali? Berikut ini jawabannya.

Baca juga: Memahami Auto Detailing Mobil: Proses Pengerjaan dan Biaya

Bukti Perawatan Lampu Detailing Cukup Penting Bagi Keselamatan

Prosedur perawatan mobil gak melulu berfokus pada mesin, fitur, dan komponen mobil. Akan tetapi, kita juga perlu memperhatikan kebersihan dan tampilan mobil lebih mendetail lagi.

Di sanalah peran bengkel detailing mobil diperlukan, untuk membantu membersihkan dan merawat mobil secara detail pada bagian interior mobil, eksterior hingga mesin mobil, termasuk menjamin kebersihan mika lampu mobil agar bebas kusam dan menguning. Berikut ini alasan mengapa penting melakukan lampu detailing pada mobil.

1. Meningkatkan Visibilitas dan Jarak Pandang

Bukti pentingnya melakukan detailing lampu yang paling utama adalah untuk meningkatkan visibilitas dan jarak pandang kita saat berkendara. 

Setelah melalui proses detailing, cahaya lampu mobil jadi lebih bersih, jernih dan terang sehingga kita lebih percaya diri saat berkendara.

Apalagi bila kita harus berkendara di malam hari atau berkendara di bawah hujan yang deras di mana jarak pandangnya akan berkurang. Dengan kondisi mika lampu mobil yang bersih maka membantu jarak pandang kita jadi lebih luas.

2. Menekan Risiko Kecelakaan

Saat lampu mobil dapat berfungsi dengan optimal, maka sebagai salah satu komponen keamanan pada mobil, peran lampu mobil jauh lebih efektif. 

Pengemudi dan penumpang akan merasa lebih aman selama berkendara karena pengemudi dapat melihat jalan dengan jelas.

Sejalan dengan itu, maka risiko kecelakaan semakin berkurang sehingga kita bisa terhindar dari potensi kecelakaan akibat lampu mobil kurang optimal.

3. Menghemat Biaya Perawatan

Alasan perlu melakukan lampu detailing mobil selanjutnya adalah kita dapat menghemat biaya perawatan. Saat mika atau kaca lampu mobil yang kusam dan menguning, kita cenderung memilih jalan pintas yakni tinggal ganti mikanya saja. Padahal harga mika lampu mobil saja saat ini sudah mahal.

Belum lagi bila mika atau kaca lampu mobil menguning dalam waktu lama tersebut dapat mempengaruhi lampu mobil di dalamnya sehingga kita perlu mengganti mika sekaligus lampu mobilnya juga. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengganti 2 komponen tersebut?

Lain halnya bila kita rutin melakukan detailing lampu mobil. Kita hanya perlu membayar jasa para teknisi yang membersihkan dan merawat mika lampu mobil. Dengan begitu, usia pemakaian mika dan lampu mobil bisa digunakan dalam jangka panjang.

4. Melindungi Tampilan Mobil Supaya Nilai Jualnya Meningkat

Cukup banyak para pembeli mobil bekas memperhatikan mobil yang akan dibeli dengan detail, termasuk performa lampu mobil. 

Apabila lampu mobil memiliki jarak pandang pendek karena mikanya yang menguning dan kusam, maka dapat mempengaruhi pertimbangan pembeli untuk membeli mobil bekas tersebut.

Walaupun mereka tetap jadi membeli mobil bekas kita, akan tetapi harga jualnya bisa saja menurun dari harga normal. 

Oleh karena itu, untuk menjaga tampilan mobil agar nilai jual kembalinya stagnan atau bahkan meningkat, OtoFriends perlu melakukan lampu detailing rutin.

5. Mempertahankan Pencahayaan Mobil Lebih Optimal

Alasan lain mengapa penting melakukan detailing pada lampu mobil adalah untuk mempertahankan pencahayaan mobil agar lebih optimal lagi dalam melindungi kita selama berkendara.

Gak kebayang saat berkendara di malam hari atau saat hujan deras di mana kemampuan jarak pandang yang terbatas. Kita harus ekstra berkendara karena mika lampu mobil juga kusam sehingga fungsi lampu mobil jadi kurang efisien.

Baca juga: Beli Lampu Rayton di GIIAS, Gratis Jasa Senilai Rp350 Ribu, Cuci Mobil, dan Diskon Detailing 50%

Bolehkah Mika Lampu Mobil Dipoles Berkali-Kali?

Para teknisi dan ahli otomotif menyarankan cara untuk merawat mika kaca mobil yakni dengan memolesnya di bengkel auto detailing. 

Walaupun metode perawatannya terlihat sama dengan salon cuci mobil, akan tetapi pada bengkel cuci mobil prosesnya hanya sekadar membersihkan mobil menggunakan sabun khusus dan air saja.

Mengingat mika yang menguning dan kusam tersebut diakibatkan oleh jamur yang teroksidasi, karenanya kurang efisien bila hanya membersihkannya menggunakan air dan sabun saja. Jamur akan tetap tumbuh di area tersebut.

Termasuk bila kita mencoba membersihkan lampu mobil menggunakan cairan polesan atau produk khusus. Dampak dari pemolesan yang dilakukan sendiri tersebut adalah pernis bawaan mobil jadi cepat menghilang.

Umumnya waktu yang tepat untuk melakukan lampu detailing saat mobil sudah berusia lebih dari 5 tahun.

Meskipun penting melakukan detailing pada lampu, akan tetapi gak disarankan kita melakukan poles atau lampu detailing terus-menerus dalam waktu dekat.

Umumnya setelah melalui proses detailing ini, kondisi mika lampu akan bersih untuk waktu yang cukup lama. Namun bukan berarti jamurnya gak kembali. 

Jika OtoFriends kembali menemukan mika yang berjamur, kusam dan menguning lagi setelah melakukan detailing maka segera ganti mika kaca mobil tersebut.

Jika melakukan detailing kembali maka hanya akan memperparah kondisi mika mobil. Sebab proses detailing sendiri dapat membuat mika lampu mobil menipis guna menghilangkan baret halus dan jamurnya. 

Saat melakukan detailing lagi maka lapisan tersebut akan semakin tipis dan fungsi akan menurun. Dampaknya lampu mobil jadi mudah rusak.

Baca juga: Estimasi Harga Detailing Interior Mobil, Wangi dan Bersih!

Rekomendasi Bengkel Detailing

Apabila proses merawat lampu mobil dengan metode detailing tersebut sulit kita lakukan di rumah, maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel detailing teperaya yang berpengalaman.

Berpengalaman yang dimaksud bukan hanya tim mekanik yang sering melakukan detailing saja melainkan kelengkapan peralatan bengkel yang mumpuni sehingga proses auto detailing jadi lebih efisien.

Salah satu bengkel yang direkomendasikan untuk melakukan perawatan detailing mobil tersebut adalah Bengkel Otoklix terdekat. Otoklix menjamin keprofesionalan tim mekaniknya dan kelengkapan peralatan bengkel hingga keaslian spare part setara OEM.

Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Selain melakukan detailing mobil, OtoFriends juga bisa memeriksa komponen mobil lainnya seperti kondisi kesehatan aki mobil, sistem pengereman mobil, kondisi AC mobil, melakukan servis tune up hingga memeriksa tekanan angin ban mobil.

Pertanyaan Seputar Lampu Detailing


Peran bengkel detailing mobil diperlukan untuk membantu membersihkan dan merawat mobil secara detail pada bagian interior mobil, eksterior hingga mesin mobil, termasuk menjamin kebersihan mika lampu mobil agar bebas kusam dan menguning.


Proses perawatan lampu detailing pada mobil cukup penting dilakukan untuk meningkatkan visibilitas dan jarak pandang kita saat berkendara, menekan risiko kecelakaan, menghemat biaya perawatan, mempertahankan tampilan mobil agar nilai jualnya meningkat dan mempertahankan pencahayaan mobil agar lebih optimal.


Disarankan untuk melakukan lampu detailing atau memoles mika lampu mobil sekali untuk menjaga ketahanan mika itu sendiri agar gak semakin tips. Saat mika atau kaca lampu mobil menipis maka dapat merusak lampu mobil.