Untuk mobil dengan kapasitas mesin yang cukup besar, yaitu 1.500 cc, ternyata konsumsi BBM Grand Livina tergolong cukup irit. Selain itu, tampilan eksterior dan interiornya juga menarik. Apalagi mobil ini juga bisa mengangkut banyak penumpang dengan kapasitas 7-seat.

Ada hasil pengetesan yang menunjukkan bahwa konsumsi BBM Grand Livina bisa tembus 30 km/liter. Bagaimana cara mendapat angka yang fantastis ini? Simak selengkapnya informasi tentang konsumsi BBM Grand Livina 

Konsumsi BBM Grand Livina Nissan

Grand Livina dibekali dengan mesin yang bisa menghasilkan tenaga hingga 102 hp pada putaran 6000 rpm. Sudah banyak pengguna yang membuktikan konsumsi BBM Grand Livina yang irit. Oleh sebab itu, mobil ini cukup digemari.

Hasil pengujian efisiensi BBM Grand Livina menunjukkan angka sekitar 11,5 km/liter hingga 12,3 km/liter saat melaju dengan kecepatan rata-rata 21 km/jam. Rute yang diambil adalah kombinasi jalanan macet, rute tol, dan lainnya.

Kemudian, pengetesan kedua dilakukan dengan rute di luar jalanan kota atau menggunakan jalanan bebas hambatan. Hasil pengujiannya menunjukkan konsumsi BBM Grand Livina mencapai 16 km/liter.

Grand Livina juga punya teknologi yaitu Eco Driving, yakni melaju dengan kecepatan 70-80 km/jam dan menunjukkan hasil konsumsi BBM 20-21 km/liter.

Baca juga: Biaya Service Mobil Nissan Grand Livina dan Ganti Komponen

Bisa Tembus 30 Km/Liter?

Lantas, apa benar konsumsi BBM Grand Livina bisa menembus 30 km/liter?

PT Nissan Motor Indonesia mengadakan perlombaan “Tantangan 7 liter Livina”. Hasil konsumsi terbaik mencapai 30,3 km/liter. Hasil ini tentu sangat sulit didapat, baik rute dalam maupun luar kota. Namun, ternyata hasil ini bisa dicapai dengan melakukan perlakuan tertentu.

Semua peserta memakai mobil Grand Livina 1.498 cc XTRONIC CVT dengan transmisi otomatis dan diisi bensin 92 oktan. Perjalanan ditempuh sejauh 140 km dari Cimahi menuju Jakarta Timur dan melewati jalur Tol Cipularan-Cikampek-Exit Halim.

Hasilnya, mobil yang tidak menyalakan AC ketika berkendara mencapai hasil 30,3 km/liter, 25,8 km/liter, dan 25,4 km/liter. Sehingga, rata-rata konsumsi BBM Grand Livina non AC dengan rute luar kota adalah 27,1 km/liter.

Sedangkan dalam kondisi AC menyala, konsumsi bahan bakarnya mencapai 23 km/liter. Semua hasil ini adalah angka yang tercantum dalam MID.

Sejumlah faktor menjadi penyebab konsumsi bahan bakar Grand Livina yang irit. Pertama, perjalanan Bandung ke Jakarta banyak menemukan jalan menurun. Hal ini menguntungkan bagi mobil dengan transmisi CVT seperti Grand Livina. Hanya dengan menekan pedal gas sedikit, mobil bisa melaju cepat.

Kemudian, karakteristik pengemudi dalam mengendalikan mobil atau gaya berkendara juga berpengaruh terhadap kehematan bahan bakar mobil. Kemudian, hasil ini juga dipengaruhi oleh berapa lama pengetesan dan mesin menyala. 

Bobot mobil plus penumpang dan barang atau beban mobil juga memengaruhi konsumsi bahan bakar. Terakhir, penggunaan AC atau tidak juga bakal memberikan hasil yang berbeda. Jadi, tidak heran kalau konsumsi BBM Grand Livina dengan kondisi AC dinyalakan dan mati akan berbeda.

Baca juga: Intip Kisaran Biaya Ganti Oli Nissan Grand Livina

Mesin Lebih Garang, BBM Makin Irit

Konsumsi BBM yang irit ini tidak lepas dari mesin yang disematkan pada Grand Livina. Mesin HR15DE 1.500 cc dengan Dual Injector dan Twin VTC (Intake dan Exhaust) dibenamkan pada mobil ini. Perpaduan mesin tersebut menghasilkan penggunaan bahan bakar yang efisien.

Kemudian, teknologi inovatif XTRONIC CVT generasi terbaru juga turut berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Selain itu, akslerasinya juga terasa lebih halus dan nyaman sehingga tidak terasa entakan saat pindah gigi.

Namun, meskipun akselerasi dari 0-100 km/jam mobil ini bisa mendapat angka 11,7 detik, tetapi tetap lebih pelan dibandingkan dengan Honda Jazz GE8 atau bahkan Toyota Yaris bakpao. Meskipun begitu, akselerasi pertengahan saat 60-80 km/jam bisa didapat dalam 3,0 detik.

Fitur Grand Livina

Selanjutnya, kita bakal bahas sedikit tentang fitur Grand Livina. MPV dengan kabin yang cukup lapang ini bisa memenuhi kebutuhan akomodasi keluarga maupun barang bawaan. Dari segi aerodinamis juga Nissan Grand Livina cukup stabil seperti mobil sedan. Sehingga, kenyamanan pun terjamin.

Grand Livina sudah dibekali dengan pengaman Dual SRS Airbag pada sisi pengemudi dan penumpang. Airbag ini akan mengembang otomatis apabila ada benturan keras dari arah depan. Kemudian, ada juga kamera belakang yang bikin pengendara bisa melihat langsung apa yang ada di belakang kendaraan saat parkir.

Di sisi lain, fasilitas entertainment-nya juga memadai. Sudah tersemat 1DIN Wide DVD, DVD Player, USB, Aux-in, AM/FM/ Remote Control, Video Output, hingga Video System (10” Roof Mounted Monitor).

Baca juga: Biaya Service AC Mobil Grand Livina dan Tips Mengeceknya

Itu dia pembahasan tentang konsumsi BBM Grand Livina. Hasil-hasil tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Namun, bisa dikatakan bahwa MPV ini tergolong cukup irit. Apalagi bodinya yang tidak terlalu bongsor yang membuat mobil ini cocok menyalip jalanan perkotaan yang macet.

Agar konsumsi BBM mobil tetap terjaga optimal dan efisien, maka perlu dilakukan servis berkala. Kondisi mesin yang bagus akan meringankan kinerja mesin, sehingga konsumsi bahan bakarnya juga jadi lebih irit.

Servis mobil di bengkel Otoklix dan dapatkan banyak keuntungannya. Servisnya lengkap, berkualitas, harga hemat hingga 30% dan transparan, serta bengkelnya tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek.

Nikmati servis tanpa antri dengan booking melalui aplikasi.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Grand Livina


Grand Livina tergolong mobil MPV dengan konsumsi BBM yang irit. Salah satu buktinya adalah pada ajang yang diselenggarakan oleh Nissan untuk menguji efisiensi BBM Grand Livina, hasil terbaiknya adalah 30,3 km/liter. Namun, hasil itu dalam kondisi non AC. Sedangkan kondisi normal, konsumsi BBM Grand Livina tercatat 11,5 km/liter untuk rute dalam kota dan 16 km/liter untuk rute luar kota.


Grand Livina cocok dipakai pada Grand Livina generasi pertama. Namun, menggunakan Pertamax atau bahan bakar dengan nilai oktan 92 ke atas mampu meningkatkan tenaga mesin dan menjaga performa kendaraan.


Livina adalah mobil hatchback 5-seater, sedangkan Grand Livina adalah versi panjangnya dengan jenis MPV dan mampu menampung 7 penumpang. Di China versi 5-seater disebut Livina Urban dan versi 7-seater disebut Livina Geniss.