Sebagai seorang pengusaha pemula mungkin Anda penasaran, gaji karyawan termasuk ke dalam biaya apa saja, ya? Hal ini penting diketahui untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan. 

Beberapa perusahaan ada yang memasukkan gaji karyawan ke biaya produksi, operasional, biaya tetap, hingga variable cost

Untuk memudahkan dalam penyusunan, berikut ini informasi lebih lanjut terkait gaji karyawan termasuk ke dalam biaya apa saja pada perusahaan. 

Banner

Gaji Karyawan Termasuk ke Dalam Biaya Apa Saja?

Mengutip dari laman Glints, gaji karyawan biasanya masuk ke dalam biaya tetap atau biaya operasional. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Biaya gaji karyawan akan dianggap sebagai bagian dari biaya operasional apabila terkait langsung dengan kegiatan operasional sehari-hari perusahaan. 

Ini berarti biaya gaji yang dikeluarkan untuk karyawan yang terlibat dalam produksi barang atau penyediaan jasa yang menjadi inti bisnis perusahaan akan dicatat sebagai bagian dari biaya operasional. 

Misalnya, gaji karyawan pabrik, tenaga penjualan, atau staf administrasi yang terlibat dalam operasional utama perusahaan.

Sebaliknya, biaya gaji karyawan akan dianggap sebagai bagian dari biaya tetap jika tidak berubah tergantung pada tingkat produksi atau volume penjualan perusahaan. 

Ini berarti gaji karyawan yang dibayar secara rutin, seperti gaji manajemen atau gaji karyawan yang tidak langsung terlibat dalam proses produksi atau penawaran jasa utama, akan dicatat sebagai bagian dari biaya tetap atau biaya overhead. 

Biaya tetap tidak berfluktuasi dengan aktivitas operasional, sehingga tidak dipengaruhi oleh perubahan dalam tingkat produksi atau penjualan.

Penanganan yang tepat dalam mengkategorikan gaji karyawan sebagai biaya tetap atau biaya operasional sangat penting karena informasi ini dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dan membantu menilai kesehatan keuangan perusahaan. 

Dengan memahami dan mengelompokkan biaya dengan benar, manajemen dapat melakukan analisis lebih baik terhadap laba dan rugi perusahaan, serta mengidentifikasi area di mana penghematan atau perbaikan efisiensi dapat dilakukan.

Jenis Gaji Karyawan yang Sudah Termasuk Biaya

Berikut ini penjelasan lebih detail terkait dengan biaya tetap dan juga biaya operasional pada gaji karyawan. 

1. Jenis Gaji Karyawan yang Termasuk Biaya Operasional

Gaji karyawan dikategorikan sebagai biaya operasional apabila mereka terlibat langsung dalam proses produksi atau penyediaan layanan oleh perusahaan Anda.

Contohnya adalah karyawan yang bekerja di lini produksi, penjualan, atau pemasaran. Biaya gaji karyawan dalam kategori ini dapat berfluktuasi sesuai dengan tingkat aktivitas perusahaan. 

Hal ini memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengontrol dan mengelola biaya operasional dengan lebih efektif.

2. Jenis Gaji Karyawan yang Termasuk Biaya Tetap

Sedangkan, biaya tetap merupakan jenis biaya yang tidak dipengaruhi oleh peningkatan atau penurunan produksi. 

Biaya ini sangat terkait dengan konsep relevant range atau rentang aktivitas yang diharapkan perusahaan untuk beroperasi di dalamnya. 

Konsep relevant range ini sangat penting karena biaya tetap dapat berubah di luar rentang aktivitas yang relevan tersebut.

Contoh biaya yang termasuk dalam kategori biaya tetap meliputi:

  • Gaji Karyawan
  • Asuransi
  • Biaya Sewa
  • Beban Legal
  • Tagihan Utilitas
  • Pajak Properti
  • Biaya Promosi
  • Amortisasi
  • Beban Bunga
  • Depresiasi (Biaya Penyusutan)

Komponen Gaji Karyawan

Setelah memutuskan memasukkan gaji karyawan ke dalam biaya apa, kini saatnya Anda mengetahui komponen-komponen pada gaji karyawan.

Komponen gaji karyawan ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor SE/07/MEN/1990 tahun 1990.

Berdasarkan surat edaran tersebut, ada komponen utama dalam gaji karyawan seperti gaji pokok, tunjangan tetap dan tidak tetap, potongan dan upah lembur. Berikut ini rincian dan penjelasannya. 

KomponenPenjelasan
Gaji pokokGaji pokok merupakan gaji minimum yang diberikan perusahaan pada karyawan. Hal ini biasanya disesuaikan dengan daerah atau jabatan pekerjaan.
Tunjangan tetapTunjangan tetap di sini adalah tambahan yang diberikan perusahaan berupa gaji dan fasilitas. Contohnya seperti, tunjangan jabatan, kesehatan, transportasi, hingga alat-alat seperti handphone, mobil dinas, dan lain sebagainya.
Tunjangan tidak tetapTunjangan ini bersifat tidak tetap dan berubah-ubah. Contohnya seperti tunjangan untuk makan, liburan, dan lain sebagainya.
PotonganSaat menggaji karyawan, biasanya juga ada potongan seperti potongan pajak, BPJS Kesehatan, hingga potongan untuk iuran.
Upah lemburUpah lembur adalah tambahan gaji untuk pekerjaan yang dilakukan di luar jam kerja. Upah lembur biasanya dihitung per jam atau per hari, tergantung kebijakan perusahaan.

Nah, itu dia informasi terkait gaji karyawan termasuk biaya apa yang perlu Anda pahami dan perhatikan, ya.

Agar kinerja karyawan semakin bagus, Anda bisa memberikan mobil dinas sebagai tunjangan tetap. Adanya mobil dinas ini tentunya akan memudahkan karyawan dalam bertemu dengan klien, mengurus pekerjaan di cabang luar kota, dan proyek perusahaan lainnya. 

Jangan lupa untuk merawat mobil dinas di bengkel terpercaya. Kini, Otoklix menyediakan layanan khusus Otoklix for Business, di mana layanan ini bisa membantu merawat dan memperbaiki mobil perusahaan agar performanya terjaga dan awet.

Keunggulan dari layanan Otoklix for Business adalah sudah menggunakan suku cadang asli/genuine atau OEM, menerima layanan home service, emergency handling, layanan antar jemput gratis, hingga promo khusus untuk karyawan. 

Bengkel Otoklix juga sudah tersedia di seluruh wilayah Indonesia, sehingga bisa menjangkau banyak perusahaan. 

Menggunakan layanan Otoklix for Business, perusahaan Anda akan hemat hingga 30% dibanding dengan bengkel resmi. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi WhatsApp OtoBuddy di nomor 0811-920-025.

Pertanyaan seputar Gaji Karyawan Termasuk ke Dalam Biaya

Biaya gaji karyawan akan dianggap sebagai bagian dari biaya tetap jika tidak berubah tergantung pada tingkat produksi atau volume penjualan perusahaan. Ini berarti gaji karyawan yang dibayar secara rutin.

Gaji karyawan dikategorikan sebagai biaya operasional apabila mereka terlibat langsung dalam proses produksi atau penyediaan layanan oleh perusahaan Anda.

Komponen utama dalam gaji karyawan seperti gaji pokok, tunjangan tetap dan tidak tetap, potongan dan upah lembur.