Sewaktu akan mengajukan asuransi kecelakaan, kita akan diminta untuk menyerahkan beberapa dokumen penting, sebagai contoh surat kronologis kejadian kecelakaan mobil. Apabila kita tidak mengetahui contoh surat kronologis untuk klaim asuransi tersebut, makan proses pencairan manfaat akan terhambat.

Selain untuk mengajukan klaim asuransi, surat kronologis kejadian kecelakaan mobil tersebut berguna untuk mengetahui secara urut berdasarkan waktu kejadian mengenai kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Beberapa pekerjaan mengharuskan kita menyerahkan contoh surat kronologis kesalahan kerja atau contoh kronologi kejadian singkat saat terjadi kecelakaan kerja. Berikut ini uraian lengkap tentang manfaat surat kronologis dan contoh surat kronologis kejadian kecelakaan mobil.

Baca juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Formatnya

Kenali surat kronologis kejadian kecelakaan mobil

Surat kronologis kecelakaan mobil merupakan dokumen penting yang berisikan informasi detail tentang kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh korban atau pemilik mobil yang bersangkutan.

Adapun untuk kepentingan hukum, istilah yang digunakan adalah Berita Acara Kejadian Kecelakaan Kendaraan (BAKK) yang berisikan informasi detail tentang kronologi kecelakaan, kerusakaan kendaraan yang terlibat, dan informasi tentang korban bila ada. BAKK sendiri bisa dibuat langsung di tempat kejadian atau di kantor polisi.

Umumnya, surat kronologi kejadian kecelakaan ini berisi informasi akurat seperti identitas, waktu kejadian, lokasi dan uraian lengkap tentang kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Baca juga: Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil yang Sah, Jangan Keliru!

Fungsi surat kronologis kejadian kecelakaan mobil

Adapun fungsi surat kronologis kejadian kecelakaan sendiri sebagai dokumen penting yang kita butuhkan untuk dilaporkan kepada perusahaan saat tertimpa kecelakaan mobil.

Selain itu, surat kronologis ini juga berfungsi sebagai dokumen penting untuk mengajukan klaim asuransi, klaim BPJS Kesehatan, dan surat keterangan penyebab kematian seseorang bila diperlukan.

Melalui surat kronologis kecelakaan yang memiliki kekuatan hukum ini, tidak ada oknum yang dapat merekayasa atau memodifikasi kronologi suatu kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Mulai Berlaku 2023, Ini Keunggulan BPKB Elektronik

Contoh surat kronologis kejadian kecelakaan mobil

Berikut ini 6 contoh surat kronologis kejadian kecelakaan mobil berdasarkan kepentingannya.

Contoh surat kronologis kejadian

Contoh surat kronologis kematian

Contoh surat kronologis kecelakaan untuk Klaim BPJS

Contoh surat kronologis kecelakaan lalu lintas untuk klaim asuransi

Contoh surat kronologis kecelakaan mobil untuk klaim asuransi

Contoh surat kronologis kematian untuk klaim asuransi

Itulah contoh kronologis kecelakaan lalu lintas lengkap dengan dokumen penting lainnya yang akan kita butuhkan saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas, sebaiknya OtoFriends perlu memeriksakan kondisi mobil terkini di bengkel mobil terpercaya

Apalagi bila harus melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik lintas kota dan daerah. Kita wajib mengetahui apakah ban mobil dalam keadaan baik atau mobil sudah diganti olinya.

Dengan begitu, keselamatan kita dan penumpang akan terjamin selamat sampai tujuan.

Pertanyaan Seputar Contoh Surat Kronologis Kejadian Kecelakaan Mobil

Surat kronologis kecelakaan mobil merupakan dokumen penting yang berisikan informasi detail tentang kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh korban atau pemilik mobil yang bersangkutan.

Surat kronologi kecelakaan dapat dibuat di tempat kejadian oleh korban atau keluarga korban atau dibuat langsung di kantor polisi.

Fungsi surat kronologis kecelakaan mobil diperlukan saat mengajukan klaim asuransi, klaim BPJS Kesehatan, surat keterangan yang ditujukan kepada perusahaan, dan sebagai surat berkekuatan hukum di kepolisian.