Menggunakan mobil sebagai moda transportasi di tengah pandemi tentu menjadi suatu kenyamanan bagi kita. Namun, hal tersebut dapat menjadi bumerang bagi kita. Jangan lupa untuk checklist kebersihan mobil agar kendaraan makin nyaman dikendarai.

Selain nyaman, mobil yang bersih juga dijauhi dari berbagai macam penyakit, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Hanya saja, banyak pemilik kendaraan yang tidak memperhatikan kebersihan mobil. Maka itu, mulai saat ini selalu perhatikan kondisi kebersihan mobil.

Menjaga Kebersihan Mobil

Ada banyak cara supaya mobil selalu aman dan nyaman saat dikendarai. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa OtoFriends lakukan untuk menjaga kebersihan dalam mobil ketika bepergian.

1. Bersihkan Body Mobil

OtoFriends dapat menjaga kebersihan mobil mulai dari hal terluar. Salah satunya dengan mencuci body mobil secara rutin. Mobil yang terlihat bersih akan memberi kenyamanan bagi penumpangnya. Maka itu rajin lah untuk mencuci body mobil saat terlihat sudah kotor.

Mencuci mobil bisa dilakukan sendiri di rumah atau bisa dibawa ke tempat pencucian mobil terdekat dari rumah.

2. Bersihkan Dashboard Mobil

Dashboard mobil menjadi bagian yang sering diperhatikan ketika berada di dalam mobil. Kita sering menaruh berbagai barang di atas dashboard mobil. Salah satunya minuman dan makanan saat berkendara ketika berpergian. Selain itu, dashboard sering terpapar sinar matahari karena posisinya yang ada di depan.

Hal itu membuat dashboard perlu dirawat oleh pemilik mobil agar tetap bersih dan terhindar dari kuman-kuman yang ada.

3. Sediakan Tempat Sampah

OtoFriend bisa menambah tempat pembuangan sampah di dalam mobil. Hal itu untuk membuat para penumpang membuat sampah pada tempatnya.

Dengan begitu tidak akan ada sampah-sampah yang tercecer seperti tisu dan bekas makan di dalam mobil kalian. Jika hal tersebut sudah dilakukan maka otomatis mobil kalian akan selalu dalam keadaan bersih.

Selain itu, dengan adanya tempat sampah dalam bisa mengajarkan anak untuk selalu memperhatikan dan checklist kebersihan mobil.

4. Ganti Saringan AC Secara Berkala

Mengganti saringan AC Secara berkala dapat membuat udara di dalam mobil menjadi lebih segar. Sebab, saringan AC bukan hanya menjaga AC tidak rusak. Akan tetapi, AC juga berfungsi untuk menyaring udara di dalam kabin. Oleh sebab itu, kondisi saringan AC harus dalam keadaan yang baik.

Jika saringan AC sudah rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik, maka kualitas udara di dalam kabin juga tidak baik dan dapat menimbulkan penyakit.

5. Fogging Interior Mobil 

Untuk membersihkan dan menghilangkan virus Covid-19 atau virus-virus lainnya, OtoFriends bisa melakukan fogging bagian dalam mobil secara berkala. Melakukan fogging menggunakan cairan desinfektan yang efektif membunuh virus, kuman, bakteri, dan mencegah timbulnya jamur. Sehingga mobil dapat terus steril dari kuman.

Fogging dilakukan menggunakan alat yang akan mengasapi seluruh interior. Jangan lupa untuk melakukan fogging sambil menyalakan AC mobil agar sirkulasi udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih.

6. Rajin Vakum Karpet 

Apabila Anda sering melakukan perjalanan dengan si kecil, sebaiknya rajin-rajin melakukan vakum agar interior mobil kesayangan kalian selalu dalam keadaan bersih. Terkadang kita tak menyadari ada kotoran yang tertinggal di karpet mobil. Dengan vakum kotoran tersebut bisa lebih mudah dibersihkan.

7. Sediakan Alat Kebersihan di Dalam Mobil

Selain menjaga kebersihan di dalam dan luar mobil, kalian juga bisa menambah alat-alat kebersihan di dalam mobil. Oleh sebab itu, untuk menjaganya tetap bersih kamu juga harus menyiapkan alat kebersihan di dalam mobil. Beberapa diantaranya adalah tempat sampah, sapu kecil, lap bersih, hand sanitizer dan juga lap basah.

Jika OtoFriend tidak bisa mempunyai waktu untuk menjaga kebersihan mobil kalian, maka dapat mencuci mobil di tempat cuci mobil rekanan OtoKlix.