Menjaga kondisi aki kendaraan dalam keadaan baik sangatlah penting. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan cek aki mobil secara rutin. Aki mobil memiliki peran yang sangat vital karena berfungsi sebagai penyimpan dan penyedia energi listrik yang diperlukan untuk menghidupkan serta mengoperasikan mesin.

Lantas, bagaimana langkah-langkah melakukan cek aki mobil sendiri? Simak uraian selengkapnya berikut ini!

Jenis Aki Mobil

Ada dua jenis aki yang dikenal masyarakat umum, yaitu aki kering dan aki basah. Meskipun sama-sama menggunakan elektroda, sebenarnya ada lagi jenis aki lain yang perlu juga OtoFriends ketahui. Di antaranya:

  • Aki Kering

Maintenance Free (MF) atau aki kering adalah jenis aki yang mengandung cairan elektrolit dan timah kalsium. Keistimewaannya yaitu mengurangi risiko penguapan cairan elektrolit sehingga memudahkan dalam perawatannya.

  • Aki Basah

Aki basah adalah jenis aki yang mengandung cairan elektrolit berupa asam sulfat. Selain itu, aki basah juga mengandung timah antimony yang berfungsi sebagai penguat timbal. Namun, aki basah rentan terhadap penguapan cairan elektrolit sehingga harus secara rutin melakukan cek aki mobil.

  • Aki Hybrid

Aki hybrid adalah hasil gabungan antara aki kalium, basah, dan kering. Aki ini memiliki tingkat penguapan yang rendah dan memerlukan sedikit perawatan. Namun, cairan elektrolit dalam aki hybrid bisa menyebabkan korosi pada kendaraan sekaligus berisiko berbahaya bagi manusia.

Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak

Melakukan cek aki mobil harus dilakukan oleh teknisi otomotif. Namun jika sedang berada dalam keadaan darurat, OtoFriends bisa melakukan pemeriksaan mandiri tanpa membongkar mobil. Bagaimana caranya?

  • Coba Hidupkan Mobil

Kondisi aki yang lemah umumnya akan menjadi berat ketika mengangkat putaran sehingga mobil susah menyala saat di-starter. Itu tandanya, OtoFriends harus melakukan cek aki mobil ulang di bengkel dan langsung menggantinya dengan yang baru.

  • Bunyikan Klakson

Cara selanjutnya yaitu dengan membunyikan klakson. Jika suara klakson masih terdengar nyaring dan normal, itu tandanya tegangan aki masih dalam kondisi baik. Namun, jika klakson terdengar samar, artinya aki sudah lemah sehingga perlu diganti.

  • Melalui Lampu Indikator

Cara yang terakhir yaitu dengan memeriksa lampu indikator yang berada di badan aki. Jika kaca indikator berwarna biru, itu menandakan kondisinya baik dan masih dapat berfungsi normal. Sebaliknya jika warnanya putih berarti ada penurunan tegangan dan merah menandakan kerusakan pada sel sehingga harus segera diganti dengan yang baru.

Tanda Aki Mobil Lemah

Tanda Aki Mobil Lemah

Berikut tanda-tanda aki mobil sudah lemah:

  • Mobil Sering Mati Mendadak

Aki mobil yang lemah atau rusak tidak dapat menyediakan daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan sistem listrik mobil secara efektif. Akibatnya, sistem-sistem listrik seperti pengapian, bahan bakar, dan injeksi tidak mendapatkan pasokan daya yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

  • Bunyi Klakson yang Lemah

Ketika aki mobil kekurangan daya, kapasitasnya menjadi terbatas untuk memberikan tenaga listrik yang dibutuhkan oleh berbagai komponen mobil, termasuk klakson. Akibatnya kinerja klakson menurun atau menghasilkan suara yang lemah. Jika sudah mengalami hal ini, OtoFriends harus segera melakukan cek aki mobil ke bengkel dan menggantinya dengan yang baru.

  • Penurunan Kinerja Lampu

Jika OtoFriends merasa lampu mobil sudah redup dan tidak berfungsi dengan baik. sebaiknya segera lakukan cek aki mobil. Jangan lupa juga periksa kabel-kabel yang terhubung ke lampu.

Cara Merawat Aki Mobil

Saat aki mobil mengalami soak, tentu kenyamanan berkendara akan terganggu dan bisa membahayakan diri. Makanya OtoFriends perlu merawat aki dengan cara berikut:

  • Panaskan Mobil Secara Berkala

Meskipun mobil tidak akan digunakan, hidupkan mesin mobil setiap hari minimal 5-10 menit adalah langkah penting. Mobil yang jarang dipanaskan dapat berdampak pada kondisi aki dan menyebabkannya menjadi lemah.

  • Bersihkan Secara Berkala

Selain melakukan cek aki mobil, OtoFriends juga harus membersikan aki secara berkala terutama pada bagian terminalnya yang sering tertutup debu. Kotoran yang menempel pada bagian terminal aki akan menyebabkan hantaran listrik ke komponen mobil lain menjadi terhambat.

  • Perhatikan Beban Penggunaan Aki

Cek aki mobil harus dilakukan secara rutin agar kondisi aki bisa diketahui secepatnya. Pemeriksaan beban aki ini bisa OtoFriends lakukan di bengkel Otoklix bersama teknisi otomotif profesional dan berpengalaman.

Dengan melakukan cek aki mobil secara rutin, OtoFriends bisa memastikan kondisinya dalam keadaan optimal sekaligus mencegah kejadian yang tidak diinginkan ketika sedang berkendara. Jadi, jangan tunggu aki soak dan mesin mogok, yuk cek aki secara berkala di bengkel Otoklix!

Pertanyaan Aki Mobil

Bagaimana cara mengecek aki mobil?

Hidupkan mobil, bunyikan klakson, dan lihat lampu indikator pada aki.

Apa tanda aki mobil soak?

Mesin yang tidak mau menyala, suara klakson terdengar samar, headlamp meredup, dan sistem listrik tidak stabil.

Apa tanda tanda aki mobil lemah?

Penurunan kinerja lampu, mobil sering mati mendadak, dan suara audio mobil yang tidak enak didengar.

Langkah-langkah memeriksa aki mobil?

Periksa kondisi fisik aki, periksa level cairan elektroli\t dan uji tegangan aki.

 

References:

https://tirto.id/mengenal-jenis-jenis-aki-pada-mobil-berdasarkan-tipenya-gLqw

https://lifepal.co.id/media/cara-mengecek-aki-mobil/

https://otospector.co.id/blog/5-tanda-aki-mobil-mulai-lemah