Terdapat beragam harga ban tubeless mobil yang ada di pasaran. Tentu hal tersebut membuat para pecinta otomotif memiliki pilihan untuk dibeli.

Hal itu karena kebutuhan ban tubeless bagi para pengendara mobil cukup besar. Sebab, dengan menggunakan ban tanpa ban dalam ini cukup membuat nyaman.

Bagaimana tidak, jika OtoFriends menggunakan ban tubeless kalian bisa terhindar rasa was-was akan kebocoran saat berkendara pada malam hari. Namun, bukan berarti ban ini tidak bisa bocor sama sekali.

Di sisi lain, dalam pemilihan ban tidak boleh asal-asalan. Sebab untuk menunjang keamanan dan kenyamanan OtoFriends semua.

Berikut tips memilih ban tubeless pada mobil kalian.

Kenali Jenis Ban yang tepat 

Saat akan memilih ban kalian harus mengenal jenis ban yang tepat untuk digunakan. Sebab, Ban tubeless yang memiliki cairan anti bocor saat roda pertama kali disematkan. Kelebihannya lebih tahan udara, tidak mudah kempes sekalipun tidak memakai ban dalam. 

Baca Juga: Daftar Harga Ban Mobil Ring 13 Merk Gajah Tunggal (GT Radial)

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selanjutnya OtoFriends juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mobil kalian. Untuk mengetahuinya, ada simbol ban mobil yang bisa dijadikan acuan. Informasi seputar tipe ini tercantum dalam buku petunjuk penggunaan. 

Umumnya, masing-masing tipe ban terdiri dari kombinasi kode yang menunjukan penggunaannya. Misalnya kode ban mobil P215/55R17 93V yang mana P berarti Passenger. Kode P pada ban ini dibuat untuk mengangkut orang atau penumpang. 

Lalu ada juga kode ‘R’ untuk ban berjenis radial, kode LT yang artinya Light Truck untuk membawa barang muatan, ;ST’ yang artinya Spesial Trailer, dan juga kode ‘T’ alias Temporary yang menunjukan ban cadangan. 

Perhatikan Ukuran Ban

Ukuran ban yang akan digunakan juga wajib menjadi perhatian. Hal itu karena semakin besar ban maka keseimbangannya pun lebih terjaga. Sementara itu huruf R adalah kriteria ban radial, lalu angka 17 menyatakan diameter pelek dalam satuan inci. 

Cek Desain dan Motif Alur Ban

Pola desain alur ini penting karena dapat memperbesar gesekan ban dengan jalan. Apabila gesekannya kecil, resiko terpeleset atau tergelincir di jalan pun besar. 

Misal, jika kalian sering melewati jalan yang licin dengan curah hujan tinggi, maka memilih pola desain V karena memiliki gaya gesekan tinggi sehingga mengurangi risiko tergelincir di jalan licin. Berbeda kalau medan yang kalian tempuh cenderung bergelombang maka pola desain alur tapak bulat merupakan pilihan yang tepat. 

Perhatikan Rekomendasi Ban dari Pabrikan

Ban bawaan pabrik dapat dijadikan patokan saat akan membeli ban. Terutama ukuran tekanan angin ban yang mana jika direkomendasikan pabrikan sudah diperhitungkan untuk aspek keselamatan, performa ban dan lain-lainnya jadi lebih aman. 

Sebab, ban bawaan dari pabrik sudah didesain untuk untuk mobil kalian semua. Sehingga kalian bisa merasa nyaman dengan ban baru mobil kalian.

Pilih Merk yang Berkualitas Baik

Tips yang terakhir saat akan membeli mobil adalah dengan memilih merk mobil yang cukup terpandang atau berkualitas. Saat ini ada berbagai merk mobil berkualitas yang ada di pasaran mulai dari harga terjangkau sampai yang mahal. Beberapa merk ban mobil berkualitas baik antara lain Achilles, Bridgestone, Michelin, hingga Pirelli.

Nah salah satu ban yang digemari para pecinta mobil adalah Bridgestone. Otoklix kali ini telah merangkum beberapa ban tubeless Bridgestone.

Bridgestone Ecopia

Bridgestone Ecopia merupakan ban yang didesain khusus untuk kendaraan jenis MPV (Multi-Purpose Vehicle) atau minivan yang dikenal sebagai mobil keluarga adalah mobil yang didesain untuk mempu menampung lebih banyak penumpang dan barang dibandingkan dengan kendaraan jenis sedan.

Ban ini diklaim dapat menghemat bahan bakar tetapi juga lebih kuat menopang beban dan stabil dalam pengendalian. Bridgestone Ecopia sendiri dijual dengan harga R300 ribuan saja.

Bridgestone Duravis

Ban tubeless kedua dari Bridgestone adalah seri duravis. Ban ini memadukan kecanggihan teknologi yang ada untuk memberikan masa pakai yang lebih lama.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mudah Memasang Stiker Ban Mobil Sendiri

Bridgestone Duravis ini memiliki tingkat ketahanan lima persen lebih tinggi dari ban pada umumnya. Ban ini dibanderol mulai harga Rp 600 ribuan hingga Rp 800 ribuan.

Bridgestone Techno

Ban tubeless yang terakhir dari Bridgestone adalah Bridgestone Techno. Ban tubeless mobil satu ini memiliki berbagai kelebihan.

Diantara adalah Dirancang untuk daya tahan yang lebih lama, performa jalan basah yang andal, peningkatan performa pengereman. Dengan kelebihannya tersebut, Bridgestone Techno sangat cocok untuk mobil yang kecil dan menengah.

Ban ini memiliki harga yang tidak mahal. Bridgestone Techno ini dijual mulai dari harga Rp 650 ribu saja .

Untuk OtoFriends semua yang ingin mengganti ban mobil kesayangannya, kalian bisa langsung datang ke bengkel mobil terpercaya. Salah satunya dengan mencari bengkel yang ingin dikunjungi di website dan aplikasi Otoklix.