Saat kendaraan yang berada di depan mobil kita melaju dengan kecepatan lambat, tentu sebagai pengendara kita akan menyalip kendaraan tersebut. Jangan asal nyalip kendaraan. Ada cara menyalip dengan mobil matic yang aman.

Sejatinya mobil matic dirancang untuk memberikan kemudahan kepada pengemudinya dalam mengoperasikan mobil tersebut. Tak sedikit juga banyak teknologi yang disematkan pabrik mobil untuk memudahkan kita dalam berkendara. 

Kendati demikian, ada cara yang bisa membuat mobil matic lebih responsif saat hendak menyalip objek yang ada di depan mobil kita. Dengan mengetahui cara menyalip yang benar dan aman tersebut kita dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dan menjamin keselamatan penumpang serta pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Cara Mengemudikan Mobil Matic untuk Pemula

6 Cara Menyalip dengan Mobil Matic

Bukan hanya mempertimbangkan jarak aman antara mobil kita dengan kendaraan di depan saja, melainkan ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan saat OtoFriends akan menyalip kendaraan yang berada di depan. Berikut ini 6 cara menyalip dengan mobil matic yang aman.

1. Performa Mobil Bagus

Sebelum menggunakan mobil, sebagai pemilik sekaligus pengemudi kita wajib memastikan bahwa kondisi dan performa mobil dalam keadaan baik dan bagus, misalnya saja sistem pengereman mobil dapat beroperasi dengan normal. 

Selain itu, perhatikan juga muatan mobil, apakah muatannya melebihi kapasitas atau sebaliknya. Mengapa demikian? Karena kecepatan mobil kurang optimal apabila muatan di dalamnya melebihi kapasitas. Apabila begitu maka akan berbahaya bila kita tetap menyalip kendaraan di depan.

2. Periksa Kondisi Sekitar Jalan

Kita perlu memastikan apakah kondisi di sekitar mobil aman dan memungkinkan untuk menyalip kendaraan di depan atau sebaliknya. Sebab, sekalipun di belakang mobil kita tidak ada kendaraan lain namun bukan berarti kita dapat menyalip begitu saja. 

Pastikan bahwa kondisi di arus yang berlawanan dengan mobil kita aman dan kondisi di depan kendaraan tersebut juga aman.

Perhatikan pula rambu lalu lintas di sekitar dan kondisi jarak pandang atau cuaca. Apabila cuaca sedang hujan atau jarak pandangnya buruk maka sebaiknya jangan menyalip terlebih dulu untuk menghindari potensi terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan Agar Tidak Mundur

3. Cek Kondisi melalui Kaca Spion

Periksa kondisi jalanan melalui kaca spion secara berkala, khususnya di titik blindspot yang kerap sulit terdeteksi. Apabila belum ada kesempatan untuk menyalip kendaraan di depan karena ada kendaraan di belakang atau di depan maka sebaiknya jangan langsung menyalip dan tunggu terlebih dulu.

4. Nyalakan Lampu Sein

Selain itu kirim sinyal kepada pengguna jalan lainnya dengan menyalakan lampu sein. Saat kendaraan lain melihat lampu sein menyala, maka mereka akan mengetahui bahwa kita akan menyalip dan memberi sedikit ruang supaya kita dapat menyalip kendaraan tersebut.

5. Cara Membuat Mobil Matic Responsif

Cara menyalip dengan mobil matic yang paling krusial adalah cara menambah tenaga supaya mesin mobil matic lebih responsif. Ada tiga cara membuat mobil matic lebih responsif. 

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan teknik kickdown dengan cara menekan habis pedal gas. Ketika pedal gas menyentuh lantai kabin, secara otomatis transmisi akan turun ke gigi paling rendah agar dapat meningkatkan akselerasi saat mobil menyalip kendaraan di depan.

Cara kedua dengan mengubah tuas transmisi dari tuas D ke 3 supaya putaran mesinnya mencapai titik torsi terendah namun tenaga tetap maksimal. 

Cara yang terakhir adalah menggunakan fitur overdrive off (OD/OFF) pada mobil. Fitur overdrive off ini akan meningkatkan torsi saat mobil melaju di medan jalan menanjak dan meminimalisir tuas transmisi berpindah ke gigi 4 atau top gear.

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Overdrive Mobil

6. Jangan Menyalip karena Mengikuti Pengemudi Lain

Kebiasaan buruk pengemudi adalah mengikuti pengemudi lainnya saat menyalip kendaraan di depan. Kalau ternyata kita memiliki kesempatan untuk menyalip maka hal ini sangat menguntungkan untuk kita karena ada pengendara lain yang membuka jalan. 

Namun, bila ternyata tidak ada kesempatan untuk kita menyalip maka jangan menyalip dan tunggu kesempatan berikutnya.

Kebiasaan buruk menyalip lainnya adalah bila kita sudah mempertimbangkan semua aspek namun tidak kunjung mendapatkan kesempatan untuk menyalip. Maka kita jadi lebih mudah emosi dan menyalahkan kendaraan di depan. Emosi ini yang tidak baik digunakan oleh pengemudi di jalan.

Keunggulan dan Kelemahan Mobil Matic

Stigma mobil matic di masyarakat adalah sebagai mobil yang mudah dikendarai dibandingkan mobil transmisi manual. Kendati demikian, sama halnya dengan mobil manual, mobil matic juga memiliki kelemahan dan keunggulannya sendiri.

Keunggulan Mobil Matic

Keunggulan mobil matic yang paling populer adalah cara mengoperasikan transmisi mobil matic yang lebih praktis dan lebih mudah daripada mobil manual sehingga pengemudi tidak mudah lelah saat berkendara. 

Sedangkan untuk para pemula yang sedang belajar mengendarai mobil, di sarankan untuk belajar mobil menggunakan mobil matic karena lebih mudah untuk dipelajari.

Selain itu, bila kita terbiasa berkendara di dalam kota atau di area yang rawan macet maka mobil matic menjadi pilihan yang tepat. Harga mobil matic bekas saat ini juga terbilang masih tinggi sehingga kita tidak terlalu rugi apabila menjual kembali mobil.

Kelemahan Mobil Matic

Harga mobil matic bekas sama dengan harga mobil matic baru, maksudnya adalah harga mobil matic baru saat ini dijual lebih mahal dibandingkan harga mobil manual. Selain itu sistem pengereman mobil matic dirancang tanpa menggunakan engine brake sehingga kita harus ekstra hati-hati saat berkendara di medan menurun atau medan yang licin.

Kelemahan mobil matic selanjutnya adalah konsumsi bahan bakar mobil matic cukup boros dan perlu rutin mengganti oli transmisi mobil. 

Selain itu, bila mobil rusak maka kita benar-benar harus mencari bengkel mobil matic yang memiliki teknisi handal untuk memperbaiki mobil. Sebab belum banyak teknisi yang handal dan berpengalaman untuk memperbaiki mobil matic. Untuk mencari tahu informasi seputar cara perawatan dan memperbaiki mobil, OtoFriends bisa mencari tahu di situs terpercaya.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Cara Menyalip dengan Mobil Matic

Cara menyalip dengan mobil matic sama saja dengan mobil manual, hanya saja untuk menambah tenaga kita bisa melakukan trik kick down, menurunkan gigi atau memanfaatkan fitur overdrive off.

Hal-hal yang dilarang dilakukan saat berkendara dengan mobil matic yakni memindahkan gigi di posisi P saat mobil belum benar-benar berhenti dan memindahkan tuas gigi untuk mundur saat mobil belum benar-benar berhenti.

Keunggulan mobil matic yang paling populer adalah cara mengoperasikan transmisi mobil matic yang lebih praktis dan lebih mudah daripada mobil manual sehingga pengemudi tidak mudah lelah saat berkendara.