Ketika berbicara tentang performa mobil, tentu akan mengenal istilah torque atau torsi. Informasi besaran torsi biasanya terdapat pada laman spesifikasi mobil. 

Namun mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu torque atau torsi. Biar tidak salah, berikut pembahasan lengkap mulai dari pengertian, fungsi, hingga hubungan antara torsi dengan tenaga. 

Pengertian Torsi Mobil 

Secara umum, torsi adalah penyebab suatu benda berputar. Torsi dapat memperlihatkan seberapa besar gaya yang membuat sebuah benda berotasi. 

Nilai dari torsi bergantung pada gaya yang dikeluarkan dan jarak antara sumbu putaran dengan letak gaya. Torsi merupakan sistem mobil yang fokus kepada sisi akselerasi. 

Jadi, saat kendaraan sedang menaikkan akselerasi maka dibutuhkan tenaga lebih besar. Artinya, torsi dan tenaga bukanlah hal yang sama tapi berkaitan. 

Sebelum membahas lebih jauh tentang keterkaitan torsi dan tenaga, simak dulu fungsi torsi mobil berikut ini. 

Baca Juga: Horsepower: Pengertian, Fungsi, dan Cara Meningkatkannya

Fungsi Torsi Mobil

Pada prinsipnya, fungsi utama dari torsi mobil sebagai daya dorong agar kendaraan bisa berakselerasi dengan baik. Sebagai daya dorong untuk menghasilkan tenaga mesin, torsi berpengaruh pada kinerja mobil. 

Namun apabila torsi yang dihasilkan oleh mesin tidak bekerja maksimal, kemungkinan torsi mengalami masalah atau tidak cukup panas mendorong mobil.

Lantas bagaimana cara kerja torsi mobil?

Cara Kerja Torsi Mobil

Cara kerja torsi mobil ditransfer ke bagian roda yang kemudian ditransmisikan ke persneling pada susunan gigi mobil untuk diatur sesuai kebutuhan. 

Pembakaran menghasilkan gaya untuk mendorong piston kemudian mendorong poros engkol (crankshaft) ke jarak tertentu. Piston dan poros engkol tersebut kemudian menghasilkan gaya putar alias torsi. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, antara torsi dan tenaga memiliki hubungan. Meski berhubungan, tentu ada beberapa perbedaan antara keduanya. 

Baca Juga: Kenali Apa Itu Torque Converter pada Mobil Matic

Perbedaan Torsi dengan Tenaga

1. Pengaruhnya pada Mobil

Perbedaan yang pertama adalah torsi mobil tentang akselerasi, sedangkan tenaga berkaitan dengan kecepatan. Setiap mobil terdapat mesin yang bekerja dalam kondisi menyala. 

Adanya dorongan yang diberikan oleh mesin itulah dinamakan sebagai torsi. Sementara itu, kecepatan yang dihasilkan oleh dorongan disebut dengan tenaga. 

Kecepatan dipengaruhi oleh seberapa panjang ganggang pada mesin. Semakin panjang ganggang tenaga yang dibutuhkan juga semakin kecil.

2. Perannya pada Mobil

Secara peran, torsi lebih banyak bekerja untuk mengatur putaran mesin. Torsi berawal dari ledakan tenaga yang terjadi di ruang bakar pada mesin. 

Setelah itu tenaga yang dihasilkan akan tersalurkan menuju roda, gardan, dan transmisi dengan bantuan kruk as. Jadi, makin lama roda akan mulai bergerak.

Sementara tenaga memiliki peran ketika mobil sudah mulai bergerak. Semakin cepat mobil melaju maka tenaga dihasilkan  besar atau tinggi.

Tinggi rendahnya tenaga yang dihasilkan dipengaruhi oleh waktu. Sebuah roda yang berputar tiap menit maka ada sebuah tenaga dihasilkan agar kendaraan tersebut berjalan dengan kecepatan tertentu.

3. Rumus dan Satuan

Perbedaan lainnya antara tenaga dan torsi adalah rumus serta satuannya. Satuan torsi menggunakan Newton (N) atau Kilogram meter (Kgm). Sementara satuan tenaga atau daya menggunakan satuan Horsepower (HP) atau PS.

Rumus torsi berbeda dengan rumus yang digunakan dalam mencari nilai daya atau tenaga. Torsi didapat dari proses perkalian antara gaya dan jarak titik ke poros rotasi.

Sementara itu, rumus tenaga (daya) didapat dari hasil perkalian antara torsi dengan rpm. Semakin cepat torsi yang dihasilkan oleh mesin mobil maka semakin besar pula hasil dayanya.

4. Pengaturan

Perbedaan terakhir antara torsi dengan tenaga adalah pengaturannya. Torsi dapat dimodifikasi nilainya dengan melakukan perubahan tertentu pada komponen bernama gearbox. 

Berbeda dengan tenaga atau daya yang tidak bisa dimanipulasi oleh apapun. Jika sudah membahas soal perbedaan antara torsi mobil dan tenaga, selanjutnya mari bahas hubungan keduanya. 

Baca Juga: Kenali Throttle Body Mobil, Fungsi hingga Cara Membersihkannya

Hubungan Antara Torsi dengan Tenaga

Walaupun berbeda, antara torsi mobil dan tenaga memiliki keterkaitan yang kuat. Besarnya tenaga berbanding lurus dengan nilai torsi yang dihasilkan mesin. 

Kinerja torsi dan tenaga bisa dipengaruhi oleh transmisi mobil. Jadi, jika menggunakan mobil dengan transmisi otomatis seperti CVT, pengaturan gigi rasio bisa terjadi secara konstan. 

Semakin besar tenaga mobil, kian cepat juga waktu akselerasinya untuk mencapai titik maksimum. Meski nilai torsi didasari hitungan gigi rasio sehingga nilainya bisa diubah, tapi tenaganya berbeda karena variabelnya benar-benar diambil dari kinerja mesin. 

Demikian penjelasan tentang torsi mobil. Agar setiap komponen mobil bekerja optimal, pastikan tak ada satupun bagian yang kotor atau rusak. 

Merawat mobil secara rutin di bengkel terpercaya yang dapat ditemukan di aplikasi Otoklix. Terdapat 2000+ mitra bengkel Otoklix yang bisa dibooking secara online. 

Kemudahan dan efisien dapat OtoFriends nikmati bersama Otoklix. Selain booking online, OtoFriends juga bisa menikmati fitur Otoklix Pick Up. 

Dengan Otoklix Pick Up OtoFriends tidak perlu lagi repot ke bengkel untuk perawatan mobil dengan jaminan perlindungan asuransi.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Torque

Secara umum, torsi adalah penyebab suatu benda berputar. Torsi dapat memperlihatkan seberapa besar gaya yang membuat sebuah benda berotasi.

Perbedaan yang pertama adalah torsi mobil tentang akselerasi, sedangkan tenaga berkaitan dengan kecepatan. Setiap mobil terdapat mesin yang bekerja dalam kondisi menyala.

Pada prinsipnya, fungsi utama dari torsi mobil sebagai daya dorong agar kendaraan bisa berakselerasi dengan baik. Sebagai daya dorong untuk menghasilkan tenaga mesin, torsi berpengaruh pada kinerja mobil.