Pemilik mobil bermesin bensin tentu sudah tidak asing dengan istilah combustion chamber atau ruang bakar bukan? Combustion chamber terletak di kepala silinder yang langsung terhubung ke katup masuk (intake) dan katup keluar (exhaust).

Bentuk ruang bakar atau combustion chamber antar kendaraan belum tentu sama. Bentuk ini biasanya dipengaruhi oleh komponen yang langsung terhubung ke ruang bakar. Selain itu, combustion chamber juga didesain untuk menghasilkan pembakaran yang optimal. Simak ulasan lengkap combustion chamber berikut ini.

Apa Itu Combustion Chamber?

Combustion chamber adalah tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder mesin mobil. Dalam mobil biasa, mesin pembakaran internal berisi empat hingga delapan ruang bakar. 

Ruang bakar yang terletak di dalam silinder ini merupakan area dimana campuran bahan bakar dan udara dibakar untuk menghasilkan tenaga untuk menggerakkan piston dan poros engkol. Namun, ruang bakar tidak hanya ditemukan di dalam mobil. Ada dua jenis mesin pembakaran yang sangat berbeda, masing-masing dengan ruang bakar yang berbeda dan dapat digunakan untuk sejumlah kegunaan.

Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

Fungsi Combustion Chamber 

Combustion chamber adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin dengan berbahan bakar minyak seperti bensin. Pada ruang pembakaran terjadi pembakaran bahan bakar dan udara di kepala silinder. Jika mobil tidak dilengkapi dengan combustion chamber, maka energi pada saat power stroke tidak akan tersalurkan.

Fungsi utama dari combustion chamber atau ruang bakar yaitu untuk menahan muatan bahan bakar sebelum dan sesudah pembakaran untuk memungkinkan energi ditransfer ke batang penghubung dan ke sistem transmisi. Bahan bakar dibiarkan masuk ke ruang bakar dalam langkah penghisapan dan dinyalakan untuk menghasilkan tenaga selama langkah pembuangan.

Jenis Combustion Chamber

Bentuk dari ruang pembakaran (combustion chamber) yang ada pada setiap kendaraan dipengaruhi oleh komponen-komponen yang terhubung langsung di ruang pembakaran. Ruang pembakaran juga didesain dengan pengetahuan berbeda untuk meningkatkan pembakaran yang lebih optimal. Secara umum, ada empat jenis combustion chamber, yaitu:

1. Hemispherical Combustion Chamber

Combustion chamber jenis setengah bulat ini memiliki permukaan yang kecil dibanding jenis ruang bakar lain dengan kapasitas dan bentuk yang sama. Permukaan yang lebih kecil ini memiliki keunggulan soal efisiensi panas.

Efisiensi panas pada permukaan yang kecil akan lebih optimal karena kehilangan panas yang relatif kecil. Sementara itu, konstruksi ruang pembakaran jenis ini jauh lebih baik. Namun ruang pembakaran jenis setengah bulat ini juga memiliki kelemahan, yakni penempatan mekanisme katupnya akan lebih rumit dibanding dengan jenis lain akibat permukaan yang lebih sempit.

2. Wedge Type Combustion Chamber

Jenis combustion chamber ini dikenal juga dengan nama ruang pembakaran model baji. Ruang bakar ini sangat populer karena memiliki konstruksi yang sederhana sehingga penempatan katupnya akan lebih mudah. Selain itu, kelebihan ruang bakar model baji ini adalah untuk efisiensi panasnya juga optimal karena panas yang hilangnya juga kecil.

3. Bath Up Type Combustion Chamber

Seperti namanya, combustion chamber jenis ini mempunyai struktur yang menyerupai bak mandi atau bathtub. Diameter kepala katup dari katup yang digunakan pada bathtub type combustion chamber ini lebih kecil, sehingga memudahkan konstruksinya.

Karena ruang bakar model ini berbentuk bak, maka diharapkan saat proses pemasukan campuran gas bakar dan udara dapat terbentuk pusaran gas setelah ruang bakar untuk memaksimalkan proses pembakaran. Sementara itu, efek langkah intake dan exhaust pada ruang bakar ini kurang optimal jika dibandingkan model lain karena kontruksi kepala katupnya yang memiliki diameter yang kecil.

4. Pent Roof

Jenis combustion chamber yang terakhir ini berbentuk seperti atap sebuah rumah. Ruang pembakaran jenis ini biasanya digunakan untuk mesin dengan lebih dari dua katup per silinder. 

Penempatan businya diletakkan pada posisi tengah ruang pembakaran. Keunggulan dari ruang bakar model ini adalah proses pembakaran akan lebih cepat dan campuran hasil pembakaran akan lebih banyak menghirup gas. Selain itu, langkah knalpot untuk pembakaran knalpot akan lebih baik dari model lainnya.

Tips Merawat Combustion Chamber

Proses pembakaran menghasilkan energi yang menggerakkan mesin, sehingga perlu diperhatikan agar combustion chamber selalu berada dalam kondisi baik. Sebab, proses pembakaran tidak sempurna dapat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan. Berikut beberapa tips perawatan combustion chamber yang bisa OtoFriends lakukan:

1. Menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi

Penggunaan bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna di dalam ruang bakar mesin. Mesin mobil saat ini umumnya memiliki rasio kompresi yang tinggi dan membutuhkan bensin minimal RON 92. Menggunakan bahan bakar sesuai juga bisa membantu meningkatkan efisiensi mesin.

2. Menggunakan oli yang sesuai spesifikasi

Mobil yang tidak memakai oli dengan tingkat kekentalan yang dianjurkan bisa membuat mesin akan lebih cepat panas. Akibatnya, mobil menjadi lebih boros bahan bakar. Cara menentukan oli yang cocok untuk kendaraan bisa dengan melihat spesifikasinya.

Baca juga: Mengenal Arti Kode SAE Oli, API, serta JASO pada Mobil

3. Servis berkala secara rutin

Melakukan servis mobil secara berkala berarti mobil kita akan melewati proses pengecekan kondisi secara rutin. Dengan begitu, OtoFriends akan lebih mudah untuk mendeteksi kerusakan pada komponen mobil, tak terkecuali combustion chamber sehingga risiko kerusakan dapat diminimalisir.

Cara Membersihkan Combustion Chamber

Sama seperti komponen mobil lainnya, combustion chamber juga perlu dibersihkan agar kotoran yang menumpuk para ruang bakar tidak memengaruhi proses pembakaran. Membersihkan combustion chamber bisa dilakukan menggunakan carbon cleaner yang disemprotkan melalui lubang busi. 

Untuk membersihkan kerak sampai tuntas, perlu dilakukan pembongkaran mesin. Membersihkan combustion chamber langsung di bengkel tentu menjadi solusi terbaik jika tidak ingin mengambil risiko. OtoFriends bisa menggunakan aplikasi Otoklix untuk menemukan bengkel terpercaya.

Selain memudahkan mencari bengkel, kita juga bisa melakukan booking service sekaligus melihat harganya. Di sana, ada banyak promo yang bisa kita temukan dan gunakan untuk servis atau sekadar cuci mobil dengan harga yang terjangkau.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Combustion Chamber

Combustion chamber adalah tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder mesin mobil.

Fungsi utama dari combustion chamber atau ruang bakar yaitu untuk menahan muatan bahan bakar sebelum dan sesudah pembakaran untuk memungkinkan energi ditransfer ke batang penghubung dan ke sistem transmisi.

Combustion chamber dikenal juga dengan nama ruang pembakaran yang ada pada kendaraan mesin bensin.