Saat berada di arena balap, pembalap harus bisa menemukan titik atau garis optimal. Salah satunya harus tahu apex dalam sirkuit balapan. Tujuannya supaya pembalap bisa mencapai waktu secepat mungkin dalam satu kali putaran, menghemat bensin atau ban, dan tentu saja mempertahankan posisinya agar tidak disalip oleh pembalap lain.

Berikut ini adalah beberapa istilah yang perlu diketahui di arena balapan atau sirkuit. Mari kita bahas satu per satu. 

Istilah di Sirkuit Balapan

Apex

Arti apex adalah “puncak”. Kalau dijelaskan dalam lajur sirkuit, artinya adalah titik paling ujung saat posisi pembalap berada paling dekat dengan bagian dalam sebuah tikungan. Bisa dikatakan bahwa apex adalah titik dengan radius paling kecil. Pembalap biasanya bakal berkendara dengan kecepatan paling rendah. 

Ada istilah apex awal dan apex lambat. Pemilihan apex ini berdasarkan kemampuan mobil pembalap. Apex awal bakal mencapai titik terdalam sebuah tikungan secara lebih awal dan radius yang lebih lebar daripada apex lambat. Biasanya mobil dengan akselerasi tinggi butuh apex lambat. Di titik ini juga, pembalap mulai bersiap untuk tancap gas kembali dan berakselerasi untuk keluar dari tikungan.

Chicane 

Chicane dimaknai sebagai tikungan ganda dengan arah yang berbeda dengan posisi berdekatan. Tikungan ini biasanya berbentuk huruf S dan berada di antara trek lurus. Fungsi dari dibentuknya chicane pada sirkuit balapan adalah untuk meminimalkan kecepatan dan juga ketangkasan pembalap.

Saat melewati chicane, pembalap harus segera memindahkan berat tubuh dari kiri ke kanan dan juga sebaliknya sampai tikungan ganda tersebut terlewati.

Baca juga: Mengenal Brake Bias pada Sistem Pengereman Mobil Balap

Dry Race

Dry race adalah kondisi lintasan kering. Artinya balapan dilakukan di permukaan lintasan balap yang kering. Biasanya terdapat perbedaan dalam penyelenggara ajang balap mobil. Ada yang memunculkan red flag saat tiba-tiba turun hujan, ada juga yang melanjutkan dalam situasi flag to flag. Saat balapan di lintasan kering, biasanya kendaraan menggunakan ban dengan tipe slick tyre (ban botak atau ban gundul). 

Wet Race

Berkebalikan dengan dry race, wet race artinya lintasan balap yang basah akibat hujan. Pada kondisi hujan, pembalap akan mengganti ban kendaraannya menggunakan tipe wet tyre yang punya daya cengkram lebih kuat.

High Speed Corner

High speed corner adalah tikungan yang bisa dilewati dengan kecepatan tinggi.

Hairpin

Jika Chicane adalah lintasan berbentuk huruf “S”, maka hairpin adalah lintasan dengan tikungan yang diputar balik dengan sangat tajam. Disebut hairpin karena bentuknya seperti tusuk konde, yaitu berbentuk huruf “U” atau “V”. Pembalap harus ekstra hati-hati dan berkendara pelan untuk melalui lintasan ini.

Baca juga: 20 Mobil Balap Keren di Dunia, Tercepat 515 km/jam!

Curbstones

Curbstones biasa disebut dengan Kerb. Artinya adalah batu bergerigi yang berada di tepi lintasan. Biasanya dicat dengan dua atau tiga warna yang mencolok. Kalau dua warna, catnya adalah merah dan putih. Fungsi dari Kerb adalah membantu memandu pembalap.

Paddock Area

Paddock area memang tidak berada di dalam lintasan, melainkan tempat para pelaku balap berada. Mulai dari pembalap, manajer, mekanik, dan semua yang terlibat dalam sebuah tim balap. Di area ini juga tim membicarakan strategi serta melakukan pengaturan mobil.

Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat parkir truk (motorhome), media truck, service truck, hospitality unit, suplai ban, dan clinica mobile pada area belakangnya.

Itu dia pembahasan tentang apex dan istilah di lintasan sirkuit lainnya. Meskipun bukan mobil balap, mobil tetap harus diservis secara rutin. Lakukan booking servis rutin di aplikasi Otoklix, mulai dari ganti oli, ganti aki, tune-up, dan lainnya. Temukan bengkel umum terdekat dari lokasi OtoFriends dengan harga terjangkau!  

Pertanyaan Seputar Apex

Arti apex adalah titik paling ujung saat posisi pembalap berada paling dekat dengan bagian dalam sebuah tikungan. Bisa dikatakan bahwa apex adalah titik dengan radius paling kecil.

Chicane dimaknai sebagai tikungan ganda dengan arah yang berbeda dengan posisi berdekatan. Tikungan ini biasanya berbentuk huruf S dan berada di antara trek lurus.

Hairpin adalah lintasan dengan tikungan yang diputar balik dengan sangat tajam. Disebut hairpin karena bentuknya seperti tusuk konde, yaitu berbentuk huruf “U” atau “V”. Pembalap harus ekstra hati-hati dan berkendara pelan untuk melalui lintasan ini.