Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah plenum chamber yang ada pada mobil. 

Plenum chamber ini memiliki fungsi utama sebagai saluran masuk udara ke HVAC atau Heating Ventilating and Air Conditioning. Letaknya berada di antara kaca depan mobil dan kap mobil. 

Untuk membahas lebih lengkap terkait plenum chamber, fungsinya, hingga cara kerjanya, berikut ini ulasan singkat untuk OtoFriends. 

Pengertian Plenum Chamber

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, plenum chamber merupakan komponen mobil yang memiliki peran sebagai saluran masuk udara ke bagian HVAC atau Heating Ventilating and Air Conditioning.

Udara yang masuk ke HVAC ini nantinya akan digunakan untuk beberapa tujuan, seperti mendinginkan kabin mobil, memanaskan kabin mobil, hingga menjadi tempat sirkulasi udara pada kabin mobil agar tidak pengap. 

Sederhanya, plenum chamber adalah ventilasi yang berada di mobil untuk pertukaran udara, sehingga udara di dalam kabin mobil tidak pengap dan segar. Selain itu, adanya saluran udara ini juga mencegah terjadinya panas berlebih pada komponen mobil lainnya. 

Letak plenum chamber sendiri ada di antara kaca depan mobil dan kap mobil. Komponennya ada dua bagian, yakni plenum atas dan juga plenum bawah. 

Baca juga: Combustion Chamber: Jenis Ruang Bakar pada Mesin Bensin

Fungsi Plenum Chamber

Fungsi utama plenum chamber yakni sebagai sirkulasi udara untuk mendinginkan komponen yang rentan terhadap panas berlebih di ruangan tertutup. 

Selain berfungsi sebagai saluran udara, plenum chamber juga memiliki fungsi lainnya yakni sebagai drainase air serta untuk estetika karena menutup celah antara kaca depan dan kap mobil. 

Kehadiran plenum chamber cukup penting karena menghilangkan kebutuhan akan sistem ventilasi alternatif yang biayanya cukup mahal dan perawatannya lebih kompleks. 

Cara Kerja Plenum Chamber

Setelah memahami apa itu plenum chamber beserta fungsinya, kini saatnya OtoFriends memahami bagaimana cara kerja plenum chamber itu sendiri. 

Plenum chamber bekerja dengan cara mengalirkan udara segar dan mengeluarkan udara panas dari dalam mobil. 

Hal ini bertujuan agar tidak ada penumpukan udara panas di dalam mobil yang bisa membuat udara jadi pengap atau bahkan membuat komponen lain jadi overheat

Plenum chamber juga bekerja dengan melindungi dari penetrasi air selama proses pembersihan. Sehingga tidak ada air yang masuk ke dalam unit dan aliran udara pun jadi tetap bersih. 

Baca juga: Mengenal Knock Sensor Pada Mobil, Fungsi, dan Cara Kerjanya 

Mengapa Plenum Chamber Penting?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, plenum chamber memiliki peranan yang cukup penting untuk sirkulasi udara. 

Selain membuat kabin mobil jadi dingin dan segar, adanya plenum chamber juga bisa meminimalkan dampak akibat panas yang terjadi. Sehingga beberapa komponen pada kabin mobil seperti peralatan audio dan AV mobil kamu tetap aman. 

Nah, itu dia informasi terkait plenum chamber yang OtoFriends harus pahami. Sekarang sudah paham kan mengapa mobil OtoFriends tetap bisa dingin saat dikendarai? Salah satunya karena adanya peranan plenum chamber ini. 

Apabila plenum chamber kamu bermasalah, sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat untuk perbaikan. OtoFriends bisa cek rekomendasi bengkel terbaik di Otoklix!

Segera unduh aplikasi Otoklix yang tersedia di Appstore maupun Playstore. Melalui aplikasi booking service Otoklix, Otofriends akan lebih mudah menemukan bengkel terdekat dari lokasi Otofriends berada. Harga transparan karena diberi tahu di awal booking. 

Otoklix didirikan pada tahun 2019 dan saat ini memfasilitasi lebih dari 2.000 bengkel mitra yang aktif dan telah menangani 50.000+ kendaraan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan kunjungi www.otoklix.com.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Plenum chamber memiliki peranan untuk memasukkan, mendistribusikan, serta mengeluarkan udara pada kabin mobil.

Plenum chamber biasanya terletak di antara kaca depan mobil dan kap mobil.

Plenum chamber merupakan komponen yang cukup penting karena bisa mendinginkan komponen yang rentan mengalami panas berlebih di ruang tertutup. Selain itu, plenum chamber juga bisa meminimalkan dampak akibat panas yang terjadi.