Hampir semua mobil produksi kekinian dilengkapi dengan fitur entertainment yang mendukung koneksi bluetooth untuk melengkapi perjalanan. Fitur tersebut berguna untuk menyambungkan ponsel atau tablet dengan audio mobil. 

Adanya bluetooth, pengemudi tak lagi perlu kabel aux untuk menyambungkan audio. Koneksi bluetooth dianggap lebih ringkas karena tidak ada kabel aux yang mengganggu kenyamanan saat berkendara. 

Namun, terkadang sulit untuk menyambungkaan bluetooth mobil ke ponsel. Biar tak bingung, berikut cara menyambungkan bluetooth ponsel ke mobil supaya berkendara makin nyaman. 

Baca Juga: Cara Setting Bluetooth Audio Mobil hingga Atasi Masalah Koneksi

Cara Menyambungkan Bluetooth Ponsel ke Mobil 

1. Pastikan Head Unit Punya Fitur Bluetooth

Perlu dipahami, tak semua mobil sudah memiliki fitur bluetooth pada head unit-nya. Dengan demikian, OtoFriends harus membeli head unit tambahan di toko aksesori mobil. 

Namun, mobil kekinian kebanyakan sudah dilengkapi fitur bluetooth bawaan dari pabrik. 

2. Nyalakan Bluetooth di Ponsel

Cara menyambungkan bluetooth ponsel ke mobil adalah dengan aktifkan koneksi bluetooth pada ponsel. Pastikan koneksi bluetooth visible atau dapat terlihat oleh semua perangkat, termasuk head unit mobil. 

Hal tersebut memungkinkan sinyal bluetooth pada head unit menangkap jaringan bluetooth yang ada di ponsel. 

3. Sambungkan Bluetooth Ponsel ke Mobil

Selanjutnya, akan muncul tulisan “paired devices” atau “perangkat yang terhubung”. Bila baru pertama kali menyambungkan bluetooth ponsel ke mobil, klik ikon “search” di ponsel untuk mencari perangkat. 

Jika bluetooth sama-sama sudah menyala, hubungkan dengan mengklik nama bluetooth mobil melalui ponsel.

4. Pairing

Jika sudah akan muncul kode pairing di layar head unit mobil, lalu klik OK. Selanjutnya pastikan di ponsel yang ingin disambungkan ke mobil sudah menampilkan kode koneksi bluetooth.

Sebagai informasi, mode pairing merupakan proses menghubungkan antar perangkat secara nirkabel.

5. Nikmati Musik di Perjalanan 

Bila langkah tersebut sudah dilakukan, nikmati musik di perjalanan yang sudah terdengar jelas di speaker mobil. OtoFriends juga bisa mengatur volume audio melalui tombol + dan – yang tertera di head unit. 

Meski demikian, terkadang fitur bluetooth sulit ditemukan atau tak muncul di head unit. Supaya cepat lebih cepat, begini cara menemukan fitur bluetooth di head unit mobil.

Baca Juga: Head Unit Ternyata Bisa Diganti Sendiri, Begini Caranya!

Cara Menemukan Fitur Bluetooth

1. Nyalakan Audio

Pada bagian head unit nyalakan audio dengan menekan tombol power. Selanjutnya, tekan menu hingga menemukan tulisan “Display”. 

2. Cari Tulisan BT Mode

Jika sudah menemukan tulisan “Display”, geser terus layar head unit hingga muncul tulisan “BT Mode” atau Bluetooth mode. 

3. Klik Menu

Lalu, tekan enter atau “menu”. Nantinya, OtoFriends akan menemukan opsi di layar, seperti “Audio Select”, “Device Delete”, dan lainnya.

Geser layar ke kanan hingga muncul tulisan “Initialize” dan klik “menu”. Selanjutnya, klik “yes” dengan tekan tombol “menu”.

4. Nyalakan Ponsel

Langkah selanjutnya nyalakan ponsel lalu pergi ke pengaturan untuk nyalakan Bluetooth. Klik nama bluetooth mobil yang terdeteksi lalu pasangkan.

Bila muncul passcode, klik “Ok”. Tunggu ponsel terkoneksi ke bluetooth mobil, hingga muncul tulisan “Pairing”, lalu klik “Ok”.

5. Sambungkan Bluetooth Ponsel dengan Mobil

Jika sudah terhubung maka terlihat nama bluetooth mobil di ponsel. Lalu klik nama tersebut hingga bertuliskan “Connected” atau terhubung. 

Namun, tak sedikit mengeluhkan bluetooth audio mobil tidak bisa connect. Bahkan, terkadang musik tidak terdengar pada audio mobil padahal bluetooth sudah terkoneksi. 

Bluetooth tidak bisa tersambung ke head unit mobil karena beberapa hal, seperti masalah koneksi atau speaker yang bermasalah. Guna mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa caranya.

Baca Juga: Skema Instalasi Audio Mobil dan Komponen yang Diperlukan

Cara Mengatasi Koneksi Audio Mobil

1. Mengatasi Masalah Koneksi Bluetooth Ponsel

Cara pertama, matikan bluetooth dari ponsel dan di audio mobil. Selanjutnya aktifkan keduanya kembali lalu pastikan kedua perangkat telah tersambung dan terhubung dengan benar.

Jika masih belum bisa, buka pengaturan bluetooth di ponsel lalu pilih opsi “forget” atau “lupakan” perangkat audio mobil. Selanjutnya sambungkan kembali bluetooth ponsel dengan audio mobil seperti semula.

2. Mengatasi Masalah Musik Tidak Terdengar dari Audio Mobil

Jika koneksi antara audio mobil dan ponsel sudah tersambung tapi audio masih belum nyala, cek kembali tingkat volume baik di ponsel maupun tombol audio yang ada di head unit mobil. 

Namun jika suara masih tidak ada, periksa media audio yang ada di ponsel. Sebab jika media audio mati, lagu di ponsel tidak bisa dibuka.

Jika suara masih belum keluar, artinya ada masalah pada audio mobil. Segera cek kondisi audio mobil supaya berkendara tetap nyaman dengan ditemani lagu sepanjang jalan. 

Lakukan perawatan dan service audio mobil di bengkel terpercaya yang ada di aplikasi Otoklix. Manfaatkan fitur booking online di aplikasi Otoklix supaya perawatan mobil lebih efektif. 

Pertanyaan Seputar Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil

Bluetooth tidak bisa tersambung ke head unit mobil karena beberapa hal, seperti masalah koneksi atau speaker yang bermasalah. Guna mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa caranya.

Cara menyambungkan bluetooth ponsel ke mobil adalah dengan aktifkan koneksi bluetooth pada ponsel. Pastikan koneksi bluetooth visible atau dapat terlihat oleh semua perangkat, termasuk head unit mobil.

Sebagai informasi, mode pairing merupakan proses menghubungkan antar perangkat secara nirkabel.