Perawatan kendaraan dimulai dengan rutin melakukan ganti oli. Hal ini dilakukan agar performa mobil tetap dalam keadaan prima. Nah, salah satu merk oli yang bisa membuat mesin awet dan ada pada kemampuan tertinggi adalah BM1. Walaupun merk ini tidak terlalu dikenal di dunia otomotif apalagi bagi pemula, namun BM1 ternyata memiliki kualitas pelumas yang cukup baik. 

Pentingnya Ganti Oli Kendaraan

Mengganti oli mobil memang sangat penting untuk merawat kendaraan. Rutin mengganti oli mobil bisa membuat mesin lebih bersih. Dengan mengganti oli mesin mobil tepat waktu, maka sisa-sisa kotoran yang menempel di komponen mesin bisa terbuang. 

Penggantian oli secara rutin juga bisa membuat usia mobil lebih awet. Kotoran-kotoran yang bisa berisiko mengganggu kinerja partisi mesin mobil dapat diminimalisir. Berbagai masalah seperti keausan dan kerusakan pun otomatis bisa dihindari, dampaknya usia pemakaian mobil jauh lebih awet.

Mesin yang bersih membuat tarikan jadi ringan. Dengan memastikan mobil selalu memiliki oli yang baru dan bersih, maka dampak buruk gesekan bisa dikurangi dan memungkinkan mobil melaju dengan kinerja dan jarak tempuh yang lebih baik. 

Kapan Harus Ganti Oli?

Pergantian oli memiliki jangka waktu yang disarankan. Oli mesin kendaraan harus rutin dilakukan pergantian karena fungsinya sangat vital. Untuk periode pergantian, bisa dicermati melalui jarak tempuh atau kilometer (km). Di beberapa buku manual biasanya mobil yang sudah mencapai 10 ribu km harus diganti olinya pertama kali. 

Jarak tempuh tersebut biasanya didapatkan setiap 6 bulan sekali. Angka km yang disebutkan pada buku manual diasumsikan untuk mobil yang dikendarai secara normal. 

Baca juga: Ganti Oli Mesin Berapa KM? Ini Aturannya!

Kelebihan Oli BM1

Pergantian oli secara rutin perlu diikuti dengan pemilihan merk oli yang cocok. Ada banyak merk oli yang dijual. Salah satu yang memiliki kualitas yang baik adalah oli BM1. 

Walaupun oli ini sering dikenal sebagai oli motor, namun, oli mobil BM1 juga memiliki kualitas yang tak kalah dengan pemakaian untuk motor. Oli ini memiliki sejumlah keunggulan, misalnya membersihkan lebih dengan menghilangkan endapan kotoran dari pelumas mineral sebelumnya, menjaga performa mesin tetap stabil dan cocok dipakai untuk usia kendaraan 8-12 tahun.

Harga Oli BM1

Setelah mengetahui betapa pentingnya ganti oli secara rutin dan keunggulan oli BM1, berikut jenis dan harga oli BM1 untuk mobil.

BM1 Gold Series Lubricant 

Pelumas fully synthetic yang dibuat khusus untuk mesin dengan teknologi modern ramah lingkungan dan presisi sangat tinggi, menggunakan sistem katup hidrolik, mengandung PC-AFA, penurunan tingkat gesekan secara maksimal, memberikan kenyamanan berkendara. Harga oli ini ada di kisaran Rp240 ribu.

BM1 PC 7000 

Oli ini memiliki kekentalan 10W-40 dan cocok digunakan untuk mesin VTEC, VVTi, IDSi atau DOHC yang menggunakan hydraulic valve system. Oli ini membuat akselerasi stabil, suhu terjaga dan suara mesin terdengar halus. Harga dibanderol Rp130 ribu.

BM1 PC 3100 

Pelumas semi sintetis yang dibuat untuk operasional beban kerja ringan maupun berat, dengan keunggulan PC-AFA. Sangat cocok untuk kendaraan bermesin standar sederhana dengan kondisi mesin yang baik. Harganya ada di kisaran Rp100 ribu.

BM1 PC 7100

Pelumas yang dibuat khusus untuk mesin dengan teknologi modern ramah lingkungan dan presisi sangat tinggi, menggunakan sistem katup hidrolik, mengandung PC-AFA, penurunan tingkat gesekan secara maksimal, memberikan kenyamanan berkendara yang sempurna pada segala kondisi. Oli ini dipatok dengan harga Rp140 ribu.

Baca juga: Kekentalan Oli Mesin untuk Mobil Tua, Mana yang Paling Baik?

BM1 PC 5000

Pelumas semi sintetik yang dibuat khusus untuk semua kondisi operasional, dengan keunggulan PC-AFA, tingkat gesekan dikurangi secara maksimal, sehingga tingkat kenyamanan berkendara dan pemeliharaan mesin sangat baik. Oli yang dihargai Rp 100 ribu ini cocok untuk kendaraan bermesin standar modern dengan kondisi mesin yang baik. 

BM1 PC 3000

Pelumas semi sintetis yang dibuat untuk operasional beban kerja ringan maupun berat, dengan keunggulan PC-AFA. Sangat cocok untuk kendaraan bermesin standar sederhana dengan kondisi mesin yang baik. Harga untuk jenis ini Rp98 ribu.

BM1 Synthetic Diesel Oil PC 6000

Pelumas semi sintetik dengan kekentalan bertingkat, dibuat khusus untuk operasional beban kerja ringan dan berat. Sangat cocok untuk mesin diesel teknologi modern (turbocharger) dan presisi tinggi, dengan keunggulan PC-AFA, mengurangi tingkat gesekan secara maksimal, sehingga kenyamanan berkendara maupun pemeliharaan mesin dapat langsung dirasakan. Harganya mencapai Rp100 ribu.

BM1 PC 1000

Pelumas semi sintetis yang dibuat untuk mesin bensin, dengan keunggulan PC-AFA, melindungi mesin dari gesekan secara maksimal, sangat cocok untuk kendaraan bermesin standar sederhana dengan beban kerja ringan. Harga Rp93 ribu. 

Untuk menghindari kerusakan mesin akibat tidak rutin ganti oli, secara berkala kendaraan diservis. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan servis ganti oli. Nah, OtoFriends yang ingin melakukan servis ganti oli bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. 

Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.