OtoFriends sedang mencari mobil baru? Upayakan jangan asal pilih atau terbuai rayuan sales begitu saja ya. Kamu tetap harus mencari tahu informasi seputar mobil yang ingin dibeli secara mandiri terlebih dahulu. Baru setelah itu boleh berkonsultasi lebih lanjut dengan orang yang kamu percayai untuk urusan otomotif ini.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Salah satu hal yang perlu OtoFriends cari tahu sebelum membeli mobil adalah reputasi merek serta kualitas mobil yang diinginkan. Untuk itu, OtoCrew telah menyiapkan daftar merek mobil dan asal negaranya yang memiliki reputasi baik serta berkualitas. 

Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Mazda

Merek mobil pertama yang cukup laris di Indonesia adalah Mazda. Mazda merupakan merek mobil asal Jepang sekaligus automaker terbesar ke-15 di dunia. Untuk itu, soal reputasi tentu tidak perlu diragukan lagi. Mobil keluaran Mazda senantiasa hadir dengan desain simple tapi mewah dan elegan serta driver oriented, yang membuat pengalaman kontrol mengemudi lebih khas ketimbang merek lain. Tak heran, brand otomotif ini kerap dijuluki sebagai BMW-nya Jepang. 

2. Toyota

Merek satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Toyota Motor Corporation juga berasal dari manufaktur otomotif multinasional Jepang yang didirikan oleh Kiichiro Toyoda pada 1937. Toyota sendiri merupakan salah satu merek manufaktur auto mobil terbesar di dunia, yang bisa memproduksi sebanyak 10 juta kendaraan setiap tahunnya.

Di Indonesia, merek ini hadir dengan berbagai tipe mobil mulai dari SUV, MPV, Sedan, Hatchback, dan lain sebagainya. Soal kualitas pun tak perlu diragukan. Meski begitu, rata-rata harga mobil Toyota cukup terjangkau, sehingga tak heran hampir seluruh mobil keluaran Toyota laris di Indonesia, bahkan banyak negara lainnya. 

3. Suzuki

Merek mobil lainnya yang berasal dari Jepang adalah Suzuki. Merek ini juga sudah mendunia, buktinya pada 2016 lalu, Suzuki tercatat sebagai produsen kendaraan terbesar ke-11 di seluruh dunia. Khusus untuk penjualan auto mobil, Suzuki dinobatkan menjadi yang terbesar ke-10 di seluruh dunia.

Selain mobil, Suzuki juga memproduksi kendaraan lainnya mulai dari sepeda motor, ATV, kursi roda, mesin kapal laut, serta berbagai engine combustion internal kecil lainnya. 

4. Honda

Honda Motor Company merupakan produsen asal Tokyo, Jepang yang tidak hanya fokus memproduksi auto mobil, melainkan juga sepeda bermotor, mesin kapal laut, generator, dan banyak produk lainnya. Merek ini tak hanya terkenal di Jepang dan Indonesia saja, melainkan juga di seluruh dunia. Per 2015 lalu, Honda dinobatkan sebagai pembuat auto mobil terbesar nomor 8 di dunia. Hingga akhir 2019, Honda tercatat sudah memproduksi hingga total 400 juta kendaraan bermotor. 

5. Isuzu

Berikutnya adalah Isuzu yang juga merupakan brand asal Jepang. Merek ini terkenal sebagai produsen mobil bermesin diesel terbaik. Selain memproduksi mobil, Isuzu motor juga aktif membuat kendaraan komersial berbasis diesel seperti truk, bus, dan konstruksi, serta mesin diesel itu sendiri. Untuk itu, mesin diesel Isuzu pun banyak digunakan oleh berbagai perusahaan manufaktur kendaraan seperti General Motors.

6. Daihatsu

Daihatsu atau Daihatsu Motor merupakan merek mobil terkenal di dunia yang juga berasal dari Jepang. Selain memproduksi mobil, Daihatsu juga dikenal sebagai salah satu produsen mesin combustion internal tertua yang masih bertahan sampai saat ini. Tak hanya itu, produsen asal negeri sakura ini juga dikenal berkat kemampuannya memproduksi kendaraan roda tiga dan kendaraan offroad. Sejak 2016, Daihatsu masuk menjadi anak perusahaan Toyota Motor Corporation sejak tahun 2016. 

7. Mitsubishi

Selain keenam merek mobil di atas, Jepang juga punya Mitsubishi Motor. Merek ini lebih fokus pada pembuatan mobil keluarga seperti Mitsubishi Triton, Xpander, dan Pajero Sport, dan lain sebagainya. Selain memproduksi mobil, Mitsubishi Group juga bergerak di industri lain di antaranya Bank MUFG, Mitsubishi Corporation, Mitsubishi Electric, dan Mitsubishi Heavy Industries.

8. Nissan

Selanjutnya, Nissan yang juga berasal dari Jepang. Jangan heran ya, sebab Jepang memang dikenal sebagai negara penghasil merek mobil terbaik dan ternama dunia. Adapun yang menjadi pembeda Nissan dengan merek mobil asal jepang lainnya adalah kendaraannya diproduksi dengan produk tuning bernama Nismo.

Nissan juga terkenal tidak hanya di Jepang dan Indonesia, melainkan dunia. Per 2013, merek ini tercatat sebagai produsen kendaraan bermotor terbesar keenam di dunia setelah Toyota, General Motors, Volkswagen Group, Hyundai Motor Group, dan Ford. Lalu, pada April 2018, Nissan dinobatkan sebagai manufaktur kendaraan elektrik terbesar di dunia dengan penjualan global lebih dari 320.000 unit kendaraan elektrik mereka. Khusus di China, Rusia, dan Meksiko, merek Nissan merupakan brand Jepang paling maju.

9. Datsun

Merek Jepang terakhir adalah Datsun yang juga merupakan anak perusahaan Nissan. Bedanya dengan Nissan, merek ini dijual dengan harga yang relatif murah terutama di Indonesia. Beberapa tipe mobil merek Datsun yang terkenal di Tanah Air adalah Datsun Go, Datsun Cross, dsb.

10. KIA

KIA merupakan merek mobil asal Korea Selatan. Merek ini awalnya dikenal dengan nama Kyungsung Precision Industry dan Kia Motor Corporation. Akan tetapi, akhirnya diubah menjadi KIA Corporation atau KIA.

Tak kalah dengan merek-merek produsen mobil asal Jepang di atas, merek ini juga sudah mendunia. Di Indonesia sendiri, merek ini bisa dibilang cukup laris. Di negara asalnya, KIA merupakan perusahaan manufaktur auto mobil terbesar kedua setelah Hyundai Motor Company. 

Nah, itu tadi 10 daftar merek mobil dan asal negaranya. Kira-kira, merek mobil mana yang paling menarik minat OtoFriends? Atau, apakah ada daftar merek mobil lainnya yang ingin kamu ketahui asalnya? Jangan segan-segan beri masukan di kolom komentar ya!

Selain itu, OtoCrew cuma ingin mengingatkan, jangan lupa lakukan perawatan rutin mobil kesayangan masing-masing di bengkel terdekat ya! Kini, menemukan bengkel terdekat tidak perlu repot-repot keluar rumah dulu. Cukup unduh aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa menemukannya sekaligus melakukan booking untuk jasa servis seperti membersihkan mesin mobil, ganti ban, dan banyak lagi.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.