Setiap interior mobil tidak bisa dibersihkan dengan satu cleaner yang sama. Lantaran, setiap ruang kabin dibuat dengan material yang berbeda-beda. Maka itu, dibutuhkan interior cleaner mobil yang cocok untuk segala jenis mobil.

Proses membersihkan dan perawatannya pun harus dibedakan, demikian pula dengan interior cleaner mobil yang digunakan. Selain untuk mendapatkan hasil yang bersih maksimal, membedakan cleaner juga penting demi menjaga agar material interior mobil tersebut tidak mudah rusak dan awet.

Namun, bagi yang tidak mau ribet, ada juga produk interior cleaner yang serbaguna, sehingga bisa dipakai untuk seluruh bagian interior mobil. Nah, berikut daftar produk interior cleaner mobil terbaik tahun 2022 ini yang bisa dipilih:

  1. KIT Multi-Purpose Cleaner

Rekomendasi interior cleaner mobil pertama yakni KIT Multi-Purpose Cleaner. Sesuai namanya, cairan pembersih satu ini bisa digunakan untuk berbagai jenis dan material interior mobil bahkan bisa juga dipakai untuk membersihkan mesin mobil.

KIT Multi Purpose cleaner diformulasikan khusus untuk membersihkan lemak atau minyak, debu, noda membandel, tumpahan makanan/minuman, dan banyak lagi. Jadi, cocok sekali untuk OtoFriends yang sedang mencari all-in-on interior cleaner mobil, bukan?

Harga: Rp25 ribu – Rp40 ribuan

  1. Masterpiece All Purpose Cleaner

Serupa dengan produk sebelumnya, Masterpiece All Purpose Cleaner juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan segala jenis dan material interior mobil. 

Diformulasikan dengan kandungan bebas asam, jadi tidak korosif. Dengan begitu, interior cleaner satu ini bisa dipakai untuk membersihkan bahkan hingga noda membandel tanpa khawatir bakal merusak material interior mobil OtoFriends.

Produk ini juga diklaim sangat aman bila terkena dengan kulit. 

Harga: Rp60 ribu – Rp80 ribuan

  1. Primo Snowy Cleaner

Selanjutnya, Primo Snowy Cleaner. Interior cleaner mobil satu ini cocok untuk OtoFriends yang peduli dengan lingkungan. Sebab, pembersih serbaguna satu ini memang diformulasikan dari bahan-bahan yang  ramah lingkungan, yang tidak mengandung fosfat dan NON-CFC. 

Produk ini diklaim bisa membunuh bakteri hingga 99,9%. Selain itu, diklaim juga dapat mencegah tumbuhnya jamur di jok dan interior mobil lainnya yang berbahan kain atau yang mudah berjamur. Dengan begitu, mobil pun jadi tidak mudah berbau apek.

Harga: Rp75 ribuan

  1. PG Permaglass Fabric Cleaner

PG Permaglass Fabric Cleaner bukan interior cleaner serbaguna. Produk satu ini lebih dikhususkan untuk jok mobil berbahan dasar kain. 

Pembersih ini telah diformulasikan untuk membersihkan kotoran dan noda yang membandel serta menghilangkan bau apek. Namun, produk ini masih bisa dimanfaatkan untuk membersihkan interior mobil lainnya yang berbahan velour dan vinyl. 

Plusnya, bisa juga dipakai di luar interior mobil seperti untuk kursi, sofa dan karpet di rumah OtoFriends. 

Harga: Rp15 ribuan (100gram) – Rp100 ribuan (625 gram)

  1. Interior Detailing Fabric

Lebih lanjut, ada Interior Detailing Fabric. Sesuai namanya, cairan pembersih satu ini dikhususkan untuk membersihkan  jok mobil berbahan kain dan beludru. 

Tak hanya membersihkan, produk ini juga diformulasikan untuk membuat tampilan jok mobil kamu menjadi seperti baru lagi. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, tinggal semprotkan pada bagian yang ada noda membandelnya, lalu tinggal dilap saja, maka noda akan hilang dan jok tampak seperti baru.

Harga: Rp80 ribuan

  1. Otobi Leather Conditioner & Cleaner

Interior cleaner selanjutnya merupakan merk lokal yaitu Otobi. Berbeda dari cleaner jok mobil sebelumnya, Otobi Leather Conditioner & Cleaner lebih diperuntukkan untuk membersihkan jok yang berbahan kulit. 

Tidak hanya membersihkan, produk ini diklaim juga mampu memberi kelembaban pada jok mobil yang berbahan kulit dan memberi proteksi dari sinar UV sehingga tidak mudah retak.

Produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa interior mobil lainnya yang berbahan dasar plastik trim. Bisa juga dipakai untuk sofa berbahan kulit di rumah.

Harga: Rp 55 ribuan.

  1. Auto Dazzling Interior Quick Detailer

Satu lagi interior cleaner serbaguna yaitu Auto Dazzling Interior Quick Detailer. Produk ini diklaim mampu membersihkan kotoran bahkan minyak yang menempel di interior mobil kamu.

Selain itu, bisa membunuh kuman hingga 99,99%, menghilangkan bau apek, sekaligus bisa melindungi interior terutama yang berbahan vinil, plastik, dan kulit tidak mudah retak dan awet. 

Kelebihan lainnya, produk ini juga bisa membuat tampilan interior tampak seperti baru serta aman bagi anak-anak.

Harga: Rp50 ribuan

  1. Meguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner

Meguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner merupakan produk pembersih sekaligus detailer. Merk satu ini kerap dipakai di salon dan auto detailing mobil, sehingga soal kualitas tak perlu diragukan lagi. 

Kelebihannya, selain membersihkan interior secara maksimal, Meguiar’s Quick Interior Detailer Cleaner juga bisa membuat tampilan interior mobil lebih berkilau. Merk ini juga tidak meninggalkan bau yang menyengat saat digunakan, sehingga cocok buat OtoFriends yang sensitif dengan bau-bauan.

Namun, perlu diingat, cairan pembersih ini hanya bisa digunakan untuk interior mobil berbahan plastic, vinyl, kulit, karet dan besi.

Harga: Rp180 ribu – Rp200 ribuan.

  1. STP Tuff Stuff

STP Tuff Stuff cukup populer dan banyak dipakai oleh pengendara roda empat. Produk satu ini merupakan foam pembersih serbaguna yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda-noda membandel, membersihkan, dan mengangkat kotoran dengan maksimal. 

Interior cleaner ini bisa digunakan di seluruh interior mobil baik yang berbahan kulit, vinyl, kain, beludru, hingga karpet. Kelebihannya, foam cleaner ini sangat aman karena tidak mengandung Fluorocarbon dan Phosphate, jadi tidak berbahaya bila terkena kulit.

Harga: Rp70 ribu – Rp80 ribuan.

  1. Armor All Cleaning Wipes

Tak seperti interior cleaner lainnya yang berbentuk cairan dan foam, produk satu ini justru berbentuk tisu basah. Lantas, apa bedanya dengan tisu basah lainnya?

Armor All Cleaning Wipes ini tisu basah khusus untuk membersihkan interior mobil, terutama kotoran yang sulit dibersihkan. Tidak hanya itu, tisu basah ini juga diklaim mampu mengembalikan kondisi jok kulit seperti baru lagi, tanpa merusak permukaan interior mobil.

Hanya saja, harganya terbilang mahal antara Rp300 ribu- Rp500 ribuan per kemasan

Hanya saja harga yang ditawarkan terbilang paling mahal diantara semua produk yang ada dengan kisaran Rp300 ribuan sampai Rp500 ribuan per kemasan (isi 30 lembar).

  1. Astonish Leather Conditioning

Rekomendasi interior cleaner mobil lainnya adalah Astonish Leather Conditioning. Sesuai namanya, cairan pembersih ini lebih diperuntukkan untuk interior mobil berbahan dasar kulit atau vinyl.

Selain membersihkan, produk ini juga efektif memberikan kelembaban sehingga tidak mudah retak. Tak hanya untuk interior mobil, banyak juga yang memanfaatkan produk ini untuk membersihkan peralatan rumah tangga yang berbahan kulit seperti sofa, tas kulit, bahkan jaket dan barang-barang yang terbuat dari kulit lainnya.

Harga: Rp 90 ribuan.

  1. Waxco Tough Stain

Produk ini cocok untuk membersihkan noda yang membandel dengan cepat. Tidak hanya yang menempel pada interior berbahan dasar kain, tapi bisa juga untuk bahan lainnya yakni suede, beludru, kulit hingga karpet.

Waxco Tough Stain diklaim dapat membersihkan noda yang menempel pada material fabric, suede, plafon bahan kain, karpet, serta beludru. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah tinggal disemprotkan ke bagian yang ada noda membandelnya, diamkan 1-2 menit, lalu dilap dengan kain bersih atau kain microfiber yang sedikit dibasahi dengan air.

Harga: Rp80 ribuan

  1. Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant

Produk satu ini cocok untuk membersihkan LCD screen yang ada di head unit mobil. Sebab kandungannya sudah diformulasikan agar tidak merusak lapisan LCD yang ada di mobil.

Selain itu, Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant juga bisa dipakai untuk interior mobil lainnya berbahan vinyl, plastik, kulit, dan fabric. Kelebihan lainnya, produk ini juga diklaim bisa membunuh kuman serta melindungi dari sinar ultraviolet.

Harga: Rp170 ribu – Rp250 ribuan

  1. Sonax Xtreme Interior Cleaner

Produk selanjutnya adalah Sonax Xtreme Interior Cleaner. Cleaner ini bisa digunakan pada hampir seluruh interior mobil berbahan kulit, plastik, sintetis dan fabric. 

Menariknya, Sonax Xtreme Interior Cleaner juga bisa untuk membersihkan bagian plafon mobil. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih ini ke bagian yang ingin dibersihkan. Lalu, gosok secara perlahan menggunakan kain microfiber.

Harga: Rp200 ribuan.

  1. Shinelab Quick Interior

Shinelab Quick Interior adalah interior cleaner yang bisa menghilangkan noda dan kerak membandel. Produk ini termasuk pembersih serbaguna yang bisa dipakai untuk membersihkan dashboard, jok, plafon dan panel mobil.

Tak hanya menghilangkan noda dan kerak, cairan pembersih tersebut diklaim bisa memberi efek glow pada permukaan interior mobil. Kelebihan lainnya, produk ini punya aroma citrus yang segar yang bisa melawan bau apek di mobil.

Harga: Rp 135 ribuan.

Nah, itulah daftar interior cleaner mobil yang bisa dijadikan referensi. OtoFriends tertarik pakai produk interior cleaner yang mana?

Bagi masih ragu mencuci interior mobil secara mandiri di rumah, ada baiknya serahkan pada mekanik di bengkel terdekat. Kini, sudah banyak bengkel yang menyediakan layanan salon mobil atau auto detailing mobil.

Cari saja melalui aplikasi Otoklix. Dari aplikasi tersebut, kamu juga bisa melakukan booking service sehingga tak perlu mengantri menunggu giliran cuci mobil lagi.