Mesin mobil kotor? Hal ini tidak seharusnya dibiarkan. Karena mesin yang kotor adalah salah satu penyebab gangguan pada mesin mobil. Membersihkan mesin mobil tidak boleh dikerjakan dengan sembarangan. Sebelum kamu mulai melakukannya, adalah lebih baik kamu melakukan riset, apa saja yang kamu butuhkan dan yang harus kamu lakukan. 

Kamu tidak harus pintar dalam hal tentang mesin mobil untuk bisa membersihkan, kamu hanya harus paham bagian-bagian mesin yang harus dibersihkan. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang fatal yang mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil kamu.

Mesin mobil yang bersih akan menambah performa kendaraan kamu juga. Penasaran dengan cara membersihkan mesin mobil agar awet dan tahan lama? Simak informasinya di sini. 

Cara Membersihkan Mesin Mobil Tanpa ke Detailing

Secara umum, membersihkan mesin mobil jenis kendaraan apapun adalah sama. Baik itu mobil matic, mobil tua, mobil manual atau mobil eropa.

Kotoran-kotoran pada mesin mobil dapat menyebabkan karat pada komponen mesin yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin pada saat dikendarai. Membersihkan mesin adalah tindakan pencegahan kerusakan agar pengeluaran tidak membengkak. 

Membersihkan mesin tentu tidak sama dengan kamu membersihkan body atau interior mobil. Baik caranya dan peralatan yang dibutuhkan. Ada banyak komponen kelistrikan yang saling bersinergi pada mesin agar kendaraan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kamu harus berhati-hati, jangan sampai membuat kamu kesetrum atau terjadi korsleting. Hal-hal yang bisa kamu lakukan saat kamu membersihkan mesin mobil tanpa harus ke detailing adalah:

1. Parkir kendaraan di lokasi yang tidak terkena matahari langsung

Pilihlah lokasi yang teduh, karena terdapat komponen atau bagian yang terbuat dari karet pada mesin mobil yang dapat memuai dan rapuh karena panas. Hal ini akan dapat berpengaruh pada kinerja mesin kamu nantinya. Tetapi kamu harus pastikan bahwa kamu mendapat cukup cahaya untuk memudahkan dalam proses pembersihan mesin mobil.

2. Panaskan mesin mobil sebelum dibersihkan

Memanaskan mesin mobil selama kurang lebih 15 menit lalu diamkan sebentar. Karena mesin panas yang langsung dibersihkan bisa saja membuat mesin rusak. Tunggu sampai dingin, baru kamu bisa mulai membersihkan mesin mobilmu. Agar kamu mudah membersihkan kotoran yang membandel pada mesin. Kotoran pada mesin yang dingin lebih susah dibersihkan.

3. Mulai dari yang mudah – debu dan kotoran ringan

Tahap awal adalah lebih baik dengan mulai membersihkan debu dan kotoran ringan. Gunakan kuas atau sikat untuk menghilangkan debu pada permukaan mesin. Kain lap juga bisa membantu membersihkan debu-debu yang menempel. Kalau kamu punya hairdryer atau blower, kamu bisa menggunakannya, sehingga kamu tidak perlu menggunakan air pada proses ini. 

4. Lepaskan aki mobil

Aki adalah sumber listrik pada kendaraan. Dengan melepaskannya, kamu memutuskan aliran listrik untuk menghindari terjadinya korsleting listrik. Karena pada tahap ini, kamu akan menggunakan air. Jangan lupa untuk membungkus perangkat lainnya dengan plastik, aluminium foil, atau kain untuk melindunginya dari air. Simpan dengan baik baut-baut dan komponen lainnya untuk memudahkan pada saat pemasangan aki kembali.

5. Membersihkan kap mesin mobil

Bagian bawah kap mobil adalah bagian pertama yang bisa kamu bersihkan, karena mudah dijangkau dan letaknya diatas. Gunakan sikat dan kuas dan juga cairan pembersih serbaguna. Bilas dengan air secukupnya dan keringkan dengan lap microfiber.

6. Lebih mudah dengan steamer

Dengan bantuan alat steamer uap, kamu bisa menjangkau bagian-bagian dengan permukaan besar. Semprotkan steamer ke bagian yang akan dibersihkan dan mulai dengan proses pembersihan. Uang yang keluar akan membantu mengangkat kotoran dengan mudah dan cepat. Tapi kamu jangan khawatir, tanpa steamer pun kamu bisa membersihkan mesin mobil kok.

7. Selalu keringkan bagian yang sudah dibersihkan

Mengeringkan bagian-bagian yang sudah dibersihkan akan berguna sebagai pencegahan timbulnya karat di kemudian hari pada permukaan mesin. Gunakan lap microfiber yang sebelumnya sudah dibilas terlebih dahulu. 

Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Pentingnya membersihkan kerak oli pada mesin sebagai bagian dari perawatan kendaraan agar selalu dalam kondisi prima selama dipakai. Kerak oil yang menempel biasanya adalah dari oil lama yang dibiarkan. Tidak hanya kelihatan kotor, bila hal ini dibiarkan akan merusak kendaraanmu nantinya. 

  • Terlebih dahulu, kamu harus siapkan peralatannya, yaitu sikat gigi, spons, dan kain microfiber. Kamu juga membutuhkan engine conditioner sebagai pembersih khusus. Cairan ini akan menghasilkan busa ketika disemprotkan ke ruang bakar. Sehingga pembersihkan kerak oli menjadi lebih mudah. 
  • Selain engine conditioner, kamu juga membutuhkan engine flush. Bentuknya seperti detergent, fungsinya untuk membersihkan jalur oli di kendaraanmu. Caranya dengan memasukkan kedalam bagian mesin sebelum mengganti oli atau masih terdapat oli yang lama.
  • Gunakan engine degreaser sebagai pelengkap engine flush. Cairan ini berguna untuk membersihkan ruang mesin secara total. Semprotkan ke bagian mesin, lalu sikat dengan air sabun hingga bersih.

Tidak hanya membuat mesin menjadi kotor, kerak oli pada mesin bisa menurunkan performa mobil. Bahkan bisa berpotensi membahayakan keselamatan kamu. Lakukan pembersihan kerak oli pada mesin secara berkala sebagai bagian perawatan rutin. 

Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua

Buat kamu pecinta mobil tua atau klasik, tentu saja menjaga kebersihan mesin mobilmu menjadi sangat penting. Pada dasarnya, cara dan alatnya sama dengan mencuci mesin mobil baru, seperti penjelasan diatas. Hanya saja kamu harus lebih berhati-hati terhadap komponen listrik yang ada didalam mesin mobil tua. Karena mesin mobil tua cukup rentan akan terbakar. Jangan gunakan bensin atau solar sebagai cairan pembersih. 

Komponen yang paling penting dibersihkan adalah radiator. Karena radiator ini sangat mempengaruhi performa, jadi wajib dibersihkan secara rutin. Pastikan kendaraan dalam kondisi benar-benar dingin, untuk menghindari pemaksaan pendinginan secara paksa. Yang akan memperlambat kinerja mesin ketika dipakai.

Melihat tahap-tahap diatas, membersihkan mesin mobil bukan hal yang sulit. Dengan bantuan alat dan bahan yang tepat, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah. Walau prosesnya memakan waktu dan tenaga, tetapi tentu hasilnya akan memuaskan. Menjaga kondisi ruang mesin tetap bersih tentu akan menambah nilai tersendiri pada kendaraan kita. 

Buat kamu yang butuh membersihkan mobil, khususnya cuci mobil bisa cek aplikasi Otoklix.com dan pilih fitur bengkel terdekat.