Dempul mobil adalah teknik yang dilakukan oleh bengkel body repair untuk memperbaiki body mobil yang penyok karena tabrakan, memperbaiki goresan atau baret, bagian body mobil yang terkelupas atau memperbaiki body mobil yang kurang rata karena berbagai faktor.

Cara dempul mobil cukup mudah yakni dengan memoles ulang lapisan kerangka body mobil yang penyok atau baret atau kurang rata tersebut. Teknik dempul mobil juga bisa digunakan untuk memoles nat mobil pada permukaan yang melengkung atau hilang.

Untuk melakukan dempul mobil dilakukan di bengkel spesialis body repair yang sudah memahami dengan baik teknik ini. Untuk menambah wawasan OtoFriends, artikel ini akan membahas tentang jenis dempul mobil, produknya, tips memilih dempul mobil terbaik sampai cara dempul mobil yang benar.

Jenis Dempul Mobil

Ada tiga jenis dempul mobil, yakni dempul plamir, dempul plastik dan dempul buatan. Untuk menentukan jenis dempul mobil apa yang akan kita gunakan, berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis dempul mobil.

1. Dempul plamir

Dempul plamir biasanya saat menggunakannya harus dicampur dengan tiner. Jenis dempul ini memiliki daya rekat yang baik dan tahan karat tetapi durasi pengeringannya tergolong lama.

2. Dempul Plastik

Jenis dempul ini menggunakan organic peroxide sebagai hardener dan ada kandungan pigmen sehingga mudah diamplas dan memiliki waktu pengeringan yang cepat dan memiliki bahan dasar plastik. 

Biasanya digunakan untuk menutup cat yang parah dan pemberi bentuk pada permukaan. Ada banyak variasi dempul jenis ini seperti Alfaglos, SanPolac, Isamu, dll. 

3. Dempul Buatan

Dempul buatan tergolong sebagai dempul dengan kualitas rendah karena bisa dibuat hanya menggunakan cat dasar dan bedak talk. 

Baca juga: Tips Mengatasi Bemper Mobil Penyok

Rekomendasi dan Harga Dempul Mobil

Berikut ini rekomendasi merk dempul mobil dan perkiraan harganya. Perlu diingat bahwa harga bisa berubah sewaktu-waktu. 

1. SanPolac

Dempul SanPolac digunakan untuk memperbaiki secara struktural dengan kecepatan kering yang cepat dan dapat menghasilkan permukaan yang halus.

Dempul ini tergolong sebagai dempul plastik dan biasanya dicampur dengan pasta pengeras. Kemasan dempul SanPolac memiliki banyak ragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Harga: Rp35.000-Rp50.000/kg

2. Autolux 66 PE Putty

Dempul mobil keluaran Nippon Paint ini bisa digunakan langsung di atas permukaan logam dan memiliki lapisan yang tebal. Komponen yang dimiliki Autolux 66 PE Putty ada base yang merupakan resin polyester pilihan dan hardener. Permukaan yang dihasilkan juga halus sehingga memudahkan untuk diamplas. 

Harga: Rp35.000/kg

3. Isamu

Karakteristik dempul Isamu mirip dengan SanPolac, memiliki tekstur yang lembut dan lunak. Selain itu, bisa digunakan tanpa menggunakan resin. Mayoritas pengguna mobil banyak menggunakan dempul Isamu.

Harga: Rp50.000/kg

4. Power Lux

Power Lux merupakan dempul mobil yang berbahan plastik dan biasanya dicampur dengan pasta pengeras. Variasi ukuran Power Lux ada 2 yaitu 1,4 kg dan 4 kg. 

Harga: Rp58.000/1,4kg

5. Glasit

Mobil-mobil keluaran terbaru pabrik banyak menggunakan dempul Glasit karena memiliki ketahanan yang bagus dan tergolong sebagai kualitas terbaik. Dempul Glasit juga memiliki daya rekat yang kuat untuk digunakan. Jangan heran jika dempul Glasit dijual cukup mahal dipasar. 

Harga: Rp70.000-Rp75.000/kg

6. Tanuri

Dempul Tanuri cocok untuk kebutuhan mobil yang tergores ringan. Dempul ini berbahan polyester putty sehingga dapat menutup goresan ringan pada body mobil.

Harga: Rp85.000/galon

7. Alfaglos Body Light

Dempul Alfaglos memiliki ketahanan terhadap korosi dan memiliki daya rekat yang terbilang baik. Pemakaian dempul ini bisa dibilang akan mirip dengan bawaan pabrik karena memiliki ketebalan yang hampir sempurna. Alfaglos menjadi salah satu merk terbaik dengan kualitas yang terbaik. 

Harga: Rp145.000/kg

Tips Pilih Dempul Mobil Terbaik

Selain memilih alat dempul mobil sesuai jenisnya, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal saat memilihnya. 

Setiap brand produk dempul mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita ingin membeli produk dempul mobil terbaik dengan harga dempul mobil yang murah.

Namun, bila hanya menginginkan harga dempul mobil murah kita akan sulit memutuskan produk dempul mobil yang mana. Berikut ini tips memilih produk dempul mobil terbaik, di antaranya:

  • Pilih jenis dempul mobil yang sesuai dengan tipe kerusakan body mobil. Tipe kerusakan karena baret atau goresan, body mobil penyok atau hanya mengganti cat mobil saja, semua tipe kerusakan menggunakan karakteristik dan jenis dempul mobil yang berbeda.
  • Pilih produk dempul mobil berdasarkan ukuran kemasan catnya. Pasalnya, bertambah banyak titik baret atau penyok maka kita membutuhkan dempul mobil dari berbagai ukurannya.
  • Plih produk dempul mobil yang memiliki daya rekat kuat
  • Pilih warna yang sama atau bahkan hampir sama dengan warna dasar body mobil.

Teknik pendempulan ini hampir sama fungsinya dengan ketok magic dalam hal mengatasi penyok dan baret pada body mobil. Namun, dalam pengerjaannya harus dilakukan dengan benar agar menghasilkan warna yang senada dengan warna dasar mobil.

Selain itu, bila kurang memperhatikan produk dempulan mobil, maka kita berpotensi merugi karena produk abal-abal justru bisa menciptakan retak pada body mobil.

Baca juga: 8 Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok

Cara Dempul Mobil yang Benar

Biasanya, kita bisa melihat cara dempul mobil melalui petunjuk yang tertulis pada kemasan produk. Secara garis besar, cara mendempul mobil yang benar sebagai berikut:

  • Mempersiapkan bahan dan alat dempul mobil yang dibutuhkan seperti masker, sarung tangan, lap microfiber, palu, mesin amplas dan produk dempulnya.
  • Campurkan produk dempul dan hardener atau pengeras dempul dengan rasio 10:2. Jangan terlalu banyak mencampurkan hardener agar nantinya demput lebih cepat keringnya.
  • Membersihkan permukaan body mobil yang ingin didempul menggunakan mesin amplas untuk membersihkan karat. Sedangkan kotoran yang menempel bisa dibersihkan menggunakan lap microfiber.
  • Selanjutnya, ratakan permukaan body mobil yang penyok atau tergores dengan palu.
  • Pastikan bahwa permukaan tersebut telah halus dan rata, lalu kita bisa mulai melakukan dempul mobil di bagian permukaan yang ingin dicat.
  • Oleskan dempul mobil pada bagian yang penyok secara tipis-tipis hingga lubang atau goresan tersebut telah tertutup rata.
  • Terakhir, bila lapisan dempul tersebut telah kering sempurna, maka kita bisa meratakan dempul menggunakan mesin amplas kasar agar hasil dempul mobil lebih maksimal.

Baca juga: Bengkel Body Repair Terdekat, Tips Memilihnya dan Biaya

Hal yang perlu dicermati saat mendempul mobil

Melakukan dempul mobil sebaiknya dilakukan di tempat terbuka yang luas agar kita bisa leluasa mengecat body mobil. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. 

Misalnya saja masker, lap atau kain, kertas amplas besi, batang pengaduk, penutup muka, sarung tangan, body part fiber, kertas amplas halus, dan beberapa wadah yang akan digunakan untuk campuran cat.

Sementara itu, bahan yang perlu dipersiapkan di antaranya ada produk dempul mobil, hardener, cat dasar, dan tiner.

Sebagai catatan penting bahwa hindari melakukan dempul mobil terlalu tebal atau terlalu sering melakukan dempul mobil karena hal tersebut justru membuat keretakan di bagian penyok atau goresan tersebut. 

Terlebih lagi bila komposisi dempul kurang tepat maka bisa memperparah kerusakan di bagian tekstur body mobil dan warna cat berpotensi belang.

Terlalu sering melakukan dempul mobil juga berpotensi menurunkan harga jual mobil kembali karena penampilan mobil, khususnya body mobil yang sudah compang-camping di sana-sini.

Mengapa Dempul Mobil Penting?

Dempul mobil biasanya digunakan untuk memperbaiki lapisan permukaan dengan cara memoles ulang. Pemilik mobil tentunya selalu mengkhawatirkan tampilan mobilnya, apalagi jika ada penyok, goresan, dan cat mobil yang sudah kusam atau terkelupas di permukaannya. 

Masih banyak orang yang menyepelekan jika ada goresan atau penyok pada permukaan mobil. Padahal mobil akan sangat tidak enak dipandang jika permukaan mobil tidak mulus. 

Oleh karena itu, dengan melakukan pendempulan pada mobil, permukaan mobil akan kembali mulus. Tetapi, selalu pastikan dan perhatikan saat melakukan pendempulan mobil, jangan terlalu tebal maupun terlalu sering karena itu bisa menyebabkan keretakan pada tekstur dan warna.  

Penyebab Tergoresnya Bodi Mobil

Karena dempul mobil memiliki varian yang banyak, kita harus memahami kebutuhan mobil. Sebaiknya pahami terlebih dahulu tujuan menggunakan dempul mobil. Dempul memiliki karakteristik yang berbeda, dari hanya untuk goresan ringan hingga untuk kerusakan parah pada permukaan mobil. 

Selama berkendara, pasti akan ada banyak kejadian yang tidak bisa dihindari dijalanan seperti terbentur tembok, tertimpa benda keras, dan bahkan bisa menabrak sesama mobil. Selain itu, perlu diperhatikan lagi jika ada ranting-ranting pohon ketika mobil berada di bawah pohon. 

Kejadian-kejadian tersebut bisa menjadi salah satu faktor tergoresnya bodi mobil yang membuat tampilan mobil menjadi tidak semulus biasanya. Bahkan faktor usia pemakaian mobil juga bisa menjadi penyebab tergoresnya bodi mobil. 

Demikian informasi seputar dempul mobil yang bisa digunakan agar tidak keliru saat mau menggunakannya.  Butuh solusi dari segala permasalahan mobilmu? Download aplikasi Otoklix. Kamu juga bisa mencari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Dempul Mobil

Dempul mobil diperlukan untuk memperbaiki body mobil yang penyok karena tabrakan, memperbaiki goresan atau baret, bagian body mobil yang terkelupas atau memperbaiki body mobil yang kurang rata karena berbagai faktor.

Dempul SanPolac digunakan untuk memperbaiki secara struktural dengan kecepatan kering yang cepat dan dapat menghasilkan permukaan yang halus.

Umumnya, dempul mobil menggunakan produk dempul mobil khusus berdasarkan jenisnya dan dicampur dengan hardener dengan rasio 10:2. Untuk jenis dempul mobil plamir menggunakan bahan epoxy resin dan amine yang dicampur dengan tiner. Atau jenis plastik menggunakan campuran bahan plastik dan hardener.