Setelah membeli mobil, tugasmu selanjutnya adalah melakukan perawatan. Tentu saja kamu ingin memberikan perawatan terbaik untuk mobilmu, kan?

Artikel ini bisa kamu simak untuk mempertimbangkan service mobil Daihatsu kamu di bengkel umum atau di bengkel resmi dan juga untuk mempersiapkan bujet perawatan mobilmu.

Bengkel Umum atau Bengkel Resmi?

Enam alasan ini bisa kita pertimbangkan untuk melakukan service mobil Daihatsu kita di bengkel umum atau di bengkel resmi.

1. Keahlian teknisi

Alasan utama kita mencari bengkel yang berkualitas tentu saja melihat teknisinya, dong. Jika teknisinya andal, terlatih, bersertifikat resmi Daihatsu, kita bisa dengan tenang mempercayakan service mobil Daihatsu kita di bengkel tersebut. 

Teknisi di bengkel resmi Daihatsu sudah tersertifikasi dan dilatih untuk menguasai produk-produk khusus Daihatsu, sehingga memastikan perbaikan yang benar-benar sesuai dengan produknya.

Akan tetapi, bukan berarti service mobil Daihatsu di bengkel umum tidak bagus. Seperti yang kita ketahui, bengkel-bengkel umum saat ini juga sudah memiliki teknisi yang ahli, ramah, dan berkualitas. Kamu bisa mengecek ulasannya di bengkel umum tujuan kamu.

2. Orisinalitas suku cadang

Bengkel resmi pasti menggunakan suku cadang yang asli, tak perlu diragukan lagi. Penggunaan suku cadang yang asli jelas sudah kompatibel dengan komponen lainnya di mobil Daihatsu milikmu, memiliki daya tahan yang lebih baik, sudah teruji performanya, serta memiliki garansi. 

Sementara itu, suku cadang yang dimiliki bengkel umum beragam, mulai dari suku cadang yang original (OEM/original equipment manufacturer) sama seperti yang dijual di bengkel resmi, lalu suku cadang non-OEM, sampai dengan suku cadang berkualitas rendah. Perlu kamu ketahui, meskipun tidak menggunakan suku cadang asli, suku cadang aftermarket dengan kualitas yang bagus juga bisa menjadi alternatif dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Contohnya adalah bengkel umum yang sudah terdaftar sebagai OtoSelect. OtoSelect adalah bengkel-bengkel yang disupport penuh oleh Otoklix, sehingga standar pelayanannya juga sudah sesuai Otoklix. Selain itu, spare part yang dijual juga orisinal. Jadi, jangan kawatir service mobil di bengkel OtoSelect ya.

3. Kelengkapan peralatan

Bengkel resmi Daihatsu biasanya memiliki peralatan yang lengkap, sesuai dengan teknologi dan kebutuhan servis dari model-model terbaru mobil Daihatsu. Kelengkapan peralatan membantu mempercepat proses service.

Namun, tidak menutup kemungkinan bengkel umum pun memiliki peralatan lengkap, yang mengikuti perkembangan model-model terbaru Daihatsu. Yang terpenting, mencari bengkel umum yang terpercaya untuk service mobil Daihatsu kamu.

4. Sistem reminder untuk perawatan berkala

Jangan sampai kamu melewatkan perawatan berkala. Kamu bisa membaca buku manual kendaraan untuk melakukan service berkala sesuai dengan yang dibutuhkan mobil. Selain itu, beberapa bengkel resmi memiliki layanan reminder. Kamu akan diingatkan untuk melakukan servis saat sudah mendekati jadwal perawatan.

Bengkel umum belum tentu atau bahkan tidak memiliki reminder. Sehingga kamu perlu mencatat dan melakukan pengingat sendiri agar service berkala mobilmu tidak terlewat. Akan tetapi, bengkel umum juga memiliki sistem kartu servis. Pada kartu servis tersebut tercatat mobil kamu sudah servis apa saja.

5. Kelengkapan riwayat service

Baik di bengkel resmi maupun di bengkel umum yang bagus, biasanya ada catatan seluruh riwayat service mobil Daihatsu kamu, perbaikan dan penggantian suku cadang dengan rapi. Keuntungannya adalah harga jual mobil akan lebih tinggi kalau mobil rajin diservis.

6. Paket hemat dan garansi service

Bengkel resmi akan memberikan paket hemat, paket hemat mini, garansi service sebagai bentuk after sales mereka. Di bengkel resmi Daihatsu, untuk tipe Ayla, Sigra, All New Sirion, All New Terios, dan Grand New Xenia akan mendapatkan biaya gratis untuk jasa atau tenaga kerja. 

Jika mobil kamu masih dalam batas servis gratis dari bengkel resmi, sebaiknya gunakan layanan bengkel resmi. Tetapi jika sudah lewat masa servis gratis, kamu juga bisa menggunakan bengkel umum. Tidak perlu khawatir mempercayakan servis mobil di bengkel umum. Asalkan memilih bengkel umum berkualitas bagus dan sudah banyak direkomendasikan pengguna mobil lainnya.

Kelebihan lainnya adalahnya biasanya tarif rata-rata servis kendaraan di bengkel umum relatif lebih murah. Harga tersebut ditentukan oleh diagnosa teknisi di bengkel umum. Contohnya, biaya tune-up dibanderol Rp350.000. Bisa jadi di bengkel lain hanya Rp100.000, tergantung kerusakan yang didiagnosa teknisi.

Biaya Service Mobil Daihatsu

Otoklix akan memberi kamu informasi service mobil Daihatsu yang dilansir dari website resmi Daihatsu. Beberapa tipe mobil Daihatsu ini tidak perlu membayar ongkos jasa hingga 2,5 tahun pertama setelah pembelian mobil.

KILOMETER SERVICE

TIPE MOBIL3 tahun
60.000 km
3,5 tahun
70.000 km
4 tahun
80.000 km
4,5 tahun
90.000 km
5 tahun
100.000 km
Ayla421.000330.000597.000361.000527.000
Sigra421.000330.000597.000361.000463.000
All New Sirion422.000398.000714.000398.000474.000
All New Terios585.000539.000773.000539.000585.000
Grand New Xenia651.000631.000883.000631.000651.000

Biaya service mobil Daihatsu di atas bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Harganya juga tentu berbeda antara bengkel resmi dan bengkel umum. Harga servis mobil bisa langsung terlihat ketika kamu akan booking bengkel di aplikasi Otoklix.

Kamu mencari bengkel tepercaya untuk service mobil Daihatsu kamu? Instal saja aplikasi Otoklix

Otoklix punya mitra bengkel terbaik dan terdekat sesuai lokasimu di Jabodetabek yang bisa kamu datangi. Banyak promo-promo menarik juga sehingga biaya service mobil Daihatsu kamu bisa jadi lebih murah. Jadwalkan servis mobil rutinmu di Otoklix, yuk!