Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia menggunakan ukuran ban yang sama, yaitu 185/70. Berbagai produsen ban membanderol harga ban mobil Xenia dengan bervariasi, tergantung fitur yang ada pada ban tersebut.

Apa saja merek ban mobil yang menjadi pilihan ban mobil Xenia dan Avanza? Berapa harganya? Mari kita bahas.

Harga Ban Mobil Xenia dan Avanza

Ban merupakan komponen yang penting untuk keselamatan berkendara. Jadi, jangan abaikan waktu penggantian ban mobil ya. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp475 – 900 ribuan untuk ban mobil Xenia. Memangnya, berapa sih harga ban mobil Xenia?

Daihatsu Xenia maupun Toyota Avanza menggunakan ban dengan ukuran 185/70/14. Jadi, kamu bisa menggunakan merek apapun asal memiliki ukuran tersebut. Salah satu contohnya adalah Bridgestone Ecopia, GT Radial, dan lain-lain.

1. Bridgestone

Bridgestone Ecopia 150 dan Bridgestone B250 menjadi ban yang banyak digunakan pada Daihatsu Xenia. Bridgestone B250 dibanderol dengan harga sekitar Rp689 ribuan. Sementara itu Bridgestone Ecopia EP150 bisa didapat dengan harga Rp525 ribuan. Harga ini bisa berbeda tergantung di bengkel mana kamu membeli ban.

Bridgestone Ecopia memiliki performa dan kualitas yang baik dan mengejutkan dibandingkan dengan harganya yang tergolong cukup terjangkau. Daya cengkeramnya bagus di jalanan basah dan jarak pengereman yang lebih baik. Bobotnya cukup ringan, tetapi tetap kokoh.

Hambatan gulirnya juga rendah, sehingga mesin bekerja lebih ringan. Hal ini berpengaruh juga terhadap konsumsi bahan bakar. Mesin yang bekerja ringan akan membuat bahan bakar menjadi lebih irit. Hanya saja, di antara keunggulannya, ban Bridgestone Ecopia memiliki usia pakai yang lebih pendek dibandingkan ban sejenis, yaitu 60 – 65 ribuan kilometer. Sementara ban biasa bisa 65 – 70 ribuan kilometer.

Selain Bridgestone Ecopia EP150, Bridgestone Turanza T005 dan Bridgestone Techno Tecaz juga bisa menjadi pilihan. Harga dari masing-masing ban tersebut adalah Rp862 ribuan dan Rp600 ribuan.

2. GT Radial

Selain Bridgestone, GT Radial juga memiliki ban dengan ukuran 185/70/14. Ban ini juga tentunya bisa digunakan sebagai pilihan ban Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Varian ini bernama GT Radial Champiro Eco. Harga ban mobil Xenia yang satu ini adalah Rp445 – 500 ribuan. Ada pula GTX Pro yang bisa menjadi pilihan. Harga ban ini sekitar Rp535 ribuan. Selain itu GT Radial Champiro GTR 378 juga bisa menjadi pilihan dengan harga Rp476 ribuan.

3. Dunlop

Merek berikutnya yang bisa menjadi pilihan ada Dunlop. Banyak varian Dunlop yang bisa digunakan sebagai ban mobil Xenia. Di antaranya adalah Dunlop SP10 dan Dunlop LM704. Bagi sebagian pengguna, Dunlop dianggap lebih kokoh dibandingkan dengan Bridgestone Ecopia. Harga untuk Dunlop SP10 adalah Rp440 ribu sedangkan Dunlop LM704 adalah Rp600 ribuan.

4. Merek lainnya

Ada pula merek lain selain tiga merek di atas. Ada Achilles 70 series dengan harga sekitar Rp540 ribuan. Ada Michelin Energy XM2 dengan harga sekitar Rp721 ribuan, ada pula Toyo Neo 3 dengan harga sekitar Rp634 ribuan.

Tips Merawat Ban Mobil

Mengapa ban mobil harus dirawat? Merawat ban mobil memiliki beberapa keuntungan. Selain meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, merawat mobil juga bisa membuat usia pakai ban mobil lebih lama lho. Jadi, kamu tidak perlu cepat-cepat ganti ban mobil baru. 

Jadi, simak tips merawat ban mobil di bawah ini ya. 

1. Cek kondisi ban secara rutin

Pertama, cek kondisi fisik dari ban mobil secara rutin. Apakah ada yang sobek atau ada batu-batu kecil yang menempel pada telapak atau alur kembangan ban. Apalagi jika melewati jalanan berlumpur. Lumpur tersebut bisa masuk ke sela-sela kembang ban dan mengering.

Jika dibiarkan, tentunya kerikil tersebut bisa merusak permukaan ban mobil. Selain itu, adanya kotoran pada ban juga bisa menghambat laju kendaraan. 

2. Mengisi tekanan udara

Tips merawat ban mobil yang kedua adalah dengan menjaga tekanan udara ideal pada ban mobil. Ban dengan tekanan udara yang ideal bisa menghemat bahan bakar. Selain itu, tekanan ban yang tidak ideal bisa mengganggu kestabilan berkendara. Sebaiknya cek tekanan udara ban mobil setiap seminggu sekali jika memang mobil digunakan setiap hari. 

3. Menyemir ban

Melakukan penyemiran dapat membuat ban mobil terlihat lebih bersih dan hitam seperti baru. Selain itu, biasanya semir ban juga memiliki tambahan formula yang dapat mencegah guratan halus pada dinding ban akibat panas atau pemakaian. Kelenturan ban dapat terjaga sehingga karetnya tidak cepat getas.

4. Rotasi ban

Posisi dari keempat ban perlu ditukar secara berkala. Tujuannya agar keausan lebih merata. Pasalnya, biasanya ban depan mobil bisa lebih cepat aus dibandingkan dengan ban belakang. Penyebabnya adalah ban depan digunakan untuk berbelok dan mengerem. Sebaiknya lakukan rotasi ban setiap 5.000 kilometer sekali.

5. Memperhatikan barang bawaan

Bobot kendaraan ditambah bobot penumpang dan barang bawaan tentunya akan memperberat kerja ban. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan beban kendaraan ketiga bepergian. 

6. Spooring dan balancing

Spooring dan balancing diperlukan agar ban tetap stabil ketika dikendarai. 

Nah, itu dia pilihan dan harga ban mobil Xenia serta tips merawat ban mobil. Kamu bisa melakukan perawatan ban di bengkel ban mobil terdekat. Dapatkan harga yang bersaing dengan booking dan servis mobil melalui aplikasi Otoklix. Booking sekarang yuk!