Siapa yang masih suka malas-malasan ketika bangun pagi? Ternyata mood di pagi hari bisa memengaruhi kita sepanjang hari. Jadi, kita perlu tahu apa saja rutinitas atau tips produktif di pagi hari agar hari-hari berjalan lancar.

Tips produktif di pagi hari ini berguna untuk membantu kita mencapai tujuan-tujuan dari tugas yang dikerjakan setiap hari. Sehingga bisa lebih efektif mencapai tujuan jangka panjang. 

Cek selengkapnya!

Banner

10 Rutinitas Pagi Meningkatkan Produktivitas

Bagi morning person, bangun pagi dan melakukan aktivitas produktif tidaklah sulit. Akan tetapi, bagi yang tidak terbiasa bangun dan beraktivitas di pagi hari, tentu hal ini jadi sebuah kesulitan. Namun, sebenarnya banyak manfaat melakukan aktivitas produktif di pagi hari hari. Selain memperbaiki mood sepanjang hari juga tubuh lebih sehat.

Mari simak apa saja 10 tips produktif di pagi hari.

1. Bangun lebih awal

Tips yang pertama adalah bangun lebih awal. Bangun lebih pagi adalah kebiasaan baik yang perlu kita tertapkan. Bangun pagi bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Kalau kesulitan bangun pagi, kita bisa mulai dengan tidur malam lebih awal dan memasang alarm.

Aktivitas pagi hari yang bisa dilakukan kalau kita bangun lebih awal antara lain olahraga ringan dan menikmati keindahan alam sebelum matahari terbit. Kemudian, bangun pagi lebih awal juga membuat kita tidak terburu-buru sehingga bisa bekerja dengan lebih baik.

2. Menyetel playlist kesukaan

Salah satu tips produktif di pagi hari adalah mendengarkan musik kesukaan yang ada di playlist. Mendengarkan musik kesukaan di pagi hari bisa memperbaiki mood. Lagu-lagu dengan nada riang dan lirik yang bersemangat bikin kita makin semangat juga. Sambil mendengarkan musik, kita bisa melakukan aktivitas lain.

3. Merapikan tempat tidur

Merapikan tempat tidur adalah tips produktif di pagi hari yang mudah dilakukan. Tempat tidur dan kamar yang rapi bakal bikin kita lebih fokus melakukan kegiatan yang lebih penting. Jadi, setelah benar-benar bangun, sebaiknya hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah merapikan tempat tidur.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Indikator Kinerja Karyawan dan Manfaatnya

4. Mandi air hangat atau air yang menyegarkan

Seperti yang ada pada lagu anak-anak, setelah bangun pagi kita mandi dengan air yang menyegarkan. Mandi membuat kita lebih segar dan menghilangkan kantuk. Mandi air hangat bisa merilekskan tubuh dan pikiran. Seab, air hangat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko stres, melemaskan otot yang kaku, dan memperbaiki mood.

5. Minum air putih

Cara produktif di pagi hari yang kelima adalah minum air putih. Tubuh kehilangan cairan selama kita tidur malam. Tubuh juga melakukan detoksifikasi racun. Jadi, perlu asupan cairan untuk mengembalikan kadar air dalam tubuh dengan cara minum air putih.

Selain menghidrasi tubuh, ada banyak manfaat minum air putih di pagi hari. Di antaranya bisa meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki imunitas, dan mengontrol berat badan. Kita bisa menyiapkan air putih di dekat tempat tidur agar bisa menjangkaunya dengan mudah.

6. Sarapan tinggi protein

Tips produktif di pagi hari berikutnya adalah sarapan. Selain kehilangan cairan, tubuh juga berpuasa selama kita tidur. Sarapan adalah kunci penting untuk memulai hari yang produktif karena sarapan bisa mengingkatkan konsentrasi. 

Sebaiknya lakukan sarapan dalam kondisi tenang, tidak mengerjakan bersamaan dengan kegiatan lain. Setelah itu, ambil jeda beberapa menit untuk duduk dan menenangkan diri.

Sarapan dengan lauk yang tinggi protein bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat dan mencegah kantuk kembali datang. Pilihan sarapan berprotein di antaranya adalah telur, protein shake, kacang almond, yoghurt, dan gandum. Selain itu, bisa dilengkapi juga dengan karbohidrat kompleks dan serat.

Baca juga: Mengenal Kompensasi dari Perusahaan yang Ditentukan oleh Performance Karyawan

7. Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan bisa dilakukan untuk menyempurnakan rutinitas di pagi hari. Aktivitas ringan yang bisa dipilih antara lain yoga, jogging, bahkan stretching ringan. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit setiap hari. Tubuh bakal lebih sehat dan bugar.

Tokoh-tokoh sukses juga memprioritaskan olahraga setelah bangun tidur. Salah satu contohnya adalah Mark Zuckerberg. Olahraga bisa meningkatkan energi, motivasi, produktivitas, dan stamina.

8. Meditasi

Tips produktif di pagi hari berikutnya adalah meditasi. Cobalah untuk merilekskan tubuh setelah bangun tidur. Lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti meditasi, yoga, dan berdoa. Cara ini bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi agar tugas cepat terselesaikan. Setelah tenang, baru mulai menulis prioritas kegiatan.

9. Membuat dan memeriksa to-do-list

Membuat to-do-list adalah salah satu tips produktif di pagi hari. Dengan daftar tugas yang jelas, kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan tidak melewatkan pekerjaan penting.

Membuat to-do-list juga bisa dilakukan pada malam sebelumnya dan periksa lagi pada pagi hari. Kerjakan hal yang prioritas terlebih dahulu. To-do-list bisa ditulis di kertas atau menggunakan aplikasi di ponsel.

Baca juga: Apa Itu Mess Karyawan, Contoh, dan Kelebihannya

10. Berjemur

Banyak pekerja di kota-kota besar, contohkan di wilayah Jabodetabek yang berangkat ke kantor sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari tenggelam. Padahal, berjemur adalah salah satu yang bisa membangkitkan suasana hati dan menambah energi positif.

Jadi, buat Anda yang punya kesempatan, bukalah tirai jendela saat bangun pagi hari untuk membiarkan cahaya dan panas matahari pagi masuk. Berjemurlah selama beberapa menit. Bila memungkinkan, Anda bisa keluar rumah untuk menikmati udara segar di pagi hari.

Itu dia 10 tips produktif di pagi hari yang bisa membantu kita lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan selama seharian.

Menjaga kondisi mobil operasional perusahaan juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Sebab, mobilitas yang efisien bisa membuat pekerjaan terselesaikan secara efektif.

Jaga kondisi mobil operasional perusahaan supaya tetap dalam kondisi baik. Sehingga bisa meminimalisasi penggantian komponen dan bahan bakar juga tetap irit.

Otoklix mempermudah servis mobil operasional dengan menyediakan layanan Otoklix for Business. Banyak keuntungan dari layanan ini, antara lain garansi servis selama 14 hari atau 1.000 km setelah pengerjaan.

Download aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan reservasi servis di bengkel Otoklix. Servis prioritas tanpa antri, tidak perlu menunggu lama di bengkel.

Booking servis bisa dilakukan juga dengan chat OtoBuddy di WhatsApp di nomor 0811-9200-25. Mau tahu informasi lebih lanjut tentang Otoklix for Business? Kunjungi halaman https://otoklix.com/bisnis dan isi formulirnya untuk informasi lebih lanjut.

Pertanyaan Seputar Tips Produktif di Pagi Hari

Cara agar produktif adalah dengan membuat jadwal harian, ruang kerja yang nyaman, bangun tidur di pagi hari, berolahraga, makan makanan sehat, membaca buku, hingga melakukan hobi yang membuat Anda senang.

Secara umum, kegiatan produktif yang mudah dilakukan antara lain adalah berolahraga, konsumsi makanan sehat, tidur cukup, melakukan pekerjaan dengan efisien, hingga menekuni hobi.

Perilaku produktif adalah tindakan yang konstruktif, percaya diri, cinta pekerjaan, memiliki misi ke depan, bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan bertanggung jawab. Sehingga kita bisa berkontribusi positif terhadap apa yang sedang kita kerjakan atau di lingkungan tempat kita bernaung.