Ganti oli motor itu seringnya dilakukan di bengkel, tapi tak jarang juga ada yang melakukannya sendiri di rumah untuk menghemat biaya perawatan. Namun, ganti oli motor sendiri tetaplah harus hati-hati supaya tidak menurunkan kinerja kendaraan. Jadi, bagaimana sih cara ganti oli motor yang benar, khususnya buat OtoFriends yang ingin melakukannya sendiri di rumah?

Ciri-ciri Motor Harus Ganti Oli

Setelah menempuh jarak tertentu atau setiap beberapa bulan sekali, oli sepeda motor harus diganti secara rutin. Akan tetapi, kamu perlu memperhatikan tanda-tanda khusus yang menunjukkan kalau OtoFriends perlu segera ganti oli motor. Di antaranya:

  • Warna Oli Hitam Pekat dan Encer

Perubahan warna oli menjadi hitam pekat disebabkan oleh pemakaian atau kontaminasi kerak/emisi sisa pembakaran mesin. Jika tercampur dengan emisi, daya pelumas oli akan berkurang serta warnanya menghitam. Itu artinya OtoFriends harus segera ganti oli agar tidak merusak kinerja mesin.

  • Volume Oli Berkurang

Seiring intensitas pemakaian, tentu volume oli akan berkurang karena adanya proses penguapan yang dihasilkan dari panas mesin saat bekerja. Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin berkurang volume oli motor tersebut.

  • Suara Mesin dan Transmisi Tidak Halus

Adanya oli membuat gesekan antara komponen mesin lebih halus dan tidak mengeluarkan suara berisik. Namun, jika kualitas oli menurun, daya lumas oli dan transmisi akan terganggu sehingga terdengar suara kasar saat motor digas atau pergantian gigi. Itu tandanya OtoFriends harus segera ganti oli.

  • Mesin Lebih Cepat Panas dan Overheating

Salah satu fungsi oli adalah untuk menyerap panas di piston dan blok pembakaran sehingga suhu mesin dapat dijaga agar tidak terlalu panas. Nah, jika mesin motor OtoFriends lebih cepat panas dan mengalami overheating, tandanya daya hantar panas oli mulai menurun. Ini tanda bahwa OtoFriends perlu ganti oli secepatnya.

  • Setelah Melewati Jarak 3000 – 5000 km

Pengguna motor matic sebaiknya mengganti oli setelah menempuh jarak lebih dari 3000 km. Sedangkan pengguna motor bebek atau kopling harus segera mengganti oli setelah melewati jarak tempuh 5000 km.

Alat dan Bahan Mengganti Oli Motor

Buat OtoFriends yang mau mengganti oli motor di rumah, pastikan untuk mempersiapkan alat dan bahan berikut:

  • Oli mesin baru sesuai rekomendasi pabrikan motor
  • Filter oli baru
  • Penutup oli baru (bila perlu)
  • Baskom atau ember untuk menampung oli bekas
  • Kunci sok atau ring untuk membuka baut penutup oli dan filter oli
  • Kunci pas bila diperlukan untuk mengakses filter oli
  • Kain lap atau tisu kering untuk membersihkan area sekitar penutup oli dan filter oli
  • Troli atau penyangga untuk mengangkat motor jika diperlukan
  • Lampu senter atau lampu kerja jika pencahayaan kurang memadai
  • Sebaiknya gunakan kacamata dan sarung tangan untuk melindungi dari kontak langsung dengan oli bekas dan potensi benda-benda tajam

Cara Mengganti Oli Motor

Cara Mengganti Oli Motor

Sekarang bagaimana sih cara ganti oli motor sendiri di rumah? OtoFriends bisa mulai dengan menyiapkan bahan-bahan di atas lalu perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Ganti Oli saat Mesin Hangat

Sebelum mengisi oli, hidupkan motor sekitar 1 – 3 menit lalu matikan. Tujuannya untuk membuat mesin dalam keadaan hangat. Hindari mengganti oli saat mesin panas karena akan sulit untuk membuka baut oli dan berpotensi membuat kulit terbakar.

Sementara itu, mengganti oli saat mesin dingin juga akan menyebabkan oli sulit keluar. Selain itu, sisa oli bekas pun kemungkinan akan menempel pada dinding mesin. Jadi, sebaiknya pastikan mesin dalam keadaan hangat ya!

  • Copot Baut Oli dan Siapkan Wadah Penampung Oli Bekas

Setelah mesin motor OtoFriends hangat, cara ganti oli selanjutnya adalah dengan memosisikan motor pada standar tengah. Setelah itu, tap oli dengan membuka baut oli yang ada di bawah mesin dengan kunci sok atau ring sesuai ukuran. Buka baut oli dengan mendorongnya ke kanan untuk membuang oli bekas dan menggantinya dengan yang baru.

  • Tuang Oli Baru

Masukkan oli baru ke dalam lubang pengisian menggunakan filter atau corong agar oli tidak tumpah dan berceceran.

  • Panaskan Mesin

Cara ganti oli motor yang terakhir adalah dengan menyalakan kembali mesin motor sekitar 1 – 4 menit. Tujuannya agar oli mesin baru bersirkulasi dan dapat melumasi mesin motor OtoFriends secara menyeluruh.

Dengan mengikuti cara ganti oli motor di atas, OtoFriends bisa menggantinya sendiri di rumah lho! Namun, pastikan melakukannya dengan benar agar tidak berisiko merusak komponen mesin lainnya. Jika OtoFriends takut salah ganti oli motor dan lebih memilih bantuan tangan profesional, percayakan saja pada para ahli di bengkel Otoklix!

Pertanyaan Seputar Oli Motor

Langkah-langkah mengganti oli sepeda motor?

Siapkan alat dan bahan lalu pastikan mesin motor dalam keadaan hangat. Cabut baut oli dan buang sisa oli bekas ke wadah penampungan sebelum mengisi oli baru menggunakan filter kemudian nyalakan mesin kembali agar oli melumasi mesin secara menyeluruh.

Apakah ganti oli motor harus dipanaskan dulu?

Oli mesin harus dalam keadaan hangat sehingga disarankan untuk menyalakan mesin motor selama 1 – 3 menit sebelum pengisian oli.

Ganti oli pakai kunci apa?

Biasanya mesin motor matic menggunakan kunci ring 12 atau 17, untuk motor varian 150cc gunakan kunci ring 19.

Berapa bulan sekali kita harus ganti oli motor?

Untuk mesin motor matic, ganti oli setelah mencapai jarak lebih dari 3000 km, sedangkan motor kopling atau bebek sekitar 5000 km. Jarak ini bisa ditempuh kisaran beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung intensitas penggunaan motor.

 

References:

https://totalenergies.id/id/artikel/tips-saran/6-langkah-cara-mengganti-oli-mesin-sendiri-di-rumah https://otomotif.okezone.com/read/2021/07/12/87/2439324/ganti-oli-motor-bisa-dilakukan-sendiri-di-rumah-ikuti-5-langkah-berikut-ini

Apa Tanda-tanda Oli Mesin Sepeda Motor Harus Diganti?