Busi mobil termasuk komponen elektronik yang sangat krusial dalam sistem gerak mobil.  Keberadaannya sangat penting karena digunakan dalam pembakaran campuran bensin dan udara yang dikompres oleh gerakan piston.

Secara umum, fungsi busi mobil adalah menghidupkan mesin dengan memicu proses pembakaran. Jika busi mengalami masalah, dapat dipastikan bahwa mobil atau motor tidak dapat dihidupkan.

Untuk lebih jelasnya terkait komponen ini, OtoFriends perlu menyimak informasi berikut!

Apa Itu Busi Mobil? 

Busi merupakan komponen vital dalam mesin mobil yang bertugas menghasilkan percikan api untuk menginisiasi proses pembakaran. Meskipun berukuran kecil, busi mobil sebenarnya terdiri dari beberapa komponen atau bagian lain yang memiliki fungsi tersendiri.

Apa Fungsi Busi Mobil? 

Secara keseluruhan, terdapat lima fungsi utama busi dalam mobil, yaitu:

  • Menghidupkan Mesin Mobil

Peran utama dari busi mobil yakni menghidupkan mesin. Untuk itu OtoFriends harus rutin memeriksa kondisi busi. Pastikan juga untuk membersihkan komponen tersebut dan menggantinya jika perlu.

  • Sebagai Pembakar Bensin

Fungsi dari busi yang dipasang pada mobil adalah untuk menginisiasi pembakaran bensin yang telah dikompres oleh piston. Proses pembakaran ini menghasilkan tenaga yang diperlukan untuk menghidupkan mesin mobil.

Apabila busi bermasalah, maka proses pembakaran di dalam mesin tidak akan berlangsung baik sehingga berakibat pada laju mobil yang tersendat-sendat.

  • Menghasilkan Listrik

Jika busi mobil bisa menjadi cadangan aki, artinya komponen tersebut sudah dipastikan dapat menghantarkan listrik. Sebab busi yang efisien akan menghasilkan percikan ketika didekatkan pada logam saat mesin dihidupkan. Tanpa kehadiran listrik tersebut, mesin mobil tidak akan dapat menyala.

Bagaimana Cara Kerja Busi Mobil? 

Cara kerja busi mobil melibatkan pembentukan pembakaran dan tegangan listrik. Hal ini disebabkan komponen tersebut terhubung dengan koil pengapian yang menghasilkan tegangan listrik.

Saat elektron mengalir dari koil ke kepala busi, terjadi perbedaan tegangan listrik antara sisi elektroda bagian samping dengan tengah. Pada awalnya, tidak ada arus yang mengalir karena gas campuran bahan bakar dan udara berfungsi sebagai insulator di celah busi.

Namun, seiring meningkatnya tegangan, struktur gas bisa berubah hingga mencapai 60.000° Celsius. Panas yang tinggi ini menyebabkan gas yang telah terionisasi berkembang dengan cepat untuk menciptakan percikan api yang memulai seluruh proses pembakaran dalam mesin.

Apa Saja Jenis Busi Mobil?

Busi mobil memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung karakter mobil yang OtoFriends miliki.  Namun secara umum, jenis busi mobil terdiri dari:

  • Busi Mobil Iridium

Busi  iridium termasuk dalam kategori busi mobil balap dan memiliki karakteristik sebagai busi dingin. Keunggulannya yaitu menghasilkan tenaga mesin yang agresif dan tinggi pada putaran sedang dan tinggi sehingga mempermudah pencapaian top speed.

Sayangnya, busi ini kurang cocok digunakan pada mobil dengan mesin standar dan kompresi karena dapat menyebabkan ketidakstabilan pada mesin saat dalam keadaan statis.

  • Busi Mobil Standar

Busi jenis ini umumnya dipakai untuk mobil dengan mesin standar dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan sampai direkomendasikan oleh beberapa pabrikan mobil di Indonesia. Keunggulannya terletak pada umur pemakaian yang panjang dan kemampuannya menciptakan stabilitas pada stasioner mobil.

  • Busi Mobil Platinum

Dikenal juga sebagai busi mobil semi-racing karena ujung elektroda busi memiliki bentuk yang lebih tajam dibanding dengan busi standar. Busi tersebut mampu memberikan respons yang lebih baik pada putaran mesin rendah.  Namun, umur pemakaian busi platinum cenderung lebih singkat dibanding busi standar.

Tanda Busi Mobil Perlu Diganti 

OtoFriends perlu mengganti busi mobil jika kendaraan mengalami tanda-tanda berikut ini:

  • Adanya Bunyi “Brebet” pada Mobil

Proses akselerasi mobil mampu mengubah kecepatan mesin dan menaikkan RPM-nya sehingga meningkatkan beban pada kinerja mesin dan busi. Nah, jika ada bunyi “brebet” muncul ketika mesin dipercepat, itu artinya busi mobil harus segera diganti. 

  • Mobil Susah di-Starter

Performa busi berkaitan erat dengan sistem starter mobil. Pasalnya sistem pengapian bertanggung jawab untuk memproses bahan bakar sehingga mobil dapat dihidupkan. Jika busi mengalami kerusakan, sistem pengapian akan terganggu dan bahan bakar tidak dapat diolah menjadi tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil.

  • Terasa Getaran Saat Mobil dalam Kondisi Idle

Pada kondisi idle, seharusnya putaran mesin berjalan lebih halus dengan sedikit getaran. Jika getaran terasa lebih kencang saat kondisi idle, itu tandanya terjadi hambatan dalam putaran mesin yang mungkin disebabkan oleh busi mobil yang aus.

OtoFriends mulai merasa ada kendala pada mesin mobil? Siapa tahu itu bukan cuma masalah pada busi mobil saja. Yuk cek secara keseluruhan dan atasi bersama teknisi ahli di bengkel Otoklix!

Pertanyaan Seputar Busi Mobil

Apa fungsi busi di mobil? 

Menciptakan percikan listrik di dalam ruang bakar mesin yang digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara

Apa yang terjadi jika busi mobil rusak?

Performa mesin menurun, terjadi ketidakstabilan mesin, dan kesulitan menyalakan mesin

Apa tanda-tanda busi mobil harus diganti? 

Suara mesin tidak normal, terasa getaran ketika mobil dalam kondisi idle, dan laju mobil tersendat-sendat

Apa itu busi mobil?

Busi mobil adalah komponen kunci dalam sistem pengapian pada mesin kendaraan bermotor, termasuk mobil