Terdapat berbagai macam komponen di dalam sistem pengereman mobil termasuk kampas rem. Komponen ini berfungsi untuk menekan bagian cakram atau dinding pengereman bagian dalam sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda.

Sebagai komponen penting bagi mobil, kampas rem mempunyai beberapa hal yang harus diketahui oleh pengendara. Ini perlu dipahami agar pengendara tidak salah kaprah dalam mengartikan kampas rem beserta fungsi yang dimiliki.

    Lantas apa saja fungsi kampas rem mobil? Berikut pembahasannya.

    Fungsi Kampas Rem

    1. Pengereman Lebih Mudah

    Fungsi kampas rem yang pertama adalah memungkinkan sistem pengereman  pada mobil lebih mudah dan baik. Ketika ingin melakukan pengereman mendadak maka kampas rem membantu pengendara sehingga tidak terjadi insiden yang tak diharapkan. 

    Kampas rem bekerja dengan menekan disc brake. Ini membuat ban mobil berangsur berhenti sesuai tingkat kedalaman injakan pedal rem. 

    Baca Juga: Rem ABS: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja

    2. Mempermudah Laju Kendaraan

    Selain berguna sebagai sistem pengereman untuk menghentikan kendaraan, kampas rem juga berfungsi mengatur laju ban mobil. Komponen yang ada pada lapisan amplas berguna agar sistem pengereman mobil dapat bekerja lebih baik. 

    Jadi, saat mobil sedang melaju dan ingin berbelok pasti sistem pengereman dilibatkan juga. Adanya kampas rem maka mobil dapat dikendalikan secara penuh dan tidak menimbulkan masalah berarti, seperti hilang kendali. 

    3. Mempermudah Mobil Melewati Medan Sulit

    Terakhir, kampas rem mobil berfungsi untuk mempermudah pengemudi melewati medan sulit. Saat melewati jalanan menanjak atau turunan kampas rem akan menahan laju mobil sehingga berkendara lebih terkendali.

    Tak hanya itu, saat kondisi jalan berlubang atau tidak rata, pengemudi juga memerlukan peran rem supaya akselerasi mobil tetap terkendali.

    Karena rem terbuat dari besi, dipastikan akan menimbulkan gesekan yang menimbulkan panas dan suara saat bersentuhan dengan roda. Oleh sebab itu, permukaan rem dipasang kampas rem, untuk menghindari itu semua.

    Supaya rem tetap berfungsi normal, pengemudi harus mengerti kondisi saat kampas rem mobil mulai aus. Ini berguna agar berkendara tetap aman dan tidak menyebabkan kerusakan komponen lainnya. 

    Baca Juga: Cara Ganti Kampas Rem Mobil untuk Cegah Rem Blong

    Ciri Kampas Rem Aus Berdasarkan Jenis Rem

    Jenis rem ada dua macam, yaitu rem tromol dan cakram. Rem tromol yang memiliki permukaan lebih lebar, biasanya dipakai pada kendaraan-kendaraan besar dan berat, seperti bus dan truk. 

    Adanya permukaannya yang luas, rem tromol mampu menghasilkan gesekan lebih kuat sehingga bisa menghentikan laju roda kendaraan besar.

    Sementara, rem cakram biasanya digunakan pada kendaraan yang  lebih kecil, seperti mobil. Meski permukaan rem cakram kecil, kampas rem jenis ini lebih tebal sehingga gesekan yang dihasilkan kuat dan mampu menghentikan kendaraan saat melaju kencang.

    Dari kedua jenis tersebut, terdapat perbedaan ciri kampas rem aus. 

    1. Rem Tromol

    Pada rem tromol, ciri kampas rem aus tidak bisa dilihat secara langsung. Sebab untuk mengetahui ketebalan kampas pada rem tromol ini, harus terlebih dahulu dilakukan pembongkaran komponen rem tersebut. 

    Meski demikian ada beberapa ciri atau tanda yang muncul apabila kampas rem tromol mulai aus. Pertama, rem diinjak terasa dalam disebabkan kampas mulai menipis maka jarak antara permukaan rem dan roda semakin jauh atau lebar.

    Kedua ada bunyi gesekan antara rem dan roda yang juga terbuat dari besi. Apabila hal ini dibiarkan akan bisa merusak keduanya, yaitu rem dan roda.

    Terakhir, ada bau bakar karena gesekan kedua komponen tersebut. Sebab, komponen yang sama-sama terbuat dari besi akan panas saat bergesekan lalu timbul bau terbakar. 

    2. Rem Cakram 

    Berbeda dengan rem tromol, ausnya rem cakram dapat dilihat secara langsung. Apabila ketebalan kampas rem sudah terlihat mulai menipis sekitar 2 milimeter, pertanda komponen ini sudah waktunya untuk diganti.

    Selain itu, warna permukaan rem cakram tidak lagi mengkilap saat kampas rem mulai aus. Pada keadaan ini kampas sudah tidak maksimal menjepit lantaran permukaan sudah licin. 

    Jika rem mobil sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, OtoFriends harus segera mengganti kampas rem yang aus. Sebab jika tidak akan timbul berbagai dampak buruk.

    Dampak Buruk Kampas Rem Jarang Diganti

    1. Timbul Masalah pada Komponen Lain

    Munculnya bau terbakar akibat gesekan komponen besi antara rem dan roda akibat kampas rem aus akan menimbulkan kerusakan lainnya. Hal yang paling fatal akibat adanya gesekan terus menerus adalah perubahan bentuk pada rem dan roda.

    2. Menyebabkan Kecelakaan

    Jika komponen pengereman rusak akibat kampas rem mobil aus, itu akan membahayakan pengendara. Rem tidak akan bekerja maksimal sehingga berpotensi menyebabkan rem blong hingga hilang kendali. 

    Jika itu terjadi maka kecelakaan tak bisa dihindari. Oleh sebab itu, OtoFriends harus mengetahui tips merawat kampas rem supaya pengereman tetap optimal dan keselamatan berkendara tetap terjaga. 

    Baca Juga: Bengkel Spesialis Rem Mobil di Jakarta dan Estimasi Harganya

    Tips Merawat Kampas Rem

    1. Rajin Dibersihkan

    Cara pertama paling sederhanya untuk merawat kampas rem adalah rajin membersihkan sistem pengereman secara rutin. Kotoran yang mengendap pada di area kampas rem akan mengganggu efektivitas kinerjanya. 

    Adanya debu atau pasir halus yang menempel bisa menggores dinding kampas dan cakram. Jadi, cuci dengan air bersih pada bagian kampas rem agar tak ada banyak debu atau kotoran yang mengendap. 

    2. Lumasi Laher atau Bearing

    Selanjutnya, lakukan pelumasan agar sistem pengereman tetap optimal. Pelumasan pada laher bertujuan menghindari terjadinya keausan kampas rem yang membuat ban oleng. 

    3. Rajin Periksa dan Ganti Minyak Rem

    Selanjutnya, lakukan pengecekan secara rutin pada bagian kampas rem di bengkel maupun secara pribadi. Jika OtoFriends sudah menemukan tanda-tanda kampas rem mulai aus segeralah untuk menggantinya, sesuai dengan buku petunjuk kegunaan di masing-masing mobil. Pastikan volume minyak rem di dalam tabung reservoir berada dalam batas normal. 

    Baca Juga: Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Bagus dan Spesifikasinya

    Rekomendasi Merek Kampas Rem Mobil

    Bila OtoFriends sudah ingin mengganti kampas rem mobil yang sudah mulai aus, berikut rekomendasi merk kampas rem mobil dari Otoklix

    1. Bosch

    Bosch banyak digunakan untuk kendaraan niaga ringan, armada taksi, dan cocok untuk mobil penumpang MPV hingga SUV. Bosch kampas rem mobil mampu memberikan keseimbangang ideal, kenyamanan dan harganya terjangkau. 

    Merek Bosch terbuat dari bahan organik atau non asbes sehingga kampas rem ini cocok untuk semua segmen kendaraan. Adapun harga yang dibanderol mulai dari Rp300 ribuan. 

    2. Bendix

    Bendix merupakan salah satu merek kampas rem mobil asal Amerika Serikat. Banyak keunggulan yang diberikan oleh Bendix dibandingkan kampas rem merek lain. 

    Material terbuat dari bahan keramik dengan hybrid fusion technology yang menawarkan kepakeman hingga 30 persen dan tahan suhu panas sehingga usia pakai panjang. Untuk harganya, kampas rem Bendix dijual sekitar Rp300 ribuan. 

    3. Birkens

    Birkens terbilang menjadi merek kampas rem mobil paling banyak dicari. Selain karena material berkualitas yang mendukung performa pengereman mobil optimal, harga dari komponen merek ini cukup murah, yakni mulai Rp200 ribuan.

    Keunggulan Birkens adalah minim suara sehingga tidak mengganggu kabin dan nyaris tidak menimbulkan getaran saat pengereman dan tahan panas. 

    4. Akebono Brake

    Selanjutnya ada Akebono brake untuk rekomendasi kampas rem mobil. Merek ini merupakan kampas rem mobil yang diproduksi Supplier OEM (Original Equipment Manufacturing Quality) PT Akebono Brake Astra Indonesia. 

    Keunggulan yang ditawarkan berupa ultra quite, yang tidak menghasilkan suara saat mengerem. Kemudian ada low dusting yang tidak menghasilkan debu kampas serta smooth braking atau kestabilan saat pengereman. 

    Adapun harga kampas rem Akebono brake dibanderol mulai dari Rp240 ribuan. 

    5. MK Kashiyama

    Terakhir, ada MK Kashiyama yang merupakan merek kampas rem mobil asal Jepang . Keunggulan dari kampas rem ini adalah jaminan lebih tahan lama tanpa merusak cakram. Harga MK Kashiyama di pasaran mulai dari Rp250 ribu.

    Jangan lupa, lakukan perawatan pada seluruh komponen mobil termasuk sistem pengereman di bengkel terdekat yang dapat ditemukan di aplikasi Otoklix. 

    Otoklix memiliki lebih dari 1.000 bengkel rekanan di aplikasi sehingga OtoFriends juga bisa booking online untuk mengganti kampas rem di bengkel pilihan.

    Pertanyaan Seputar Kampas Rem

    Fungsi kampas rem yang pertama adalah memungkinkan sistem pengereman pada mobil lebih mudah dan baik.

    Kampas rem tromol mulai aus jika ketebalannya sudah terlihat mulai menipis sekitar 2 milimeter.

    Kampas rem aus dan jarang diganti menyebabkan rem tidak bekerja maksimal sehingga berpotensi rem blong hingga hilang kendali saat berkendara.