Keberadaan karet pintu mobil sering kali luput dari perhatian pemilik mobil. Padahal, karet ini menjadi salah satu komponen yang bisa memberikan kenyamanan di kabin saat berkendara karena bisa meredam suara dari luar.

Bukan hanya itu saja, komponen yang terpasang di pintu mobil ini juga berguna untuk menghalau objek seperti air hujan dan debu. Maka dari itu, OtoFriends sebaiknya tidak lupa untuk selalu mengecek kondisi karet pintu mobil demi kenyamanan berkendara.

Fungsi Karet Pintu Mobil

Meski terlihat sepele, sesungguhnya karet pintu mobil punya fungsi yang cukup penting. Berikut ini beberapa fungsi dari karet pintu mobil:

1. Mengurangi suara ketika berkendara

Fungsi karet pintu mobil paling utama yaitu dapat mengurangi suara dari luar mobil ketika sedang berkendara, misalnya saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan. Tanpa kehadiran karet pintu mobil, angin akan masuk ke celah sela-sela pintu dan kaca yang bisa menimbulkan suara mengganggu.

Karet yang dipasang dengan tepat akan membuat celah tertutup sempurna dan angin tidak bisa masuk ke dalam kabin. Dengan begitu, kabin mobil menjadi lebih minim suara mengganggu saat berkendara.

2. Meredam getaran pintu

Karet yang terpasang pada pintu mobil juga meredam suara getaran pintu yang timbul saat berkendara. Pintu dan bodi mobil adalah dua komponen yang kerap dibuka tutup, karena keduanya tidak terhubung. Itulah mengapa akan terdengar suara dan getaran kecil yang timbul akibat guncangan saat berkendara. 

Suara dan getaran tersebut bisa diminimalisir dengan adanya karet pintu mobil. Sekalipun masih ada, getaran tersebut tidak akan menghasilkan suara yang mengganggu.

3. Menghalau objek luar masuk ke dalam kabin

Fungsi karet pintu mobil selanjutnya yaitu menjaga kerapatan kabin antara pintu dan bodi mobil. Karet inilah yang nantinya akan menghalau objek lain dari luar, seperti air dan debu agar tidak sampai masuk ke dalam kabin.

Pintu mobil biasanya tidak memiliki kerapatan yang sempurna. Tanpa adanya karet pintu mobil, air dengan mudah akan masuk melalui celah antara pintu dan bodi mobil yang tidak tertutup sempurna.

4. Meredam suara tutupan pintu

Kehadiran karet pintu mobil akan membantu memberikan kenyamanan saat membuka dan menutup pintu mobil. Sebab, komponen ini mampu meredam suara tutupan pintu mobil dan  mencegah pintu langsung membentur pada bodi mobil.

Baca juga: Fungsi Peredam Mobil dan Untung-Rugi Menggunakannya

Jenis-jenis Karet pada Mobil

Selain karet pintu, mobil juga membutuhkan beberapa karet yang punya fungsi penting masing- masing dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara. Karet tersebut tersebar di berbagai bagian mulai dari jendela, dek, hingga atap.

Karet pintu dan bodi

Karet jenis ini digunakan untuk menutup celah pada bagian pintu dan bodi mobil. Karet pintu dan bodi yang sering disebut sebagai karet balon atau karet list ini berbentuk seperti selang air dengan lipatan yang bagian tengahnya terdapat lubang untuk menempel pada bagian mobil.

Fungsi utamanya yaitu untuk membuat kabin kedap dari suara angin, air, debu atau objek lainnya yang bisa masuk ke dalam kabin melalui celah antara pintu dan bodi mobil. Karet ini juga berfungsi untuk meredam getaran pintu serta menjaga pintu dan bodi mobil saling berbenturan. Harga karet pintu mobil jenis ini berkisar antara Rp30 ribu per meternya.

Karet channel

Karet channel terpasang di antara sela-sela kaca dan bodi mobil. Fungsi karet channel sama pentingnya dengan karet pintu, yaitu menahan masuknya air dan debu agar tidak masuk ke dalam kabin mobil. 

Selain itu, karet channel ini juga meredam getaran kaca saat mobil melaju dan menahan bagian atas kaca saat posisi tertutup. Karet yang dijual dengan harga Rp60 ribu per gulungnya ini juga membantu gerakan naik turun kaca lebih halus dan lurus. 

Karet pelipit

Jenis karet pintu mobil selanjutnya karet kaca mobil atau dikenal dengan karet pelipit yang terletak di antara kaca mobil. Karet ini terpasang dengan posisi menjepit bagian kaca mobil yang bisa naik turun.

Karet kaca mobil berfungsi untuk menjaga power window agar bergerak dengan halus. Karet pelipit juga bisa meredam suara berderit yang dihasilkan antara kaca dengan bodi mobil. Harganya jualnya berada di kisaran Rp75 ribu per gulung.

Karet dek

Sesuai namanya, karet ini berada di bagian dek mobil. Karet ini juga disebut Floor Hole Cover. Berbeda dengan karet pintu mobil atau karet channel, karet dek tidak berbentuk selang. Melainkan lebih menyerupai koin.

Fungsi dari karet dek adalah untuk menghalau air dan kotoran yang ada di dek supaya mobil bisa dibersihkan secara mudah.

Baca juga: Jenis-jenis Lampu Plafon Mobil dan Cara Perawatannya

Tanda Karet Pintu Mobil Harus Diganti

Karet pintu mobil yang rusak biasanya ditandai dengan adanya sobekan, retak, getas, aus ataupun penyet. Selain itu, ada pula beberapa tanda-tanda yang bisa dirasakan seperti berikut ini:

Kurang kedap suara

Apabila OtoFriends mendengarkan suara besi yang beradu saat menutup pintu mobil, maka itu menjadi pertanda bahwa kondisi karet di pintunya sudah tidak layak pakai. Suara tersebut muncul akibat karet pintu mobil tidak bisa meredam suara dan akhirnya membuat suara benturan. OtoFriends harus segera mengganti karet pintu mobil untuk mengatasi hal ini. Sebab, kedap suara dalam kabin mobil lama kelamaan akan semakin berkurang.

Mengalami perubahan bentuk

Saat mendapati karet pintu mobil yang berubah bentuk, itu menandakan harus segera menggantinya dengan karet yang baru. Karet pintu mobil umumnya akan berubah bentuk menjadi gepeng dan melengkung.

Terdengar suara seperti siulan

Tanda karet pintu mobil rusak yang selanjutnya yaitu terdengar suara seperti siulan dari dalam kabin mobil. Suara tersebut dihasilkan oleh angin yang masuk melalui celah kecil yang muncul karena karet mulai menipis. Ketika mobil dipacu dalam kecepatan yang sangat tinggi, suara siulan tersebut akan semakin terdengar jelas.

Air hujan masuk kabin

Ketika karet pintu mobil mengalami kerusakan, akan ada celah di antara pintu dan bodi mobil yang membuat air hujan bisa masuk ke dalam kabin melalui celah itu. Air hujan yang merembes ke jok akan menyebabkan bau apek yang pastinya bisa mengganggu kenyamanan berkendara.

Baca juga: 9 Tips Berkendara di Musim Hujan yang Perlu Diperhatikan

Biaya Ganti Karet Pintu Mobil

Kerusakan pada karet pintu mobil harus segera diganti mengingat fungsinya yang teramat penting. Bila menemukan salah satu dari tanda-tanda kerusakan di atas, OtoFriends harus segera menggantinya dengan yang baru. 

Biaya ganti karet pintu mobil di bengkel tentunya berbeda-beda, tergantung dari usia mobil beserta komponennya. Berikut rincian biaya ganti karet pintu mobil yang harus dibayarkan:

  • Mobil produksi diatas tahun 2000-an seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia akan biaya ganti karet pintu mobil sebesar Rp250 ribu sampai Rp300 ribu per pintu.
  • Mobil produksi tahun 1990-an akan dikenakan biaya ganti karet pintu mobil sebesar Rp1 juta sampai Rp2 jutaan er pintu.
  • Mobil klasik yang diproduksi di bawah tahun 1990-an akan dibebankan biaya ganti karet pintu mobil sebesar Rp3 juta hingga Rp6 juta.

Perlu dipahami jika semakin lama usia mobil, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk ganti karet pintu mobil akan semakin banyak karena sulitnya mencari komponen tersebut.

Melakukan penggantian karet pintu mobil termasuk salah satu bentuk perawatan untuk menghindari kerusakan lebih parah yang bisa membahayakan keselamatan berkendara. Apabila bingung mencari bengkel terpercaya untuk menangani masalah pada mobil, OtoFriends bisa memanfaatkan aplikasi Otoklix.

Temukan 2000+ bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix untuk kemudahan mendapatkan layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Selain memudahkan mencari bengkel, OtoFriends juga bisa melakukan booking service sekaligus melihat harganya. Di sana, ada banyak promo yang bisa kita temukan dan gunakan untuk servis atau sekadar cuci mobil dengan harga yang terjangkau.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Karet Pintu Mobil

Karet pintu mobil adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk meredam suara dan menghalau objek dari luar kabin, sehingga akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Karet pintu mobil yang rusak harus segera diganti dengan yang baru apabila mengalami perubahan bentuk, kurang kedap suara, muncul suara seperti siulan, dan air hujan masuk ke dalam kabin.

Biaya ganti karet pintu mobil di bengkel tentunya berbeda-beda, tergantung dari usia mobil beserta komponennya. Umumnya akan berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp6 juta.