Mobil Audi A3 merupakan mobil yang hadir awalnya pada tahun 1997 lalu ternyata terus mengalami perkembangan yang pesat. Jadi, tidak heran jika mobil sport satu ini muncul di tahun-tahun berikutnya dengan kelebihan, fitur, tampilan dan performa yang lebih baik dari sebelumnya.

Bagi Anda yang tertarik yang memiliki mobil satu ini maka alangkah baiknya untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari Audi A3 sedan tersebut. Tujuannya agar OtoFriends bisa membuat keputusan yang tepat untuk memiliki mobil ini atau tidak di kemudian hari.

Spesifikasi Lengkap Audi A3

Spesifikasi mobil ini dapat dilihat dari berbagai sisi yaitu mesin, performa, suspensi, eksterior dan lain sebagainya. Setiap bagian ini berperan penting dalam dalam performa secara menyeluruh. Jadi, memahami hal ini sangat penting bagi OtoFriends. Adapun spesifikasi lengkap mobil ini, antara lain:

Dimensi

Mobil sport satu ini memiliki dimensi dengan panjang 4.313 mm, tinggi 1.426 mm, lebar 1.785 mm, radius putar 5.45 m, dan jarak sumbu roda 2.637 mm. 

Mesin

Mesin dari Audi A3 menggunakan konfigurasi TFSI of petrol engine dengan silinder sebanyak 4 buah dan transmisi untuk 6-speed. Tipe drive yang dipakai FWD (front-wheel-drive) dengan 1200cc. Mesin ini memakai bahan bakar bensin dengan kapasitas 50 liter.

Performa

Jika dilihat dari segi performa, maka tenaga mesin yang dimiliki mencapai 110 hp/ 4.600-5.000 rpm dengan torsi 175 Nm/ 1.400-4.000 rpm. Performa ini cukup baik dan bertenaga sehingga membuat kendaraan dapat berakselerasi dengan cepat dalam waktu yang singkat.

Suspensi

Jika dibandingkan dengan Audi A3 old, maka Audi terkini memiliki keunggulan lain dari sisi suspensi dan rem. Mobil menggunakan ventilated disc pada rem depan dan belakang yang berguna untuk menjaga keamanan para penggunanya. Kemudian, suspensi depan memakai MacPherson Strut dengan Wishbones sedangkan suspensi belakang memakai four-link.

Kedua suspensi ini dapat membantu mengurangi getaran dan kejutan sehingga berkendara menjadi lebih nyaman.

Eksterior

Mobil satu ini juga memiliki spesifikasi eksterior yang cukup mumpuni. Contohnya saja terdapat kaca spion yang bisa dilipat dengan bebas adanya spoiler. Jenis lampu depan dan belakang yang terbuat dari LED projector dan lainnya.

Namun, kendaraan sport ini ternyata tidak dilengkapi dengan lampu kabut depan, roof rack and rail, pijakan samping dan sunroof juga tidak tersedia. Walaupun tidak lengkap seperti pada mobil sport lainnya, namun Audi jenis ini memberikan banyak pilihan menarik yang pastinya tetap membuat Audi A3 sebagai mobil berkelas.

Velg dan Ban

Hal lain yang menarik dari mobil ini adalah pada bagian velg dan ban. Ukuran ban yang digunakan adalah 225/45 dengan material velg terbuat dari alloy wheels berukuran 17 inchi. Ukuran dan bahan velg memungkinkan mobil terlihat lebih proporsional namun tetap memberikan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

Safety

Sedangkan dari sisi keamanan ternyata Audi A3 memberikan banyak keuntungan dan kelebihan yang lengkap, seperti tersedianya:

  • Anti lock braking system
  • Brake assist
  • Electronic brake distribution
  • Sensor parkir
  • Rearview camera
  • Uphill & downhill assist control
  • Vehicle stability control system

Melalui 7 item safety di atas, maka keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara menjadi jauh lebih terjamin. Selain 7 item di atas, ternyata mobil ini juga menyediakan 2 keamanan pasif yaitu:

  • Airbag system yang bekerja ketika terjadi benturan keras dengan airbag yang tersedia pada kursi pengendara dan penumpang depan, samping, bagian kepala dan lutut.
  • ISOFIX tersedia.

Kelebihan Utama

Mobil Audi A3 2017 dan versi terbaru ternyata memiliki berbagai kelebihan yang menarik untuk diketahui. Adapun beberapa kelebihan tersebut, seperti:

  • Dari sisi performa cukup baik walaupun menggunakan mesin dengan kapasitas kecil. Namun, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda bisa merasakan kendaraan Eropa yang efisien namun tetap bertenaga.
  • Keamanan mobil cukup mumpuni karena menyediakan safety active dan passive yang akan bekerja dengan baik. Pastinya keselamatan pengguna dan penumpang menjadi lebih terjamin.

Kekurangan Audi A3

Mobil ini tentu memiliki sejumlah masalah yang menjadi kekurangan tersendiri. Hal ini biasa OtoFriends temukan khususnya pada mobil Audi A3 bekas. Adapun kekurangan tersebut, seperti:

  • Perlu perawatan ekstra terutama pada bagian elektroniknya karena jumlahnya sangat banyak. Jadi, bisa jadi sewaktu-waktu salah satu komponen elektronik rusak tanpa diketahui.
  • Hanya mengusung Multi Media Interface Radio plus dan bukannya Navigation plus. Jadi, sarana navigasi khas Audi yang terintegrasi tidak bisa OtoFriends rasakan pada mobil satu ini. Namun, hal ini masih tertutupi dengan fitur keamanan lain yang tidak kalah lengkap dan menarik.

Harga dan Pilihan Warna

Secara umum mobil Audi A3 dibanderol sebesar Rp678 juta. Sedangkan warna yang tersedia untuk unit ini adalah brilliant black, cosmos blue, ibis white, red, brilliant red, glacier white metallic, monsoon grey metallic, myth grey metallic, foil silver metallic, daytone grey pearl effect dan lain sebagainya.

Pilihan warna tersebut tentu bisa disesuaikan dengan preferensi dan kesukaan OtoFriends. Kemudian dengan harga yang diberikan Anda akan memperoleh berbagai kelebihan, fitur dan keunggulan dari mobil ini.

Sebagai pecinta mobil Audi A3, tentunya OtoFriends harus bisa merawat kendaraan tersebut sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bengkel yang bermitra dengan Otoklix. Karena bengkel ini memiliki kualitas pekerjaan yang baik, bisa dibooking dan harganya jauh lebih hemat sehingga menguntungkan para OtoFriends.