Mempercantik tampilan mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengganti ukuran ban mobil tanpa ganti velg mobil kesayangan OtoFriends.

Biasanya hal ini dilakukan untuk mengganti ukuran ban mobil menjadi lebih besar.  Dengan begitu, mobil akan terlihat lebih gahar sekaligus menawan tanpa terlihat berlebihan. 

Nah oleh karena itu banyak sekali para pengguna roda empat yang melakukannya. Et ternyata mengganti ban lebih besar tanpa ganti velg ternyata tidak boleh asal loh.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut agar fungsi dan kinerja mobil kalian tetap maksimal.

Berikut tips yang bisa kalian lakukan untuk mengganti ban dengan ukuran lebih besar tanpa mengganti velg mobil kalian.

Pakai Ban yang Ukuran Tidak Jauh Berbeda

Saat ingin mengganti ukuran ban tanpa ganti velg, pilihlah ban dengan dimensi yang mirip atau tak jauh berbeda. Misalnya ukuran ban standar mobilmu adalah 175/65/R14.

Kalian bisa menggantinya dengan ban yang punya lebar tapak lebih besar namun jangan yang terlalu jauh selisihnya. Sebagai contoh ukuran 185/60/R14.

Tetapi untuk ukuran ban sebisa mungkin jangan melebihi tinggi 70, karena jarak antara ban dengan spakbor kendaraan semakin dekat, ditakutkan akan bersentuhan sehingga menjadi tidak nyaman saat berkendara.

Baca Juga: Mau Ganti Ban Mobil? Cari Tahu Dulu Harga Ban Mobil Terbaru di Sini!

Pastikan Ban Tidak Menyentuh Bodi Mobil

Selain memperhatikan ukuran ban, kalian juga harus perhatikan apakah ban mentok dengan bodi mobil atau tidak. Jika ruang ban masih leluasa, maka modifikasi yang kamu lakukan aman dan tak berisiko. 

Tapi jika ukuran ban kelewat besar dan membuat ban menyentuh bodi mobil, sebaiknya pilih ban yang ukurannya di bawah itu.

Kelebihan dan Kekurangan Mengganti Ban Mobil Jadi Lebih Besar

Nah setelah mengetahui tips mengganti ban tanpa ganti velg, kini kalian juga harus aham kelebihan dan kekurangannya. Sebab, setiap modifikasi yang dilakukan ada konsekuensi yang harus diterima.

Mobil Tidak Mudah Selip

Kelebihan mengganti ukuran ban tanpa ganti velg adalah membuat mobil kalian tidak mudah selip. Dengan ban yang lebih bervolume, mobil jadi lebih aman saat dibawa berkendara di jalanan yang tak mulus.

Ban yang lebih besar juga memudahkan pengemudi dalam melakukan pengereman karena meminimalisir risiko selip. 

Tampilan Mobil jadi Lebih Maskulin

Selain membuat mobil tidak mudah selip, mengganti ukuran ban tanpa ganti velg juga membuat mobil kalian lebih maskulin. Bagian kaki mobil jadi terlihat lebih berisi, lebih sporty.

Terutama pada mobil LCGC (Low Cost Green Car) dan city car yang ban bawaannya berukuran cukup mungil.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Ganti Ban Mobil? Ini Tanda-tandanya!

Suara Mobil Jadi Lebih Berisik

Selain memiliki kelebihan ketika merubah ukuran ban mobil tanpa ganti velg, hal tersebut juga memiliki kekurangan. Satu diantaranya adalah membuat suara mobil jadi lebih berisik.

Dengan berubahnya ukuran ban menjadi lebih besar, gesekan yang terjadi dengan permukaan jalan pun semakin besar. Makanya mobil akan terasa lebih berisik saat dikendarai.

Tentu jika hal ini terjadi membuat kenyaman pengendara dan penumpang menjadi berkurang.

Bahan Bakar Jadi Lebih Boros

Selain membuat suara mobil jadi lebih berisik juga membuat gesekan ban yang lebih besar membuat mesin bekerja lebih berat. Hal ini terjadi saat mobil digunakan atau bergerak.

Hal itu membuat konsumsi bahan bakar meningkat menjadi lebih boros. Untuk itu jika kalian ingin merubah ukuran ban mobil tanpa ganti velg harus memperhitungkan betul-betul yaa.

OtoFriends yang ingin merubah ban mobil tidak perlu bingung. Kalian bisa mencari bengkel terdekat di daerah kalian dan terpercaya melalui website dan aplikasi resmi Otoklix.