Interior mobil yang sedap dipandang bisa menambah kenyamanan berkendara. Apalagi kalau warna interior mobil sudah memudar atau terdapat jamur yang mengganggu pandangan. Solusinya bisa melakukan cat interior mobil. Pengecatan ini bisa dilakukan sendiri atau di bengkel. Akan tetapi, kalau ingin mengecat sendiri, perlu ketelitian dan kehati-hatian agar warnanya menjadi bagus. 

Ini dia cara cat interior mobil yang bisa dilakukan sendiri.

Cara Mengecat Interior Mobil

Interior mobil yang menggunakan bahan plastik atau vinyl bisa dicat ulang. Namun, tidak hanya itu. Kain pelapis jok juga bisa dicat ulang. Hanya saja, perlu menggunakan material yang berkualitas dan teknik yang baik agar tampilannya seperti baru lagi. 

1. Lepas komponen interior

Pertama, kita perlu melepas komponen yang akan dicat. Cara ini memang bisa memakan banyak waktu, tetapi jauh lebih aman dan juga hasilnya bakal lebih cantik. Cara melepasnya bisa dengan membaca buku manual kendaraan. 

Hindari sembarangan melepas panel, misalnya panel pintu yang memang butuh langkah khusus. Kemudian, komponen setir juga perlu dilepas hati-hati. Kalau asal melepas panel setir, kantung udara bisa tiba-tiba mengembang. 

Kemudian, kalau ingin mengecat kain pelapis jok mobil, komponen tersebut juga perlu dilepas untuk memudahkan pengecatan. Jika tidak, kita bisa terpapar cairan kimia berkonsentrasi tinggi. Biasanya ada 4 baut pada jok yang perlu dilepas. 

Setelah jok mobil sudah dilepas dan dikeluarkan, tutupi bagian yang berbahan plastik atau komponen lain yang tidak ingin dicat. Caranya bisa menggunakan selotip lukis atau kantung plastik. Sebaiknya ikuti instruksi di manual kendaraan saat akan melepas komponen-komponen interior.

2. Menutupi area yang tidak ingin dicat

Kalau merasa repot untuk melepas komponen interior, kita tetap bisa mengecatnya, tetapi sebaiknya berhati-hati. Tutupi area yang tidak ingin dicat, misalnya pengukur kecepatan, kaca mobil, cermin, dan sistem pengeras suara. 

Kemudian, tempelkan selotip lukis agar menciptakan garis sudut yang tajam antara bagian yang ingin dicat dan tidak dicat. Selanjutnya, tempelkan beberapa lapis plastik yang sudah dipotong di area yang tidak ingin dicat.

3. Siapkan permukaan yang ingin dicat

Setelah selesai mengkondisikan bagian yang ingin dicat atau tidak, saatnya menyiapkan permukaan yang bakal dicat. Pertama, bersihkan dulu komponen yang ingin dicat dengan sabun dan air menggunakan spons. Cara membersihkan ini hanya bisa digunakan pada komponen berbahan vinyl dan plastik. Hindari menggunakan sikat kawat, ampelas, atau spons kasar.

4. Keringkan area yang ingin dicat

Setelah selesai dibersihkan, keringkan area tersebut menggunakan pengering udara terkompresi supaya lebih cepat dan debu-debu bisa terangkat. Kalau tidak ada pengering udara terkompresi, bisa menggunakan kain lap microfiber.

5. Seka komponen menggunakan TSP

TSP (Trinatrium fosfat) adalah zat pembersih berbentuk bubuk dan harus dicampur air untuk menggunakannya. Sebaiknya gunakan baju panjang, masker, dan sarung tangan karena zat ini bersifat keras. Cairan ini digunakan untuk membersihkan permukaan berbahan plastik atau vinyl.

Cara menggunakan pembersih ini adalah dengan menyemprotkan larutan TSP yang sudah dicampur air secara tipis-tipis dan diamkan 30 detik. Kemudian, lap dengan microfiber.

6. Bersihkan kain pelapis jok

Langkah berikutnya adalah membersihkan kain pelapis jok menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner berdaya hisap kuat. Tujuannya agar kotoran dan debu terangkat dari permukaan kain. Kalau pelapis jok sangat kotor, bisa dibersihkan dengan pembersih uap dan didiamkan sampai kering sebelum dibersihkan dengan penyedot debu.

7. Memberi primer

Cara cat interior mobil berikutnya adalah memberikan satu atau dua lapis primer pada komponen yang akan dicat. Primer yang digunakan adalah primer khusus semprot dan cat, kalau perlu yang sudah diformulasi khusus untuk mobil. Tujuan pemberian primer ini adalah untuk menghaluskan goresan kecil atau retakan pada komponen plastik.

8. Kerjakan di area berventilasi

Sebaiknya lakukan cat interior mobil di area dengan banyak saluran udara atau ventilasi dengan angin yang tenang. Sebab, paparan dan bau cat bisa membuat kita pusing.

9. Cat komponennya

Setelah melapisi dengan primer, saatnya mengecat dengan cat semprot. Gunakan cat semprot agar hasilnya lebih halus. Biasanya, kita perlu mengocok kaleng cat selama 1 menit dan menyemprotnya dari jarak 15 sampai 20 meter dari permukaan objek. Kemudian, jangan menyemprot hanya di satu titik agar tidak ada gumpalan pada permukaan. Caranya adalah menyemprot dengan gerakan cepat dan stabil.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa mengecatnya satu lapis, dua lapis, atau bahkan lebih. Kalau ingin mengecat lebih dari satu lapis, sebaiknya berikan jeda antar pengecatan, misalnya 5 sampai 15 menit.

10. Menyemprot cairan pelapis

Langkah terakhir pengecatan adalah menyemprot cairan pelapis bening. Tujuannya agar melindungi hasil pengecatan dan membuatnya sedikit mengkilap. Kita bisa membuat lapisan yang tipis dan merata.

11. Hindari menyentuh komponen yang dicat

Setelah selesai dicat, sebaiknya komponen tersebut tidak disentuh selama minimal 24 jam. Biarkan cat mengering sempurna 

12. Pasang kembali komponen

Cara berikutnya adalah melepaskan semua pelindung dan memasang kembali komponen.

Itu dia 12 cara cat interior mobil yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan cantik seperti baru. Selanjutnya, kita akan membahas cara lain untuk mengecat dasbor mobil

Mengecat Dasbor Mobil

Seiring dengan bertambahnya usia mobil, warna dasbor bisa pudar atau kusam. Apalagi kalau tidak langsung dibersihkan saat sudah kotor atau terkena tumpahan makanan dan minuman. Penggunaan bahan kimia tertentu seperti menggunakan semir ban terlalu sering juga bisa mengikis lapisan cat.

Jadi, kita bisa melakukan pengecatan ulang dasbor mobil. Begini caranya:

1. Menyiapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah amplas halus nomor 1500 dan 360, epoxy filler, cat semprot, clear coat, isolasi kertas, kertas koran, dan lap bersih dan halus.

2. Mengamplas dasbor

Cara mengamplasnya tidak usah menggunakan air untuk menghindari korsleting pada komponen kelistrikan. Lakukan dengan teliti sehingga semua bagian bisa terampelas sempurna. Tujuan pengamplasan adalah untuk menghilangkan jamur dan kotoran yang menempel sebelum dicat ulang.

3. Menutup komponen lain

Kemudian, tutup komponen lain yang tidak ingin dicat menggunakan kertas koran, misalnya panel AC, head unit, dan speedometer. Setelah itu isolasi dengan rapat.

4. Menyemprotkan epoxy filler

Selanjutnya, semprotkan epoxy filler secara merata. Setelah itu tunggu sampai epoxy mengering, biasanya memakan waktu 4-5 jam. Setelah mengering, kita bisa mengamplasnya lagi agar epoxy halus. Kali ini, amplas yang digunakan adalah nomor 360.

5. Mengecat

Tahap akhir adalah menyemprotkan cat secara merata sebanyak 2-3 lapis. Setelah itu bisa ditambah clear coat agar tampilan lebih mengkilap.

Berapa Biaya Cat Interior Mobil?

Mungkin kita tidak punya waktu atau takut hasil pengerjaan justru merusak interior mobil. Maka, pergi ke bengkel bisa menjadi solusi. Kisaran biaya cat interior mobil adalah sekitar Rp400 sampai Rp1.000 per sentimeter. Di salah satu bengkel, ada minimum order Rp1 juta. Ada juga paket Rp2,5 juta untuk frame head dan frame power window. Waktu pengerjaannya kurang lebih 10 hari.

Untuk merawat interior mobil, kita juga perlu rajin membersihkannya. Bisa dengan mendatangi bengkel cuci mobil untuk mencuci eksterior dan interior mobil. Temukan bengkel cuci terdekat dan terpercaya di aplikasi Otoklix.