Sejak kemunculannya pada tahun 2004, Toyota Kijang Innova punya beberapa generasi. Perbedaan tipe mobil ini juga termasuk pada komponen rodanya. Hal ini membuat ukuran ban mobil Innova juga mengalami perubahan. Artinya, harga ban mobil Innova juga bisa berbeda antara generasi pertama dan generasi kedua. 

Berikut ini kita bakal bahas tentang harga ban mobil Innova, ukuran ban mobil Innova, dan beberapa pilihan mereknya. Simak ulasan selengkapnya.

Ukuran Ban Innova

Sebelum membahas tentang harga ban mobil Innova, sebaiknya kita cari tahu dulu ukuran ban mobil Innova. Sebab, berbeda tipe mobil, berbeda pula ukuran bannya. Generasi pertama Toyota Kijang Innova yang diluncurkan pada 2004 menggunakan ukuran ban 205/65 R15. ukuran ban ini dipertahankan selama hampir sepuluh tahun, atau sampai 2014.

Kemudian, generasi kedua Toyota Innova atau biasa disebut Innova Reborn atau All New Kijang Innova dirilis pada sekitar tahun 2015. Generasi kedua ini sudah tidak menggunakan ban mobil berukuran 205/65 R15. Sebab, desain Innova Reborn terkesan lebih mewah dan kokoh. Jadi, ban yang digunakan juga harus menyesuaikan. Ukuran ban Innova Reborn adalah 205/65 R16.

Selain kedua tipe itu, ada juga Toyota Innova Venturer. Ini adalah MPV tertinggi di kelasnya. Desain eksteriornya terlihat lebih kokoh dan gagah dibandingkan tipe Innova lainnya. Ban yang digunakan juga lebih besar, ukurannya adalah 215/55 R17. Ban ukuran besar ini biasanya digunakan pada mobil-mobil SUV.

Pilihan dan Harga Ban Mobil Innova

Selanjutnya, mari kita bahas tentang pilihan ban mobil untuk Toyota Kijang Innova. Pilihan ban dengan harga yang terjangkau untuk mobil Toyota Innova generasi pertama ada dari merek Goodyear 205/65 R15. Harganya bisa didapat mulai dari harga Rp500 ribuan saja. Sementara itu, rekomendasi lainnya ada dari merk Bridgestone.

Ban Innova R15 Bridgestone Ecopia EP150 bisa didapat dengan harga Rp799 ribuan. Sementara itu, harga ban mobil Innova Bridgestone Turanza dibanderol dengan harga Rp1,1 jutaan. Bridgestone Turanza ER33 diklaim bisa memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal.

Untuk ukuran yang sama, ban mobil Hankook bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dibandingkan Bridgestone. Hankook Kinergy Eco 2 bisa dibeli dengan harga Rp780 ribuan per ban.

Selanjutnya, untuk mobil Toyota Innova Reborn dengan ukuran ban 205/65 R16 bisa menggunakan ban dari segala merek, asalkan punya ukuran yang sesuai. Pilihannya antara lain adalah Michelin Primacy 4ST dengan harga Rp1,17 jutaan per ban.

Kalau punya bujet terbatas, bisa beli ban yang harganya di bawah Michelin, misanya Dunlop atau GT Radial. Dunlop Enasave EC300+. Satu ban dari Dunlop ini dibanderol dengan harga Rp725 ribuan. Kemudian, GT Radial Champiro bisa didapat dengan harga Rp650 ribuan per buah. Sementara itu untuk Bridgestone Ecopia EP150 bisa dibeli dengan harga Rp775 ribu – Rp850 ribuan.

Ini di rangkuman pilihan ban mobil Innova beserta harganya.

  • Goodyear Rp500 ribu.
  • Bridgestone Ecopia EP150, Rp775 ribu – Rp850 ribu.
  • Bridgestone Turanza Rp1,1 juta.
  • Hankook Kinergy Eco 2 Rp780 ribu.
  • Michelin Primacy 4ST Rp1,17 juta.
  • Dunlop Enasave EC300+ Rp725 ribu.
  • GT Radial Champiro Rp650 ribu.

Tanda Ban Mobil Harus Ganti

Setelah mengetahui berapa harga ban mobil Innova, kita harus menyiapkan anggaran dananya. Oleh sebab itu, kita juga harus tahu kapan ban mobil harus diganti. Ini dia penjelasannya.

1. Umur ban sudah 3 tahun atau lebih

Tanda pertama adalah kalau ban sudah berusia 3 tahun atau lebih. Mengapa demikian? Ban mobil dibuat dari bahan karet yang elastis. Namun, karet ini punya masa pakai. Lama kelamaan karet ini akan tidak lentur lagi, sampai akhirnya getas. Idealnya, ban perlu diganti setiap 3 tahun sekali. 

Hal ini juga berlaku bagi mobil yang jarang digunakan. Ban juga tetap kehilangan kelenturannya meskipun mobil jarang digunakan,

2. Jarak tempuh sudah 40.000 km

Selain mengacu kepada waktu pakai, acuan lainnya adalah jarak tempuh. Ban mobil perlu diganti kalau mobil sudah mencapai jarak tempuh sekitar 40.000 km. Waktu penggantian ban ini tergantung mana yang dicapai dulu. Misalnya, mobil yang sering digunakan bisa mencapai 50.000 km dalam waktu dua tahun. Maka. jangan tunggu sampai tiga tahun baru diganti. Meskipun karetnya masih lentur, tetapi bisa saja ban sudah aus. 

3. Ketebalan tapak ban mencapai TWI

Ban mobil punya indikasi berupa TWI, yaitu Tread Wear Indicator. Ini adalah indikasi batas keausan ban. Posisinya ada di tepu ban atau di tengah telapak ban. Bentuknya seperti segitiga kecil di bawah kembang pada sisi ban. Sementara pada bagian tengah, ada tonjolan yang tingginya tidak setinggi kembang ban.

Kalau kembang ban sudah mencapai segitiga TWi, ini menjadi indikator atau pertanda ban mobil harus diganti.

4. Ban gundul 

Tanda yang keempat adalah ban sudah gundul. Ban bisa gundul pada bagian tengah saja atau tepi saja. Kalau sudah ada satu bagian yang gundul, sebaiknya segera ganti ban mobil OtoFriends. Sebab, gundulnya ban ini bisa berisiko terhadap keselamatan berkendara.

5. Benjolan pada ban

Adanya benjolan pada ban juga menjadi tanda ban mobil harus ganti. Pasalnya, kalau ada ban yang benjol, tandanya ada anyaman benang atau kawat konstruksi ban yang putus. Jadi, ketahanan ban juga tidak sama. Risikonya, ban mudah pecah karena beberapa bagian tidak bisa menahan tekanan udara.

Itu dia artikel tentang harga ban mobil Innova dan juga tanda kapan ban mobil Innova harus ganti. Selalu lakukan perawatan ban untuk menjaga kondisi ban, misalnya dengan melakukan spooring dan balancing.

Temukan bengkel ban mobil terdekat lokasimu menggunakan aplikasi Otoklix. Harga transparan, hanya perlu bayar sesuai yang tertera di aplikasi.