Perawatan mobil merupakan hal penting guna menjaga kondisi setiap komponen tetap awet dan berfungsi optimal. Namun tak hanya komponen penggerak atau mesin saja, bodi luar maupun bagian dalam mobil juga perlu dirawat. 

Meski demikian, mencuci mobil saja tidak cukup. OtoFriends perlu melakukan detailing mobil di salon mobil terdekat supaya setiap celah di bagian eksterior maupun interior dapat dibersihkan dan diberikan sejumlah perawatan. 

Sebelum OtoKlix rekomendasikan salon mobil terdekat di Jakarta, kenali dulu apa itu detailing mobil berikut ini. 

Pengertian Detailing Mobil

Detailing mobil adalah teknik untuk merawat dan mempercantik penampilan kendaraan, agar tampil sempurna. Pada mobil, hal ini meliputi bagian eksterior dan interior, bahkan hingga ke bagian mesin. 

Detailing mobil perlu dilakukan karena setiap pemilik mobil perlu mengetahui bagaimana kondisi kendaraannya. Sebab, debu, goresan kerikil, sinar matahari, atau jenis kotoran lainnya bisa membuat warna mobil memudar. 

Aktivitas ini perlu dilakukan oleh jasa detailing mobil profesional supaya setiap komponen mobil bisa ditangani dengan baik. Jika sudah ditangani oleh jasa detailing mobil profesional, OtoFriends pasti akan merasakan manfaatnya. 

Baca Juga: Memahami Auto Detailing Mobil: Proses Pengerjaan dan Biaya

Manfaat Detailing Mobil

1. Memudahkan Perawatan Mobil

Mobil yang sudah detailing akan membuat pemilik lebih mudah melakukan perawatan selanjutnya. Sebab, mobil sudah di-coating atau ditambahkan lapisan perlindungan bodi, sebagai salah satu bagian detailing. 

Jadi, OtoFriends tak perlu bersusah payah untuk menekan terlalu kencang saat ada kotoran yang menempel di bodi mobil. 

2. Perlindungan Ekstra Bodi Mobil

Manfaat selanjutnya dari detailing mobil adalah perlindungan ekstra terhadap bodi mobil. Seperti dijelaskan sebelumnya, pada saat proses detailing, mobil sudah diberikan lapisan atau coat yang dapat melindungi bodi dari cipratan air kotor hingga goresan.

3. Memperlambat Penuaan Bodi Mobil

Selanjutnya, detailing dapat memperlambat penuaan bodi mobil seperti cat yang mulai luntur. Salah satu penyebab penuaan bodi mobil adalah sinar ultraviolet (UV). 

Selain itu, efek buruk dari polusi dan debu juga menjadi penyebab penuaan bodi mobil. Jika melakukan detailing, mobil akan lebih tahan lama. 

4. Tampilan Lebih Mengkilap

Manfaat detailing yang terakhir adalah tampilan mobil akan menjadi lebih mengkilap. Ini akan memberikan OtoFriends kenyamanan saat berkendara karena mobil tampak bersih dan seperti baru. 

Lantas apa saja tahapan detailing sehingga dapat memberikan berbagai manfaat kepada mobil? Berikut ulasannya. 

Baca Juga: Estimasi Harga Detailing Interior Mobil, Wangi dan Bersih!

Tahapan Detailing Mobil

Tak hanya memberikan lapisan atau coating pada mobil, ada beberapa tahapan detailing mulai dari pembersihan hingga pemeliharaan. 

1. Pembersihan (Cleaning)

Sebelum melakukan perawatan seperti coating hingga pemeliharaan (maintenance) mobil akan dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air, sabun, dan penyedot debu. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di bodi luar maupun interior mobil. 

2. Preparasi (Paint Correction)

Selanjutnya, detailer akan melakukan preparasi pada permukaan kendaraan yang cacat, seperti tergores, baret, dan oksidasi. Preparasi dilakukan dengan compounding, polishing, dan glazing, serta produk-produk lain yang dibuat untuk mengatasi persoalan-persoalan spesifik pada permukaan kendaraan.

Tahapan ini dianggap paling penting guna mendapatkan hasil detailing yang maksimal. Pada sesi ini persoalan-persoalan  tampilan kendaraan dapat diperbaiki. 

3. Perlindungan Bodi (Body Protection)

Jika proses preparasi sudah dilakukan dengan baik, detailer akan melakukan perlindungan terhadap bodi mobil. Proteksi pada permukaan kendaraan kendaraan dilakukan dengan memberikan lapisan wax, sealant, atau coating di permukaan cat.

Pemberian lapisan akan membuat kotoran tidak mudah terakumulasi pada permukaan kendaraan. Wax atau sealant  mempunyai kemampuan untuk membuat debu dan air tak menempel pada kendaraan.

4. Maintenance

Proses terakhir pada detailing adalah pemeliharaan atau maintenance. Tahap ini guna mencegah kerusakan dini pada mobil baik dari bodi interior dan eksterior maupun mesin. 

Detailer akan memeriksa sejumlah kondisi mobil dan berkomunikasi kepada pemilik supaya dapat memelihara kendaraannya dengan baik. 

Detailing sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Namun jika tidak memiliki pengetahuan mendetail tentang mobil justru akan merusak komponen, alih-alih mobil bersih dan terawat. 

Oleh sebab itu, gunakan jasa detailing mobil profesional supaya kendaraan terawat dengan baik. Ini rekomendasi salon mobil terdekat di Jakarta untuk detailing beserta alamatnya.

Baca Juga: Coating Mobil: Jenis, Manfaat dan Harga Coating Mobil

Rekomendasi Salon Mobil Terdekat di Jakarta

1. Excellent Carwash & Detailing 

Salon mobil ini terletak di Jalan Pelita Abdul Majid No. 5A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Adapun jadwal bukanya mulai dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. 

Ulasan dari Excellent Carwash & Detailing cukup baik, yaitu 4.9/5 sehingga OtoFriends tak perlu ragu untuk melakukan detailing di salon ini. 

2. Bintan Jaya Auto Service

Lokasi Bintan Jaya Auto Service terletak di Jalan Moh. Kahfi I No.70 Jagakarsa, Jakarta Selatan. Salon mobil ini memiliki rating 5 bintang atau sempurna. 

Terdapat pula fasilitas untuk menunggu mobil saat detailing, mulai dari Wifi, toilet, hingga charging station. 

3. Jet Wash Auto Detailing

Jika OtoFriends tinggal di wilayah Jakarta Barat, Jet Wash Auto Detailing bisa menjadi salah satu pilihan salon mobil untuk detailing. Jet Wash Auto Detailing berlokasi di Jalan Kemanggisan Utama Raya, Slipi.

Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan, seperti minuman dan toilet.

4. Bestone Detailing

Rekomendasi salon mobil untuk detailing selanjutnya ada Bestone Detailing. Salon mobil ini berlokasi di Jalan Matraman, Matraman, Jakarta Timur. 

5. 7 Signatures Detailing

Selanjutnya, ada 7 Signatures Detailing yang berlokasi di Radio Dalam, Jakarta Selatan untuk referensi detailing mobil. Salon detailing ini melayani berbagai jenis mobil yang ditangani oleh detailer profesional.

6. Master Snow Car Wash Jatiwaringin

Salon detailing satu ini menyediakan banyak fasilitas, seperti AC, toilet, charging station, wifi, hingga mushola untuk menunggu. Master Snow Car Wash Jatiwaringin berlokasi di Jalan Raya Jatiwaringin No. 181, yang buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. 

7. MTS Garage Auto Detailing

Salon mobil detailing ini menjadi pilihan tepat untuk OtoFriends yang berlokasi di Jakarta Utara. Untuk alamatnya, MTS Garage Auto Detailing berlokasi di Jalan Sunter Karya Timur, RT 018 RW 013.

8.  Platinum Auto Detailing

Salon mobil ini cukup populer di wilayah Jakarta. Platinum Auto Detailing melayani detailing untuk mobil dan motor bahkan helm. Lokasinya, Platinum Auto Detailing ada di Jalan Raya Klp. Dua No.8C, RT 1 RW 8, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

9. Linear Auto Detailing & Carwash

Rekomendasi salon mobil detailing selanjutnya ada Linear Auto Detailing & Carwash yang berlokasi di Jalan Giring-giring Nomor 14, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

10. Quick Wash & Detailing

Terakhir, Otoklix rekomendasikan Quick Wash & Detailing untuk detailing mobil di wilayah Jakarta Barat. Untuk alamat lengkapnya, Quick Wash & Detailing ada di Jalan Prof. Dr. Latumeten Jl. Hasbilan III No.14, Angke, Tambora, Jakarta Barat. 

Harga Detailing

Harga detailing mobil beragam, tergantung jenis detailing dan ukuran mobil, berikut perkiraannya. 

Jenis DetailingMobil KecilMobil SedangMobil Besar
Exterior DetailingRp1,8 jutaRp2,1 jutaRp2,3 juta
Interior DetailingRp1 jutaRp1,2 jutaRp1,5 juta
Engine DetailingRp800 ribuRp900 ribuRp1 juta
Complete DetailingRp2,9 jutaRp3,4 jutaRp3,9 juta

Berbagai salon detailing mobil tersebut dapat ditemukan diaplikasi Otoklix. Bagi OtoFriends yang ingin detailing mobil tanpa antre berlama-lama, lakukan booking online melalui aplikasi Otoklix yang dapat diunduh di toko aplikasi App Store dan Play Store.

Pertanyaan Seputar Detailing Mobil

Detailing mobil adalah teknik untuk merawat dan mempercantik penampilan kendaraan, agar tampil sempurna.

Detailing dapat memperlambat penuaan bodi mobil seperti cat yang mulai luntur.

Tak hanya memberikan lapisan atau coating pada mobil, ada beberapa tahapan detailing mulai dari pembersihan hingga pemeliharaan.