Mobil-mobil modern saat ini sudah menggunakan central lock yang berfungsi untuk mengendalikan kunci pintu dari satu tombol saja. Dengan begini, pengemudi tidak perlu khawatir ada pintu yang belum terkunci, apalagi jika membawa penumpang anak kecil. Tak jarang fitur ini pun bisa mengalami macet karena faktor usia pakai.

Ini adalah perkiraan biaya service central lock mobil sehingga kamu bisa menganggarkan bujet untuk perbaikannya.

Biaya Service Central Lock Mobil

Bengkel service central lock mobil bisa mengatasi masalah komponen mekanikal patah atau macet, kerusakan modul alarm untuk membuka dan mengunci pintu, dan juga pemasangan central lock jika mobil kamu belum memiliki fitur keamanan tersebut.

Kerusakan pada komponen mekanikal yang patah atau macet bisa diservis dengan biaya Rp150-250 ribuan. Masalah ini akan ditangani dengan cara mereset ulang kabel. Kabel yang sudah rusak parah dan tidak memiliki setrum harus diganti.

Jika terjadi kerusakan pada modul alarm yang tidak bisa mengunci dan membuka kunci, biaya servisnya adalah Rp100-300 ribu. Modul central lock ini berbeda-beda tergantung merek kendaraan. Tetapi jika terjadi kerusakan parah, central lock door kemungkinan harus diganti satu set.

Harga untuk satu set central lock sekitar Rp400-600 ribuan. Untuk mobil Eropa kemungkinan lebih mahal karena memiliki sistem elektrikal yang lebih rumit dan canggih. Harganya bisa dua kali lipat bahkan bisa jutaan.

Untuk pemasangan central lock dengan alarm mobil  kamu bisa menyiapkan bujet Rp250-650 ribu tergantung merek dan kualitas central lock-nya.

Kalau mobil kamu belum ada central lock, beberapa bengkel service central lock mobil juga menyediakan jasa pemasangan central lock. Harganya Rp75-100 ribu untuk satu pintu. Jika memasang di keempat pintu berarti kalikan empat saja harga tersebut. 

Harga ini sudah termasuk pembelian spare part dan ongkos jasa pasangnya. Namun, spare part yang dipakai adalah central lock universal yang bisa dipakai di semua tipe mobil.

Penyebab Central Lock Rusak

Umumnya central lock rusak karena usia pemakaian mobil. Mobil yang sering dipakai tentu saja sering juga dilakukan membuka dan mengunci pintu. Biasanya bisa terjadi di mobil yang sudah dipakai tiga sampai lima tahun.

Ada dua bagian penting pada central lock, yaitu motor door lock dan modul. Kerusakan pada central lock bisa dipastikan antara kedua hal itu.

1. Kerusakan kabel-kabel

Hal pertama yang akan dicek adalah bagian kabel-kabelnya. Jika ada kabel yang rusak atau putus pasti menghambat arus listrik. Selain kabel, masalah bisa terjadi pada konektor atau soket kabel pada motor door lock. Selain itu kerusakan juga bisa disebabkan oleh sekring yang putus.

Sebaiknya kamu berhati-hati jika ingin mengecek kondisi central lock tanpa bantuan montir service central lock mobil karena banyak komponen-komponen kelistrikan yang berkesinambungan satu sama lain. Jika salah penanganan, bisa-bisa malah merusak komponen yang lain.

2. Dinamo motor lemah

Central lock door juga bisa rusak karena dinamo yang lemah. Ini adalah salah satu penyebab central lock door rawan rusak. Komponen ini berbentuk seperti senapan, maka dari itu sering juga disebut “pistol”. Dinamo ini berfungsi untuk menggerakkan pengunci. 

3. Modul rusak

Kerusakan modul central lock ini tergolong jarang terjadi. Jika sudah terjadi, biasanya bengkel service central lock mobil akan menyarankan untuk mengganti unitnya dengan yang baru karena jika diperbaiki pun tidak akan bertahan lama, akan cepat rusak lagi nantinya.

Tips Merawat Central Lock Mobil

Central lock mobil memang kebutuhan mendasar yang pasti digunakan saat berkendara. Maka dari itu ada beberapa cara untuk meminimalisasi kerusakan.

Pertama, jangan menutup atau membanting pintu terlalu keras. Benturan akibat menutup pintu yang terlalu keras bisa menggeser gigi penggerak pintu. Gigi penggerak itu berkaitan dengan batang atau lengan penggerak. Nah, apabila lengan penggerak bengkok, maka bisa memicu sistem central lock menjadi macet.

Central lock door juga mudah berkarat. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa memberikan pelumas anti karat setiap 3 bulan sekali. Komponen yang biasa ditemukan berkarat adalah pada bagian pinggir pintu yang melekat pada bodi mobil.

Kalau kamu ingin central lock door lebih awet lagi, kamu harus rajin membersihkan sela-sela pintu, paling tidak enam bulan sekali jika mobilmu sering digunakan. Tapi jangan bersihkan dengan air ya, khawatir akan terjadi korsleting.

Central lock door memang memiliki banyak komponen penting seperti mainboard, modul, actuator, dan berbagai kabel seperti kabel ignition switch, kabel tail light, kabel control module, dan lain-lain. Jadi kalau kamu ragu memperbaiki sendiri, kamu bisa menyerahkannya ke bengkel service central lock mobil ya.

Otoklix adalah aplikasi booking service yang bekerja sama dengan bengkel umum terbaik se-Jabodetabek dengan harga transparan. Yuk, servis mobilmu dengan Otoklix!