Mengganti oli secara rutin bisa membuat performa mobil selalu baik. Umumnya, ganti oli mobil dilakukan kelipatan jarak tempuh 5.000 km atau jika kendaraan sudah dipakai selama 6 bulan. Namun, bila kita sudah melihat tanda-tan oli mobil harus segera diganti maka jangan ditunda sampai 6 bulan.

Mengapa Harus Ganti Oli?

Oli mobil yang sudah kotor atau mengental bisa menyebabkan komponen dalam mesin bekerja lebih keras sampai menyebabkan panas berlebih atau overheat. Sehingga, banyak komponen yang berisiko rusak berat. Komponen yang rusak bakal membuat biaya perawatan mobil jadi bengkak. Jadi lebih baik lakukan ganti oli secara rutin, hanya mengeluarkan Rp300–400 ribuan saja kok.

    5 Tanda Mobil Harus Ganti Oli

    Salah satu cara supaya mesin mobil kamu awet dan tahan lama yakni dengan rutin mengganti oli. Kalau mobil sudah mengalami tanda-tanda seperti di bawah ini, segerakan untuk diganti olinya. 

    1. Lampu indikator menyala
      Kita bisa melihat di dashboard mobil. Apabila lampu indikator untuk oli menyala maka segera bawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk mengganti oli mobil.
    2. Suara mesin kasar
      Mesin mobil terdengar kasar dan kurang nyaman di telinga. Bahkan saat mobil baru saja dinyalakan suara kurang nyaman itu jelas sekali terdengar. Hal tersebut terjadi lantaran posisi oli turun hingga carter sedangkan head cylinder tidak mendapatkan pelumas dari oli.
    3. Respons mesin mobil begitu lambat
      Respons mobil yang lambat cenderung tidak responsif ini bisa menjadi tanda-tanda oli mobil harus segera diganti.
    4. Warna asap mobil lebih mencolok daripada biasanya
      Umumnya, asap normal memiliki warna transparan, namun saat kita melihat warna asap mobil berubah cenderung terlalu mencolok maka bisa jadi oli mobil sudah kotor dan harus segera diganti. Perubahan warna ini terjadi karena oli menguap hingga terbakar di ruang pembakaran.
    5. Oli mesin berwarna hitam
      Tanda yang terakhir mudah sekali untuk diketahui, yakni saat warna oli jadi menghitam dan encer. Maka kita harus segera bergegas untuk ganti oli mobil di bengkel terdekat.

    Yang Harus Kamu Lakukan

    Saat ini sangat mudah menemukan bengkel mobil non-resmi yang menyediakan layanan servis ganti oli. Tapi, tidak semua bengkel berani memberikan garansi pengerjaan serta promo diskon. Jika tidak ingin mengambil banyak risiko dalam perawatan oli mesin mobil kamu, sekarang saat yang tepat untuk melakukan booking servis di Otoklix. 

    Kamu cukup melakukan booking servis melalui website atau aplikasi Otoklix. Service Advisor Otoklix juga tersedia melalui chat whatsapp, sehingga kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu secara gratis.

    Berikut Adalah Berbagai Macam Oli Beserta Harganya

    Nama Oli (1 Liter)Harga (sudah diskon 5%)
    Pertamina Fastron Techno 10W-40 Rp174.705
    Pertamina Fastron Gold 5W-30Rp251.085
    Pertamina Fastron Diesel 15W-40Rp173.850
    Fuchs Titan Formula SN 10W-40Rp77.425
    Fuchs Titan SYN SN+ 5W-30Rp124.450
    Fuchs Titan Truck PLUS 15W-40Rp92.150
    Fuchs Titan SYN SN+ 0W-20Rp135.850
    Fuchs Titan SUPERSYN 5W-40Rp228.000
    Shell Rimula R4 X 15W-40Rp71.250
    Shell Helix HX6 10W-40Rp85.500
    Shell Helix Ultra SP 5W-30Rp147.250
    Shell Helix HX7 PLUS 5W-40Rp186.248
    Shell Helix ECO 0W-20Rp113.050

    Syarat dan Ketentuan 

    1. Promo ini berlaku untuk pemesanan melalui website otoklix.com, aplikasi Otoklix, atau melalui Whatsapp Otoklix 0811-9200-25.
    2. Syarat untuk mendapatkan promo, sebagai berikut:
      1. Daftar menjadi member Otoklix melalui website otoklix.com atau aplikasi Otoklix.
      2. Kunjungi https://otoklix.com/promo/kajol/kajol-oli
      3. Untuk bisa menikmati harga promo, kamu harus melakukan pembayaran online dan booking jasa selambat-lambatnya H-1.
    3. Berlaku di seluruh bengkel mitra Otoklix, tersebar di area DKI Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Cek daftar selengkapnya di https://bit.ly/BengkelMitraOtoklix
    4. Harga yang tertera sudah mencakup harga oli, filter oli, dan jasa. 
    5. Pengguna boleh membeli paket promo lebih dari 1x.
    6. Dapat digunakan bersamaan dengan OtoPoint. Cek syarat dan ketentuan penggunaan OtoPoint disini (Link S&K utama)
    7. Reservasi yang sudah dipesan tidak dapat dibatalkan (tidak ada pengembalian uang), namun bisa dijadwalkan ulang dengan cara menghubungi OtoBuddy.
    8. Otoklix berhak dan tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan (seperti contohnya pembatalan benefit) apabila diduga terjadi tindakan kecurangan dari pengguna yang merugikan pihak Otoklix sesuai syarat ketentuan berlaku. Cek syarat dan ketentuan penggunaan OtoPoint disini (Link S&K utama)
    9. Otoklix akan mengirimkan oli dan spare part ke bengkel yang dipilih. Otoklix menjamin oli dan spare part yang dikirim adalah asli. Pengguna wajib memastikan paket oli dan spare part yang dikirimkan oleh Otoklix masih disegel dan tidak rusak untuk menjamin keaslian oli dan spare part yang digunakan oleh pihak bengkel.
    10. Jika ditemukan barang tidak bersegel, pengguna bisa menghubungi Otoklix dan menolak barang yang diberikan oleh bengkel untuk tindak lanjut atau proses pergantian.
    11. Jika botol oli ditemukan kerusakan sehingga bocor, pengguna bisa menghubungi Otoklix dengan melampirkan bukti video atau foto dan menolak barang yang diberikan oleh bengkel untuk tindak lanjut atau proses pergantian.
    12. Pengajuan klaim atas ketidaksesuaian barang dapat diproses apabila memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan nomor 10 yaitu melampirkan bukti video atau foto yang menunjukan kerusakan atau tidak adanya segel Otoklix.
    13. Jika filter oli ditemukan kerusakan sehingga mengganggu kinerja dan fungsi filter oli, pengguna bisa menghubungi Otoklix dan menolak barang yang diberikan oleh bengkel untuk tindak lanjut atau proses pergantian.
    14. Klaim yang dilayangkan setelah dilakukan penggantian tidak dapat diproses lebih lanjut kecuali mencakup atau tertera pada ketentuan poin 8 s/d 12.
    15. Otoklix berhak mengubah syarat dan ketentuan program sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Cek disini (Link S&K utama) 
    16. Pengguna diharapkan melakukan pengecekan terkait syarat dan ketentuan yang ada saat melakukan transaksi ini 
    17. Dengan menyelesaikan transaksi ini, pengguna sudah dianggap memastikan, memahami dan menyetujui syarat & ketentuan yang berlaku.