Saat melewati jalanan yang terjal dan tidak rata, OtoFriends tetap bisa duduk dengan nyaman di dalam mobil karena adanya peran roadholding pada mobil. 

Roadholding sendiri termasuk ke dalam elemen keselamatan mobil yang berhubungan dengan kemampuan suspensi dalam menjaga mobil agar tetap stabil di berbagai permukaan jalan, mulai dari jalanan yang mulus hingga jalanan yang tidak rata. 

Berikut ini ulasan mengenai roadholding hingga perbedaannya dengan handling yang wajib OtoFriends ketahui. 

Apa Itu Roadholding?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, yang dimaksud dengan roadholding adalah kemampuan suspensi dalam menjaga stabilitas mobil agar tidak limbung ketika melewati permukaan jalan. Baik di jalanan yang mulus maupun di jalanan yang tidak rata.

Roadholding juga berperan dalam menjaga agar mobil tidak selip ketika melaju dengan kecepatan yang tinggi di berbagai permukaan jalan.

Apabila ketika melewati jalanan yang tidak rata mobil OtoFriends tidak stabil dan terasa tidak nyaman, bisa jadi ada masalah dengan kemampuan roadholding pada mobil OtoFriends. 

Baca juga: Hotchkiss Suspension: Fungsi, Kelebihan, dan Harga

Perbedaan Roadholding vs Handling

Kerja roadholding dan handling sebenarnya saling berkaitan. Ketika sebuah mobil memiliki handling yang bagus, tentunya roadholdingnya juga bagus. 

Handling sendiri berkaitan dengan respons mobil terhadap input dari pengemudi, seperti berakselerasi, berbelok, hingga pengereman.

Kemampuan handling ini ditentukan oleh banyak komponen mobil, bukan hanya dari suspensi saja.

Beberapa komponen yang mempengaruhi kinerja handling yakni seperti sasis dan body stiffness, aerodinamis dan bodywork, steering, roda dan ban mobil, hingga rem mobil. 

Ketika handling bekerja dengan baik, maka mobil dengan mudah merespons input yang OtoFriends berikan, yakni untuk menghindari rintangan yang ditemui di jalan. Sehingga risiko mobil limbung atau mobil selip bisa dicegah dengan baik. 

Apakah Roadholding dan Handling Saling Berkaitan?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kerja roadholding dan handling ini saling berkaitan. 

Ketika sebuah mobil memiliki handling atau respons yang baik atas sebuah input, maka mobil pun akan memiliki kemampuan yang baik dalam mengendalikan hambatan yang terjadi ketika berada di jalanan. 

Baca juga: Suspensi Beam Axle: Jenis, Cara Kerja, dan Karakter

Penting Merawat Roadholding secara Berkala

Mengingat roadholding merupakan salah satu elemen keselamatan yang penting, maka sebaiknya OtoFriends melakukan pemeriksaan secara berkala.

Apabila kemampuan roadholding buruk, maka mobil tidak akan nyaman dikendarai bahkan bisa sangat membahayakan OtoFriends, loh!

Pastikan OtoFriends mengganti suku cadang uang sesuai dengan spesifikasi pabrik agar roadholding bisa bekerja dengan optimal dan aman. 

Beberapa komponen yang harus diperhatikan agar kinerja roadholding jadi bagus yakni seperti ban mobil, suspensi, hingga stabilizer bar. 

Dengan memastikan stabilizer bar dalam kondisi baik, maka berkendara bisa lebih nyaman dan tercipta presisi kemudi yang lebih baik. 

Selain itu, dengan keseimbangan roda dan ban mobil yang bagus juga bisa mengurangi getaran yang terjadi serta akan memberikan cengkeraman yang lebih baik. 

Pastikan semua komponen-komponen tersebut dirawat secara berkala agar kinerja roadholding jadi optimal, sehingga terhindar dari bahaya mobil limbung atau selip.

Untuk pengecekan secara berkala, OtoFriends bisa membawanya ke bengkel terdekat. Cek rekomendasi bengkel yang bagus di Otoklix, ya!

Baca juga: Apa itu Handling Mobil? Berikut Tips Handling Mobil Nyaman

Tips Merawat Handling Mobil

Handling dan roadholding adalah dua hal yang kinerjanya saling berkaitan. Untuk mendapatkan roadholding yang bagus, OtoFriends juga harus merawat handling pada mobil dengan baik. 

Berikut ini beberapa tips agar handling mobil tetap bagus dan meningkatkan performanya.

1. Ganti ban

Tips pertama agar handling mobil optimal yakni dengan mengganti bannya. Pastikan ban mobil yang dipilih pas dan sesuai dengan spesifikasi. 

Ban mobil jenis performance bisa dipilih karena terkenal memiliki grip dan juga traksi ke aspal yang bagus. 

2. Ganti Shock Absorber

Kemudian, OtoFriends juga bisa mengganti shock absorber dengan tipe gas, atau bisa memilih shock absorber yang lebih keras. Suspensi yang terlalu empuk bisa menyebabkan akurasi handling jadi berkurang.

Namun, jangan juga memilih shock absorber yang terlalu keras karena bisa membuat berkendara jadi tidak nyaman.

3. Ganti Velg

Cara meningkatkan handling berikutnya yakni dengan mengganti velg mobil. Meskipun pengaruh velg mobil ini tidak terlalu banyak, namun dengan penggantian ini dilakukan agar profil ban juga diganti jadi lebih tipis, sehingga bisa masuk ke ruang fender. 

Profil ban yang tipis bisa membuatnya lebih stabil tetapi keras karena tingkat keempukannya sudah berkurang. Direkomendasikan untuk mengganti velg yang ukuran diameternya lebih besar 1-2 inch. 

4. Ganti Per

Langkah selanjutnya yakni dengan mengganti per yang lebih kaku atau per dengan ulir yang lebih banyak. Hal ini dilakukan agar suspensi tidak terlalu empuk sehingga akurasi handling meningkat. Per dengan ulir yang banyak juga bisa membuat rebound terkontrol dengan baik. 

5. Memasang Strut Bar

Pemasangan strut bar ini dilakukan agar rigiditas body tetap terjaga dan sasis tetap kaku, sehingga akurasi handling juga tetap bagus. 

Strut bar ini biasanya dipasang di depan dan cocok digunakan untuk hampir semua mobil. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Roadholding

Roadholding adalah kemampuan suspensi dalam menjaga stabilitas mobil agar tidak limbung ketika melewati permukaan jalan. Baik di jalanan yang mulus maupun di jalanan yang tidak rata.

Kerja roadholding dan handling ini saling berkaitan. Ketika sebuah mobil memiliki handling atau respons yang baik atas sebuah input, maka mobil pun akan memiliki kemampuan yang baik dalam mengendalikan hambatan yang terjadi ketika berada di jalanan.

Roadholding juga berperan dalam menjaga agar mobil tidak selip ketika melaju dengan kecepatan yang tinggi di berbagai permukaan jalan.Apabila ketika melewati jalanan yang tidak rata mobil OtoFriends tidak stabil dan terasa tidak nyaman, bisa jadi ada masalah dengan kemampuan roadholding pada mobil OtoFriends.