Citroen kembali mengaspal di Indonesia sejak kali terakhir berada di Indonesia di tahun 1990-an. Dengan menggandeng Indomobil Group, Citroen siap memperkenalkan mobil SUV terbarunya yakni Citroen C5 Aircross yang resmi dirilis di awal Desember 2022.

Selain Indonesia, Citroen C5 Aircross sudah dipasarkan di negara Eropa, India dan Tiongkok terlebih dulu. Citroen C5 tipe terbaru ini mendapatkan beberapa penyegaran dan siap menjadi rival Honda CR-V, Mazda CX-5, dan Peugeot 3008. Apa saja penyegaran tersebut? Yuk, kita intip spesifikasi Citroen C5 terbaru.

Baca juga: Citroen Indonesia Hadir Lagi! Intip Jenis dan Spesifikasinya

Desain Eksterior Citroen C5

Dari luar, mobil SUV ini memiliki desain berotot yang didukung desain body mobil lebih tegas namun tetap terlihat modern. 

Citroen mempertahankan desain grille yang khas yang tersambung langsung dengan logo. Tak sampai disitu saja, dua garis grille ini juga terlihat seperti terkoneksi dengan lampu utama LED dan DRL.

Sedangkan di bagian belakangnya, logo Citroen disematkan dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan logo yang berada di bagian depan mobil. Lampu belakang mobil Citroen C5 berbentuk bulat dan masih menggunakan jenis lampu LED.

Platform Citroen C5 menggunakan desain Efficient Modular Platform (EMP) 2 yang sama dengan yang digunakan oleh Peugeot 3008 dan 5008.

Fitur di bagian eksterior yang mempertegas jati diri C5 Aircross sebagai mobil SUV premium adalah roof rail di bagian atas dan velg dual tone berukuran 18 inci.

Baca juga: Peugeot 3008: Harga, Spesifikasi, dan Keunggulannya

Desain Interior Citroen C5

Adapun di bagian interior mobil ini, kita langsung dimanjakan dengan panel instrumen digital yang dikombinasikan dengan layar berukuran besar sehingga terlihat lebih modern. Selain itu, material jok mobil ini dilapisi dengan kulit berbentuk semi bucket.

Menariknya, bangku di bagian baris kedua ini terlihat seperti menyatu padahal kedua bangku tersebut terpisah. Masing-masing jok mobil dapat diatur maju-mundur atau dilipat sesuai keinginan kita.

Kapasitas bagasinya sendiri sebesar 580 liter. Apabila OtoFriends melipat kursi bagian belakang maka kapasitasnya meningkat hingga 1630 liter.

Performa Mesin Citroen C5

Di Eropa, terdapat dua pilihan mesin untuk Citroen C5 Aircross di antaranya mesin bensin dan diesel dengan performa mesin yang berbeda. Untuk mesin bensinnya sendiri dibekali kapasitas mesin 1.2 L dan 1.6 l PureTech yang menghasilkan daya maksimal sebesar 130 Hp dan 180 Ps.

Sedangkan mesin dieselnya sendiri dibekali kapasitas mesin 1.5 L dan 2.0 L BlueHDi yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 130 Hp dan 180 Hp. Transmisinya juga memiliki dua pilihan yakni transmisi otomatis 8 percepatan dan manual 6 percepatan.

Sementara itu, di Indonesia, Indomobil Group secara resmi telah merilis bahwa New Citroen C5 Aircross yang akan ditawarkan di Indonesia dibekali kapasitas mesin 1.6 L PureTech yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. 

Spesifikasi mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 165 Hp dan capaian torsi maksimum sebesar 240 Nm.

Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Eropa Murah untuk Anak Muda

Fitur Citroen C5

Bagaimana dengan fitur-fitur yang melengkapi mobil SUV Citroen C5 Aircross? Saat memasuki mobil ini, kita akan melihat set head unit berukuran 10 inci yang letaknya berada di bawah ventilasi AC mobil

Selain itu, terdapat juga kompartemen USB port yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya smartphone dan gadget lainnya.

Salah satu keunggulan mobil ini yang membuat kita semakin nyaman berlama-lama di dalam mobil adalah adanya fitur pijat yang telah disematkan pada jok. 

Paket Progressive Hydraulic Cushions yang disematkan pabrik pada mobil Citroen 5 akan menambah rasa nyaman karena kemampuan mobil menyerap ketidaksempurnaan medan jalan yang bergelombang.

Selain itu juga ada Citroen Advanced Comfort yang membuat mobil ini semakin mempertebal karakteristik kuat, dinamis, fleksibel, namun tetap modern dan premium.

Adapun fitur keselamatan Citroen C5 di antaranya Blind Spot Monitoring System, Adaptive Cruise Control, Highway Drive Assist, dan masih banyak lagi.

Harga Citroen C5

Perihal harganya, Indomobil Group belum memberikan informasi tersebut secara resmi dengan terbuka. Untuk diketahui bahwa akhir tahun 2022 ini ada 3 mobil Citroen yang sudah bisa OtoFriends pesan di antaranya CItroen 3, Citroen 5, dan Citroen e-C4.

Harga Citroen C3 diperkirakan sebesar Rp225 juta untuk harga on the road. Sedangkan dua varian lainnya masih belum bisa dipastikan berapa harga jualnya.

Santer kabar terdengar bahwa harga Citroen C5 Aircross mulai dari Rp900 jutaan dan harga Citroen e-C4 mulai dari Rp1 miliaran.

Namun, harga tersebut masih tentatif dapat berubah sewaktu-waktu. Perkiraan harga Citroen C5 Aircross ini akan diumumkan dalam waktu dekat sebab targetnya adalah di awal tahun depan mobil-mobil yang baru dirilis ini sudah bisa dikirim ke konsumen. Kita tunggu saja informasi lanjutannya di portal berita otomotif.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Citroen C5

Diperkirakan harga Citroen C5 Aircross Indonesia dijual mulai dari Rp900 jutaan. Akan tetapi, harga tersebut masih estimasi saja sehingga OtoFriends perlu melakukan pemeriksaan secara berkala di portal-portal berita.

Mobil Citroen C5 dibekali kapasitas mesin 1.6 L PureTech yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Adapun fitur keselamatan Citroen C5 di antaranya Blind Spot Monitoring System, Adaptive Cruise Control, Highway Drive Assist, dan masih banyak lagi.