Coupe menjadi salah satu pilihan mobil yang bisa OtoFriends pilih bila belum berkeluarga atau hanya sekadar sebagai hobi dan koleksi mobil di rumah. Sebab, mobil Coupe didesain hanya mampu menampung dua orang saja.

Selain mobil yang diperuntukkan untuk keluarga dengan ukuran medium dan kapasitas penumpang yang cukup besar, ada juga beberapa mobil yang diperuntukkan untuk perorangan karena didesain kecil dengan kapasitas penumpang 1 – 2 orang saja, salah satunya adalah mobil Coupe.

Sama seperti mobil konvensional lain kayak mobil tipe SUV, Hatchback, atau MPV, mobil Coupe juga memiliki banyak permintaan sehingga pabrik mobil selalu memproduksinya. Selain mobil Coupe ada juga mobil sedang yang memiliki kapasitas penumpang 1 – 2 orang. Lantas, apa bedanya? Yuk, simak pembahasannya lebih lanjut.

Mengenal mobil Coupe

Sesuai standar dari Organisasi Standar Internasional (ISO) pada ISO 3833:1977 bahwa mobil Coupe merupakan mobil dengan bentuk atap tertutup permanen dan akses atau kapasitas kursi belakang yang terbatas.

Istilah Coupe sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti “terpotong”. Mobil pada kelas Coupe ini memiliki body mobil dan bagian kursi belakang yang seperti terpotong sehingga tidak cukup ruang untuk penumpang.

Kendati demikian, sesuai permintaan pasar ada beberapa mobil Coupe yang memiliki tambahan 2 kursi penumpang di bagian baris belakang namun ruang yang tersedia untuk kursi penumpang di bagian belakang biasanya cukup sempit sehingga kita akan sulit bergerak. 

Selain itu, untuk masuk ke kursi penumpang baris belakang biasanya melalui 2 pintu di baris depan. Jadi, sekalipun memiliki kapasitas 4 penumpang, tetapi pintu mobil tetap ada 2 di bagian baris depan. 

Di beberapa mobil Coupe, ada bagian atap permanen dilengkapi juga sunroof atau moonroof. Desain atapnya sendiri cenderung ke arah belakang dan terbuat dari bahan kanvas atau vinyl persis seperti jenis mobil convertible.

Ukuran Coupe sedikit lebih besar dari mobil city car namun lebih kecil dibanding jenis mobil saloons. Karena dimensinya yang kecil dan mini ini, maka mobil mewah yang satu ini kurang cocok diperuntukkan sebagai mobil keluarga.

Baca juga: Keren! Mobil Mewah Ini Pernah Menjajal Jalanan Indonesia

Jenis-jenis mobil Coupe

Sekalipun tetap kuat dengan karakteristiknya sebagai mobil mewah berkapasitas penumpang terbatas, ukuran kecil dan desain atap cenderung ke arah belakang. 

Namun, berjalannya waktu mobil Coupe mengalami perubahan desain, misalnya saja ada jenis mobil Coupe yang dilengkapi dengan 2 kursi penumpang tambahan di bagian belakang. Oleh karena itu, berikut ini jenis-jenis mobil Coupe.

1. Notchback Coupe

Jenis Coupe Notchback ini memiliki kesamaan dengan mobil Sedan yakni desain bagasi yang datar. Contoh mobil Coupe pada jenis ini ada BMW Seri 3 Coupe, Nissan Silvia, dan Mercedes Benz CL.

2. Fastback Coupe

Ciri-ciri jenis Fastback Coupe terletak pada desain kaca mobil bagian belakang yang didesain miring dan kapasitas bagasi mobil yang kecil. Beberapa mobil Ferrari menerapkan jenis Fastback Coupe dan Ford Mustang.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Mustang Terbaru 2022

3. Liftback Coupe

Karakteristik jenis Liftback yang paling menonjol adalah 2 pintu di bagian depan dan 1 pintu di bagian belakang untuk bagasi mobil. Toyota Celica dan Supra merupakan contoh Liftback Coupe.

4. Convertible Coupe

Jenis Convertible Coupe atau Cabriolet merupakan mobil jenis Coupe yang memiliki desain atap mobil yang bisa dibuka atau ditutup sesuai keinginan pemilik mobil. Umumnya jenis ini memiliki 4 kursi penumpang. Namun, untuk tipe roadsternya hanya tersedia 2 kursi penumpang.

5. Coupe 4 Pintu

Sesuai dengan namanya, jenis Coupe 4 Pintu memiliki 4 pintu dengan desain atap yang melandai ke bawah. Jenis ini merupakan jenis Coupe terbaru. Sebenarnya, Coupe 4 Pintu lebih mirip dengan mobil sport. Contoh mobil Coupe 4 Pintu yakni Mercedes Benz CLS.

Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

6. Opera Coupe

Jenis Opera Coupe hanya memiliki 2 pintu dan kursi penumpang bagian depan yang bisa digeser ke depan atau dilipat ke arah pengemudi.

7. Bisnis Coupe

Jenis ini cukup populer di Amerika Serikat tahun 1930-an. Karakteristik mobil ini adalah kursi penumpang di bagian belakang yang bisa dilepas dan dijadikan bagasi.

8. Quad Coupe

Ciri-ciri Quad Coupe yakni memiliki 2 pintu di bagian depan dan 1 pintu di bagian belakang tanpa pilar B di bagian tengahnya.

Keunggulan dan kekurangan mobil Coupe

Apa yang membuat kita tertarik untuk membeli mobil Coupe? Ada tiga keunggulan mobil Coupe yang menjadi alasan mengapa masih banyak permintaan mobil Coupe saat ini padahal kapasitas penumpangnya sangat terbatas.

Alasan yang paling utama adalah bila OtoFriends gemar berkemudi sendiri kemanapun maka mobil ini cocok digunakan daripada harus berkendara menggunakan mobil medium yang memiliki dimensi dan body mobil cukup besar.

Selain itu, performa mesin mobil Coupe hampir sama dengan mobil konvensional lainnya dan fasilitas serta fitur pendukung lainnya. Terakhir, kita bisa merasakan pengalaman nikmatnya mengemudi sendiri dengan damai tanpa perlu berbicara dengan penumpang lain.

Walaupun begitu, akan sulit menjadi mobil Coupe menjadi mobil keluarga karena keterbatasan kapasitas bagasi atau kursi penumpang sehingga kita tidak bisa membawa barang atau penumpang yang cukup banyak.

Performa mesin Coupe berkualitas tinggi namun masih kurang tepat digunakan sebagai mobil sehari-hari di wilayah tropis yang memiliki suhu tinggi. Penggunaan bahan bakar dan oli mobil Coupe juga berbeda dan tidak semua area memiliki oli dan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil Coupe.

Contoh mobil Coupe

Mobil Coupe terpopuler saat ini yang memiliki 2 pintu dan 2 kursi penumpang dengan performa mesin berkualitas terbaik yakni Porsche 911, Audi TT, Chevrolet Corvette, Acura NSX 2020 dan Mazda Miata. 

Sedangkan Coupe yang memiliki susunan kursi 2 + 2 contohnya adalah Ferrari 612 Scaglietti, Mazda RX-8 dan Mercedes Benz CL-Class. Berikut ini daftar contoh mobil Coupe dan estimasi harganya.

Merk Mobil CoupeTahunHarga Mobil Coupe
Aston Martin DB112019Rp7,7 Miliar
Aston Martin Rapide S2019Rp8,10 Miliar
Aston Martin Vantage2019Rp4,3 Miliar – Rp6 Miliar
Audi TT Coupe2019Rp1,42 Miliar
Audi TTS Coupe2019Rp1,82 Miliar
Audi RS52019Rp2,64 Miliar
Audi R82019Rp7,5 Miliar – Rp8,5 Miliar
Bentley Continental2019Rp4 Miliar – Rp8 Miliar
BMW 4 Series Coupe2019Rp1,4 Miliar
BMW M4 Coupe2019Rp2,12 Miliar – Rp2,66 Miliar
BMW I8 Coupe2019Rp4,24 Miliar
Ferrari 812 Superfast2019Rp4,53 Miliar
Jaguar F-Type2019Rp2,9 Miliar
Lamborghini Aventador2019Rp6,4 Miliar – Rp8,7 Miliar
Lexus LC2019Rp4,29 Miliar
Maserati Grancabrio2019Rp4 Miliar
Mercedes Benz CLA-Class2019Rp779 Juta
Mercedes Benz C-Class Coupe2019Rp1,34 Miliar
Mercedes Benz AMG GT2019Rp3,12 Miliar – Rp5,48 Miliar
Porsche 718 2019Rp1,5 Miliar – Rp25 Miliar
Porsche 9112019Rp3,3 Miliar – Rp5,9 Miliar
Rolls Royce Wraith2019Rp25 Miliar
Toyota 862019Rp775 Juta – Rp830 Juta
Toyota Supra2019Rp2,19 Miliar

Bedanya mobil Coupe dan Sedan

Mobil Coupe dan Sedan memiliki cukup banyak persamaan, khususnya di bagian fisik atau desain eksteriornya. Akan tetapi, bila diperhatikan lebih detail sebenarnya kedua mobil ini memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Total pintu

Meskipun ada jenis mobil Coupe yang memiliki total pintu lebih dari 2 pintu. Namun, idealnya mobil Coupe memiliki 2 pintu yang terletak di bagian depan. Berbeda dengan mobil Sedan yang memiliki 4 pintu. Ukuran pintunya pun lebih panjang pintu mobil Coupe dan didesain lebih mewah dibandingkan Sedan.

Kursi penumpang

Umumnya, mobil Sedan mampu menampung 4 sampai 5 penumpang, sedangkan mobil Coupe hanya bisa menampung 1 – 2 penumpang. Di beberapa jenis mobil Coupe seperti Coupe 4 Pintu, telah tersedia tambahan 2 kursi penumpang di baris belakang yang berukuran cukup kecil sehingga kita akan sulit bergerak.

Ukuran kargo

Kargo yang dimaksud adalah volume mobil yang berada di belakang kursi kemudi. Ukuran maksimal kargo mobil Coupe yakni 33 kaki persegi. Jika kargo mobil sudah melebihi dari ukuran tersebut maka sudah termasuk jenis mobil Sedan.

Daya tarik

Meskipun kurang cocok dijadikan mobil keluarga untuk perjalanan jarak jauh, tetapi Coupe memiliki daya tarik tersendiri sehingga masih memiliki segmentasi pasar. Mobil mewah yang satu ini memiliki kesan dinamis dan sporty.

Performa mesin

Dikarenakan mobil Coupe memiliki kapasitas penumpang yang lebih sedikit dibandingkan mobil Sedan, maka akselerasi mesinnya pun cukup besar lantaran beban mobil lebih ringan.

Demikian informasi mengenai tipe mobil Coupe dan bedanya dengan mobil Sedan. Tips untuk OtoFriends supaya mobil Coupe memiliki kestabilan performa sebaiknya rutin melakukan servis mobil seperti ganti oli mobil atau melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Dengan begitu, kita akan segera mengetahui saat terjadi kerusakan pada mobil dan bisa ditangani sesegera mungkin.

Pertanyaan Seputar Coupe

Ada 8 jenis mobil Coupe, di antaranya notchback, fastback, liftback, convertible Coupe, Coupe 4 pintu, opera, bisnis dan quad Coupe.

Harga mobil Ferrari jenis Coupe di Indonesia berbeda-beda. Salah satu mobil Coupe dari Ferrari yakni Ferrari 812 Superfast tahun 2019 dijual mulai dari Rp4,53 Miliar.

Mobil termewah di Indonesia berada di kelas mobil Coupe yakni mobil Ferrari, MClaren, Aston Martin, dan Lamborghini.