Tapak ban mobil OtoFriends mulai aus dan perlu diganti? Nih, OtoCrew punya daftar merk ban mobil yang bagus sebagai referensi. 

Ada banyak merk ban mobil yang beredar di Indonesia. Namun, tak semuanya bagus, sehingga selektif dalam memilih merk ban juga penting. Upayakan memilih merk ban yang sudah jelas kredibilitas dan kualitasnya. Mengingat ban merupakan komponen utama dalam mendukung performa kendaraan serta keselamatan pengendara maupun penumpangnya. 

Sebelum mengintip daftar merk ban mobil yang bagus, simak dulu macam-macam jenis ban mobil di bawah ini:

Macam-macam Tipe Ban Mobil

Setiap jenis kendaraan memiliki tipe ban yang berbeda-beda satu sama lain. Contohnya mobil penumpang yang digunakan sehari-hari memiliki tipe ban yang berbeda dari mobil balap atau yang sering melintasi medan off-road. Pasalnya, kedua mobil tersebut memiliki kegunaan yang berbeda. Maka itu, mengenali jenis kendaraan dan tipe ban yang cocok penting untuk diketahui.

Setidaknya, ada 4 tipe ban mobil yang umum ditemui. Berikut penjelasannya:

  • Ban bias: Jenis ban yang paling banyak dipakai. Ban ini memiliki panas yang terpusat di bagian tengah karena ban tertekan ke arah depan dan belakang saat sudah bersentuhan dengan jalanan. 
  • Ban radial: Jenis ban ini biasa dipakai untuk mobil mobil tipe penumpang dan truk ringan. 
  • Ban tubeless: Jenis ban yang dirancang khusus agar mampu menahan udara tanpa menggunakan ban dalam. Tipe tubeless memiliki lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara. Lapisan dalam tersebut juga mampu mencegah ban langsung kempes saat tertusuk benda tajam. 
  • ​​​​​​​Ban run flat tire (RFT): Ban jenis ini dapat dipakai meski udara didalamnya kosong atau tanpa angin. Artinya ban ini dapat berjalan dengan aman meski kondisinya kempes.

Rekomendasi Ban Mobil Terbaik yang Laris di Indonesia

Usai mengenal macam-macam tipe ban mobil, OtoFriends bisa mulai melirik rekomendasi merk ban mobil yang bagus di bawah ini:

  1. Ban Mobil Bridgestone

OtoFriends pasti pernah mendengar atau melihat merk ban mobil satu ini. Ya, Bridgestone merupakan merk populer, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di dunia. Bagaimana tidak, merk ini sudah ada sejak 1931 silam, dan berdiri di berbagai negara. Salah satunya di Indonesia dengan merk dagang Bridgestone Tire Indonesia. Soal kualitas, tentu tidak perlu diragukan lagi. 

Bahan ban yang diproduksi oleh Bridgestone rata-rata menggunakan lembar cord sebagai rangka (frame) dari ban. Selain itu, desain lekukan ban dari merk ini juga lebih stylish namun tetap fungsional biar tidak licin. 

Teknologi Nano Pro yang digunakan untuk memproduksi ban-ban Bridgestone menjadikannya mampu membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar. Meski kualitasnya tinggi, merek ban mobil yang bagus ini masih cukup terjangkau. Varian termurahnya dibanderol Rp290 ribu yakni tipe New Techno 155/80 R12. Sedangkan, tipe lainnya dibanderol antara Rp320 ribuan – Rp6,7 jutaan.

  1. Ban Mobil Dunlop

Merk ban mobil yang bagus berikutnya merupakan pemain lama di industri ini. Bahkan keberadaannya sudah ada sejak 120 tahun lalu. Dengan begitu, kualitasnya pasti sudah sangat diakui.

Dibandingkan dengan merk lain, ban mobil produksi Dunlop ini memiliki kelebihan yaitu compound-nya yang soft dan memiliki kemampuan redam yang bisa dibilang nyaris sempurna. Sehingga, sangat nyaman dipakai berkendara meski dalam kecepatan tinggi sekalipun. 

Demikian pula bila berbicara soal performa, ban merk ini diklaim mampu memberi manuver yang stabil serta bisa meminimalkan efek aquaplaning. Soal harga memang cukup bersaing, rata-ratanya dibanderol Rp520 ribu.

  1. Ban Mobil Falken

Bila OtoFriends mencari ban mobil yang awet, merk Falken bisa dipertimbangkan. Merek ini sudah tercatat dalam daftar ban mobil dengan kualitas terbaik berkat daya tahannya yang teruji. Ban ini diklaim memiliki usia 13 persen lebih panjang dari merk ban lain. Namun, semua tergantung pada penggunaannya.

Ban-ban yang diproduksi produsen merek ini khusus penggunaan kendaraan di jalan raya ketimbang balapan. Untuk itu, harganya pun masih cukup terjangkau, yakni Rp600 ribuan.

  1. Ban Mobil Achilles

Merek selanjutnya adalah Achilles. Merek ini juga cukup populer dan mudah ditemukan di setiap bengkel atau toko ban mobil yang ada di sekitar. Soal kualitas tak perlu diragukan lagi. 

Ban-ban merk ini dirancang menggunakan teknologi canggih dan inovasi terbaru. Serta, kerap dipakai oleh para pembalap mobil kelas dunia. Menariknya, harga ban mobil ini sangat terjangkau yakni Rp400 ribuan hingga Rp3,28 jutaan. 

  1. Ban Mobil Hankook

Merk satu ini berasal dari Korea Selatan dan termasuk dalam jajaran sepuluh besar perusahaan ban terbesar di dunia. Kelebihan ban mobil Hankook unggul dalam mencegah terjadinya aquaplaning ketika berada di jalanan basah.

Biasanya merk ban mobil ini digunakan sebagai ban OEM oleh beberapa pabrikan otomotif khususnya mobil berjenis low MPV. Ban mobil Hankook dibanderol mulai dari Rp600 ribuan.

  1. Ban Mobil GoodYear

Merk ban mobil yang bagus lainnya adalah Goodyear. Ban merek ini banyak dipilih karena harganya lebih bersahabat dibanding ban original equipment manufacturer (OEM) lainnya. 

Harganya dipatok mulai dari Rp500 ribuan namun sudah memiliki daya tahan yang cukup baik dan cocok untuk kondisi iklim dan kontur jalan di Indonesia. Selain itu, merk ini juga menyediakan berbagai tipe dan ukuran ban mobil, baik untuk city car hingga bus.

  1. Ban Mobil Continental

Merk ban mobil yang berasal dari Jerman ini menyasar ke konsumen mobil-mobil premium. Jadi, soal kualitas tentu tak main-main karena ban tersebut dirancang untuk mampu melewati segala kondisi jalan sampai berbagai macam cuaca ekstrim.

Di indonesia, merk ini fokus mengeluarkan jenis ban run flat tyre (RFT). Seperti diketahui, kelebihan ban RFT adalah dapat berjalan dengan aman meski tanpa angin alias kempes. Jadi kalau tertusuk benda tajam, mobil masih dapat berjalan sampai dengan kecepatan dan jarak tertentu. 

Soal harga, merk ban ini rata-rata dijual dengan harga Rp730 ribuan.

  1. Ban Mobil Nexen

Lebih lanjut, merk ban terbaik lainnya adalah Nexen. Merk ini terkenal karena daya tahannya yang mantap namun harganya cukup terjangkau yaitu mulai Rp380 ribuan. 

Merk ban mobil ini juga berasal dari Korea Selatan namun sudah populer di Asia termasuk Indonesia.

  1. Ban Mobil GT Radial

Merk ban selanjutnya berasal dari Indonesia yakni GT Radial. Tak heran jika merk ini bisa ditemui di banyak toko ban mobil atau bengkel terdekat. 

Meski asli buatan dalam negeri, kualitas ban GT Radial tak kalah dari produk impor. Merk ini bahkan sudah diakui di dunia. Buktinya merk ini kerap menjadi salah satu sponsor utama di berbagai ajang sirkuit Formula 1. 

Soal harga tetap terjangkau dibanderol mulai Rp500 ribuan. 

  1. Ban Mobil Yokohama

Merk ban Yokohama unggul karena punya banyak variasi tipe dan model ban sesuai kebutuhan pengendaranya. Mulai dari ban untuk mobil penumpang hingga mobil sport. 

Meski terdengar asing, merk ban ini sudah sering digunakan sebagai sponsor di beberapa seri kejuaraan F1 dan juga MotoGP. Namun paling sering di ajang balap negara asalnya yakni Jepang. 

Keikutsertaan pada kompetisi balap internasional itu menjadi bukti bahwa merk ini punya kualitas terbaik. Soal harga, merk ini bisa dibilang mahal sebab rata-ratanya dipatok Rp1,2 jutaan.

  1. Ban Mobil Aeolus

Terakhir, Aeolus yang merupakan merk ban mobil asal China. Di Negara Tirai Bambu, merk ini merupakan market leader, khususnya untuk ban jenis radial-nya yang kebanyakan digunakan untuk truk dan bus.

Bagaimana tidak, merk ban mobil yang bagus ini mampu memproduksi sebanyak 6 juta ban setiap tahunnya. Tak hanya rajin berproduksi, soal kualitas juga tak main-main. Konstruksi ban Aeolus (kawat) diklaim lebih tahan hingga 200 kali lipat ketimbang jenis ban biasa yang berbahan nylon. Serta sudah memenuhi sertifikasi ‘NISSAN UD & FOTON Truck’.

Soal harga, merk ini cukup terjangkau mulai dari Rp500 ribuan.

Tips Memilih Ban yang Bagus

  1. Periksa ban bawaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih merk ban mobil yang bagus adalah memeriksa ban bawaan mobilmu terlebih dahulu. Apa yang perlu diperiksa?

Pabrikan kendaraan biasanya merekomendasikan agar ban kamu diganti setiap enam tahun sekali, terlepas dari keausannya. Namun, bisa saja setiap kendaraan punya rekomendasi yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memeriksa rekomendasi yang disarankan dealer mobilmu.

Selain memeriksa secara mandiri, kamu juga bisa meminta bantuan montir di bengkel terdekat. Kamu bisa membuat janji dengan mudah lewat aplikasi Otoklix. Kamu bisa meminta montir memeriksa kedalaman alur ban, apakah ada dinding samping ban yang retak, ada tonjolan atau tidak, hingga apakah mobil kamu butuh ganti ban atau tidak. 

  1. Cari tahu ukuran ban 

Selanjutnya mencari tahu ukuran ban yang cocok dengan mobilmu. Kamu bisa dengan mudah mengetahui ukuran ban dengan memeriksa kode yang ada di dinding samping ban mobil. Di sana tertera ukuran ban mulai dari tipe ban, lebar ban, aspek rasio, diameter roda, indeks beban, tingkat kecepatan, simbol DOT hingga nomor identifikasi ban.

Ukuran ban di dinding samping ban dibuat dengan kode kombinasi huruf dan angka, sehingga tak semua orang mengerti cara membacanya. Pelajari di sini mengenai cara membaca ukuran ban yang benar.

  1. Pilih jenis ban

Terakhir, kamu perlu mempertimbangkan jenis ban apa yang cocok untuk mobil kamu. Apakah mobil kamu termasuk mobil penumpang, mobil khusus off-road, atau untuk kompetisi? 

Dalam kondisi cuaca seperti apa tempatmu tinggal dan tempat kendaraanmu harus melintas? Sesuaikan dengan macam-macam jenis ban di atas ya! Baru setelah itu, pilih berdasarkan merk dan harga yang cocok dengan seleramu.

Pilih bengkel sesuai dengan kebutuhan kamu melalui aplikasi Otoklix. Otoklix yang merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek ini, akan mencarikan bengkel terdekat di sekitar kamu.