Selayaknya oli, minyak rem juga merupakan komponen penting bagi mobil, khususnya sistem pengereman. Apabila minyak rem tidak diganti, tentu mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Minyak rem ini berfungsi menahan gesekan antara kampas rem dan juga cakram. Selain itu, minyak rem juga membantu penyaluran pada sistem hidrolik sistem pengereman. 

Jadi, apa saja minyak rem yang bagus dan berapa harga minyak rem mobil tersebut? Simak artikel Otoklix berikut ini.

Pilihan dan Harga Minyak Rem Mobil

Memilih minyak rem terbaik adalah salah satu upaya merawat sistem pengereman agar tetap bekerja optimal. Di pasaran Indonesia, tersebar minyak rem dari berbagai tipe dan variasi harga.

Harga minyak rem mobil yang bisa kamu dapatkan mulai paling murah Rp10 ribuan saja. Apa sajakah itu? 

Merek Minyak Rem MobilHarga
OAKM Brake Fluid DOT 3 Fluid 50 mlRp10 ribuan
STP Super Heavy Duty Minyak Rem DOT 3 Neutral 50 mlRp10 ribuan
Prestone DOT 4 Clear 50 mlRp15 ribuan
Minyak Rem Honda Genuine Parts 50 mlRp15 ribuan
STP Minyak Rem Super Heavy Duty DOT 3 – CB 50 mlRp25 ribuan
Raja Motor Minyak Rem OLR9011 DOT 3 50 mlRp25 ribuan
G Force Minyak Rem DOT 3 300 mlRp25 ribuan
Aspira 12 Brake Fluid DOT 3 301 300 mlRp25 ribuan
Aspira 12 Brake Fluid DOT 3 300 300 mlRp25 ribuan
STP Brake Fluid Super Heavy Duty DOT 3 300 ml MerahRp30 ribuan
G Force Minyak Rem DOT 4 300 mlRp30 ribuan
STP Minyak Rem ST-0925P 300 mlRp32 ribuan
Prestone Brake Fluid DOT 3 (OLR9001) 300 mlRp38 ribuan
Prestone Brake Fluid DOT 3 (OLR9002) 300 mlRp39 ribuan
Redex Minyak Rem DOT 3 Neutral Merah 300 mlRp40 ribuan
Jumbo Minyak Rem DOT 3 Neutral Merah 300 mlRp45 ribuan
Fuso Minyak Rem DOT 3 Bening Neutral 300 mlRp45 ribuan
Dobeli Minyak Rem Super Heavy Duty BF30Rp50 ribuan
G Force Minyak Rem DOT 3 Merah 1 LRp57 ribuan
Jumbo Minyak Rem DOT 3 Neutral Merah 946 mlRp60 ribuan
Mobile Minyak Rem DOT 4 500 mlRp63 ribuan
Wurth Minyak Rem DOT 4 250 mlRp65 ribuan
Total Brake Fluid DOT 4 500 mlRp70 ribuan
Fuso Minyak Rem DOT 3 Bening Netral 946 mlRp70 ribuan
Prestone Minyak Rem DOT 3 Neutral 1 LRp90 ribuan
Seiken Minyak Rem DOT 3 Neutral Merah 1 LRp95 ribuan
STP Minyak Rem DOT 3 Neutral Bening 1 LRp95 ribuan
Amsoil Minyak Rem DOT 3 & 4 355 mlRp150 ribuan
Redex Minyak Rem DOT 3 48 x 50 mlRp187 ribuan
Lucas Minyak Rem Synthetic DOT 4Rp211 ribuan
Motul Minyak Rem Synthetic DOT 5.1Rp271 ribuan
Motul RBF 600Rp450 ribuan
Brembo Fluid Synthetic LCF-600 500 mlRp639 ribuan
Mobile Minyak Rem DOT 4 12 x 500 mlRp675 ribuan

Nah, itu dia daftar harga minyak rem mobil. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa harga minyak rem mobil ini bisa berubah-ubah sesuai waktu ataupun toko yang menjualnya. Kualitas minyak rem di atas cukup bagus, bisa digunakan pada mobil maupun motor yang kamu punya.

Setelah ini, kita akan bahas tentang cara kerja minyak rem dan juga cara memilih minyak rem yang bagus bagi mobil.

Cara Kerja Minyak Rem

Setelah mengetahui harga minyak rem mobil, ada baiknya kamu juga tahu bagaimana cara kerja minyak rem. Sudah disinggung di atas bahwa minyak rem berfungsi untuk menyalurkan tenaga pada sistem hidrolik. Tetapi, bagaimana cara kerja yang lebih spesifiknya>

Ketika proses pengereman berlangsung, perlu tenaga hidrolik untuk menghentikan putaran roda. Proses ini diaktifkan oleh silinder master. Caranya adalah dengan menekan tromol atau menjepit cakram. Minyak rem ini akan menyalurkan tenaga hidrolik ke seluruh sistem.

Master silinder ke piston akan mentransfer energi mekanis. Kemudian, minyak rem akan bergesekan dengan permukaan salurannya untuk menghasilkan panas. Pada minyak rem juga ada kandungan Polyalkylene Glycol Ether, yaitu bahan yang serupa bahan anti beku pada radiator coolant.

Oleh sebab itu, perhatikan kandungan ini ketika memilih minyak rem. 

Spesifikasi Minyak Rem Mobil yang Bagus

Minyak rem disusun dari kandungan Poly Glycol, Glycol Ether, dan juga Additive. Poly Glycol ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi, sehingga berfungsi sebagai pelumas dan juga mengurangi pengaruh terhadap karet. Sementara itu Glycol Ether berfungsi mengontrol tingkat kekentalan, kestabilan, dan juga titik didih karet.

Yang terakhir, Additive berfungsi untuk mencegah oksidasi dan korosi pada komponen rem mobil. Fungsinya kurang lebih sama seperti oli mobil, bukan? Oleh sebab itu, pastikan untuk mengganti minyak rem secara rutin.

Tetapi, perlu diperhatikan bahwa mengganti minyak rem tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu harus memperhatikan spesifikasi minyak rem sehingga sistem pengereman bekerja optimal. Jika menggunakan minyak rem berkualitas buruk, maka komponen sistem pengereman bisa cepat rusak.

Bagaimana cara memilih spesifikasi minyak rem yang bagus?

Pertama, ada kode DOT (Department of Transportation) pada kemasan minyak rem. Kode ini menunjukkan titik didih minyak rem ketika digunakan. Apabila menggunakan minyak rem dengan DOT yang tidak sesuai, maka bisa berbahaya dan rem bisa blong. Jadi, pastikan angkanya sesuai ya.

Beberapa kode DOT yang ada di kemasan misalnya adalah DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Semakin tinggi angkanya, berarti semakin tinggi titik didihnya.

1. Minyak Rem DOT 3

Minyak REM DOT 3 adalah spesifikasi yang paling umum digunakan sehingga paling mudah ditemukan di bengkel. Harga minyak rem mobil ini juga cukup terjangkau. Tetapi, titik didihnya paling rendah, maksimal 230 derajat celcius. Hal ini membuat minyak rem mudah merusak cat mobil, mudah mengalami korosi, dan dapat merusak karet alami. Akan tetapi, minyak rem ini tetap paling banyak dicari dan digunakan.

2. Minyak Rem DOT 4

Berikutnya adalah minyak rem DOT 4. Minyak rem ini biasa digunakan pada mobil-mobil lawas yang biasanya masih menggunakan sistem pengereman bersuhu tinggi. Titik didih maksimal dari minyak rem DOT 4 adalah 245 derajat celcius.

3.  Rem DOT 5

Terakhir adalah minyak rem DOT 5. Minyak rem ini memiliki titik didih yang paling tinggi, yaitu 270 derajat celcius. Hal ini membuatnya memiliki keunggulan tahan korosi. Selain itu kandungan bahan silikon membuat minyak rem ini sulit menyerap air. 

Akan tetapi, meskipun memiliki keunggulan, tidak berarti minyak rem ini cocok digunakan pada semua jenis kendaraan. Kamu tetap harus memperhatikan spesifikasi yang sesuai dengan mobil kamu.

Itu dia informasi tentang harga minyak rem mobil, pilihan dari berbagai merek, cara kerja, sampai dengan cara memilih minyak rem yang bagus berdasarkan spesifikasinya. 

Jika kamu ragu untuk melakukan penggantian minyak rem sendiri di rumah, kamu bisa mempercayakannya kepada bengkel umum.

Biasanya, di bengkel umum juga tersedia berbagai pilihan minyak rem. Cari bengkel rekomendasi untuk ganti minyak rem di aplikasi Otoklix. Kumpulkan OtoPointsnya agar bisa digunakan untuk membayar jenis perawatan mobil lainnya.