Produk oli yang ada di pasaran saat ini dijual dalam kemasan botol plastik, dengan ukuran 1 liter maupun 4 liter. Padahal, ada mobil mungkin cuma butuh 2,7 liter, 3,4 liter, 3,6 liter dan jumlah lainnya yang tidak tepat menghabiskan satu jeriken oli. 

Shell punya inovasi untuk ketepatan jumlah oli yang dibutuhkan oleh mobil saat ganti oli, yaitu mesin DOT dari Shell.

Apa Itu Mesin Shell DOT?

DOT (Digital Oil Transition) adalah sebuah mesin yang didesain untuk memudahkan mekanik dalam pengisian oli ke mobil dengan akurasi yang presisi. Selain itu, mesin DOT juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan botol plastik seperti produk oli yang tersedia di pasaran saat ini.

Bentuk mesin DOT seperti sebuah kotak besar berukuran 110 cm x 72 cm x 72 cm. Di dalamnya terdapat sebuah drum berisi oli. Kemudian, oli akan keluar melalui sebuah nozzle (nosel) seperti alat untuk mengisi bensin.

“Oil Transition ini adalah printproof yang cukup besar melihat ganti oli seringkali yang terjadi tidak pernah bulat. Sisa dari oli 4 liter untuk mobil dengan kebutuhan oli 3,5 liter tidak bisa kita cairkan,” tutur Martin Reyhan Suryohusodo, CEO Otoklix.

Ramah Lingkungan Jadi Salah Satu Tujuan

Inovasi penggunaan mesin DOT untuk ganti oli didasari kebutuhan konsumen terhadap produk yang ramah lingkungan dan mudah digunakan oleh mekanik di bengkel. Sebagai gambaran, 1 mesin DOT bisa mengurangi 209 botol berukuran 1 liter.

Angka yang cukup signifikan untuk mengurangi jumlah botol plastik!

Cara Pengisian Oli dengan Mesin Shell DOT

Dengan menggunakan Shell DOT, konsumen akan menerima oli sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan. Oleh sebab itu, cara pengisiannya sudah menggunakan metode digitalisasi.

Pada mesin DOT, terdapat panel untuk menentukan berapa jumlah oli yang dibutuhkan oleh mesin. Mekanik akan memasukkan angka (misalnya 1 liter), lalu nozzle diarahkan kepada tangki oli pada mesin. Setelah itu, mekanik menekan tuas nozzle dan oli keluar sesuai dengan angka yang dimasukkan pada mesin.

Kelebihan Mesin Shell DOT

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mesin DOT merupakan inovasi pengisian oli. Oleh sebab itu, beberapa keunggulan mesin Shell DOT bisa disimpulkan demikian.

  1. Produk orisinal yang didistribusikan langsung oleh Shell. 

Seperti yang kita ketahui banyak oli palsu yang beredar di pasaran karena botol plastiknya mudah ditiru. Sedangkan menggunakan mesin DOT, konsumen tidak perlu khawatir lagi mendapat oli palsu.

  1. Kebutuhan akurat sesuai kebutuhan kendaraan.

Biasanya setelah ganti oli, mekanik akan memasukkan sisa oli yang telah dibeli ke bagasi mobil. Sebab, memang sisa oli tersebut adalah hak konsumen. Namun, terkadang kita lupa dan justru bingung ketika mengganti oli pada interval waktu berikutnya.

  1. Penggunaan less-plastic di pasaran.

Mesin Shell DOT berkontribusi kepada lingkungan untuk mengurangi penggunaan plastik di pasaran.

Bengkel yang Menyediakan Pengisian Oli dengan Shell DOT

Saat ini, pengisian oli menggunakan mesin Shell DOT bisa didapat di bengkel Otoklix Plus Simprug.

Bersama Shell dan Otoklix, mari kita turut berkontribusi terhadap kebaikan untuk lingkungan. Ganti oli dengan mengisinya menggunakan mesin Shell DOT di Otoklix Plus Simprug!