Kompresor AC mobil memiliki peranan yang cukup penting agar sistem AC mobil bisa bekerja dengan optimal. Untuk mendukung hal ini, tentunya kompresor AC mobil juga harus dirawat, yakni dengan melakukan penggantian oli kompresor AC mobil. Lalu, kapan ganti oli kompresor AC mobil?

Waktu ideal untuk mengganti oli kompresor AC mobil tentu bisa berbeda-beda pada setiap mobil. Hal ini bergantung pada jenis mobil, usia mobil, hingga pemakaian mobil. Apabila mobil sering digunakan untuk bepergian, maka penggantian oli kompresor juga harus dilakukan sesering mungkin.

Berikut ini Portal Otoklix rangkum beberapa informasi penting terkait kapan waktu terbaik untuk mengganti oli kompresor mobil hingga biaya yang harus OtoFriends keluarkan. 

Kapan Ganti Oli Kompresor AC Mobil?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, waktu yang tepat untuk mengganti oli kompresor AC mobil dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil, serta rekomendasi produsen. 

Namun, secara umum, penggantian oli kompresor AC mobil sebaiknya dilakukan setiap mobil menempuh jarak 20.000 km atau satu tahun sekali. 

Penggantian oli kompresor AC mobil ini juga bisa lebih cepat dan lebih sering apabila mobil sering digunakan atau untuk perjalanan jauh. 

Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi interval penggantian oli kompresor AC antara lain: 

  • Kondisi iklim tempat OtoFriends tinggal
  • Seberapa sering pemakaian AC mobil 
  • Umur kendaraan

Iklim yang lebih panas atau penggunaan AC yang intensif dapat mengakibatkan oli kompresor lebih cepat terdegradasi.

Apabila OtoFriends tidak rutin servis AC dengan melakukan penggantian oli kompresor AC mobil, maka akan menimbulkan kerusakan yang ditandai dengan AC mengeluarkan suara berisik, AC kurang dingin, mobil tidak hidup saat AC dinyalakan, hingga kompresor yang jadi cepat panas. 

Cara Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Mengganti oli kompresor AC mobil merupakan hal yang cukup rumit dan memang sebaiknya dilakukan oleh petugas bengkel. Untuk urusan ini sebaiknya serahkan pada ahlinya saja.

Tapi, apabila kondisi oli kompresor AC mobil hanya berkurang, maka OtoFriends bisa mengisinya sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Melalui Lubang Inlet

OtoFriends bisa memasukkan oli kompresor AC mobil lewat lubang inlet dengan cara memasukkan oli kompresor melalui saluran tekanan rendah. 

OtoFriends bisa mencari tahu di buku panduan, berapa kapasitas oli kompresor AC mobil. Jika memang kapasitasnya kecil, maka sebaiknya isi di angka 150 cc atau sesuaikan dengan prosedur pabrikan mobil.

2. Melalui Manifold Gauge

Berikutnya, mengisi oli kompresor AC mobil juga dapat dilakukan lewat manifold gauge. Sebelum melakukan hal ini, pastikan bahwa proses vacuum sudah selesai, ya. Kemudian tutup bagian keran manifold gauge dan buka selang untuk memasukkan oli kompresor AC mobil.

Isi oli kompresor AC mobil sesuai dengan kapasitas yang ditentukan ya. Selanjutnya OtoFriends bisa menutup lagi selang manifold gauge dengan rapat. 

3. Melalui Alat Recovery

Untuk yang lebih mudah, OtoFriends bisa mengisi oli kompresor AC mobil dengan alat AC R3, di mana alat ini akan menghisap oli secara otomatis masuk ke dalam kompresor AC mobil. Pastikan jika takaran oli yang akan dimasukkan pas, sehingga tidak luber-luber. 

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Biaya ganti oli kompresor AC mobil bervariasi dan setiap bengkel umumnya berbeda-beda, yakkni mulai dari Rp300 ribuan. Biaya ini sudah termasuk dengan biaya menguras oli kompresor AC mobil.

Harga ini tentunya jauh lebih murah dibandingkan apabila kompresor AC mobil rusak dan harus dilakukan perbaikan. Sebab, biaya perbaikannya bisa mencapai Rp1,5 juta.

Jadi, agar kompresor AC mobil dan keseluruhan sistem AC mobil tetap awet, jangan lupa untuk rutin melakukan penggantian oli kompresor AC mobil, ya. 

Tips Sebelum Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Sebelum mengganti oli kompresor AC mobil, berikut ini beberapa hal yang harus OtoFriends perhatikan. 

1. Cek Kondisi Kompresor

Pertama, pastikan jika kondisi kompresor AC mobil dalam keadaan bagus, ya. Sebab, jika kompresor mobil bermasalah dan rusak, maka kompresor harus diganti dengan yang baru sebelum mengganti oli mobil. 

2. Memilih Oli yang Sesuai

Agar awet dan bekerja optimal, jangan lupa untuk memilih oli kompresor AC mobil yang sesuai, ya. OtoFriends bisa melihatnya di buku panduan mobil atau dengan berkonsultasi dengan petugas bengkel. 

3. Bersihkan Komponen AC Mobil

Setelah oli diganti, OtoFriends juga sebaiknya melakukan pembersihan komponen AC secara menyeluruh, terutama pada bagian ventilasi dan pendingin. Di bagian tersebut biasanya rentan terkena debu dan kotoran yang bisa menyumbat kompresor AC mobil.

Nah, itu dia ulasan terkait waktu terbaik mengganti oli kompresor AC mobil. Jika AC mobil sudah tidak dingin, mengeluarkan bau, dan muncul suara berisik, jangan tunda untuk membawanya ke bengkel, ya.

OtoFriends bisa membawa ke bengkel Otoklix yang ada di daerahmu. Bahkan, Otoklix juga memiliki program Otoklix Bengkel Keliling (Beling) sehingga memudahkan OtoFriends untuk melakukan service mobil tanpa harus ke bengkel. Yuk, cari tahu di Otoklix

Pertanyaan seputar Kapan Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Secara umum, penggantian oli kompresor AC mobil sebaiknya dilakukan setiap mobil menempuh jarak 20.000 km atau satu tahun sekali. Penggantian oli kompresor AC mobil ini juga bisa lebih cepat dan lebih sering apabila mobil sering digunakan atau untuk perjalanan jauh.

Umur kompresor AC mobil yang terus dirawat bisa mencapai hingga 10 tahun.

Yang terjadi apabila oli kompresor AC mobil habis adalah berdampak pada kinerja sistem AC, yakni AC mobil tidak dingin, mobil terasa panas, dan muncul suara bising dari kompresor.